Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 5 Perbedaan Pupuk Tsp Dan Sp36

By | Mei 5, 2020

dewitani.com — Serupa tapi tidak sama, inilah ungkapan yang mungkin tepat untuk menggambarkan pupuk TSP dan SP-36. Jika dilihat secara langsung, Mungkin bagi orang awam akan mengalami kesulitan dalam membedakan mana yang pupuk TSP dan mana yang pupuk SP-36. Sebab, keduanya sama-sama berbentuk butiran dan sama-sama terbuat dari bebatuan fosfar.

Namun, jika dilihat dari tulisan yang terdapat di kemasan produk pupuk, baru kita dapat mengetahui mana yang pupuk TSP dan SP-36.

Secara umum pupuk yang mengandung unsur Fosfor (P) memiliki fungsi yang amat berguna bagi tanaman. Antara lain sebagai berikut :

  1. Memacu pembungaan dan pembuahan pada tanaman.
  2. Mempercepat pematangan buah
  3. Memacu pembentukan biji.
  4. Berfungsi mengangkut energi yang dihasilkan dari proses metabolisme dalam tanaman.
  5. Merangsang pertumbuhan akar.
  6. Menguatkan, memperbesar batang
  7. Merangsang pembelahan sel tanaman.
  8. Memperbaiki kualitas tanaman

Lantas Adakah lagi perbedaanya ?

Yang Pertama, Dari Segi Kandungan Fosfor (P). Pupuk Tsp mempunyai unsur P lebih banyak  yakni 46-48 %, Sedangkan SP-36 hanya memiliki kandungan unsur P sebanyak 36%.

Yang Kedua, Pupuk TSP tidak mengandung unsur Belerang (S), Sedangkan SP-36 mengandung belereng dengan kadar 5 %.

Yang Ketiga, Pupuk TSP lebih cepat terlarut dalam air, sedangkan SP-36 lebih lama untuk dapat larut dalam air.

Yang Keempat, Pupuk TSP lebih sulit didapatkan. Sebab, pada umumnya pupuk ini masih diimpor dari negara lain, sedangkan SP-36 cukup mudah diperoleh. Sebab, Sudah diproduksi sendiri di Indonesia.

Yang kelima, Dari Segi Harga, Pupuk Tsp memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pupuk SP-36. Untuk harga TSP berikisar 35000 per 50 kg Sedangkan harga SP-36 sekitar 1250.000 per 50 kg.

Lantas Pupuk TSP atau SP-36 kah yang paling banyak digunakan oleh petani Indonesia ?

Menurut beberapa literatur dan berbagai sumber yang sudah Admin kumpulkan. Pupuk Sp-36 lah yang paling banyak digunakan oleh Petani. Salah satu alasannya ialah karena kemudahan dalam memperoleh dan harganya pun terbilang lebih murah dibandingkan TSP.

Walaupun SP-36 memiliki kadar Posfor yang tidak terlalu besar, yang terpenting menurut petani ketersediannya di pasaran itu selalu Ada.

Inilah Ulasan singkat mengenai 5 perbedaan pupuk TSP dan SP-36. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.