Inilah 3 Cara Menjaga Kesehatan Kambing Dan Domba

By | Januari 6, 2020

Halo sahabat dewitani. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas tentang bagimana cara menjaga kesehatan kambing dan domba. Secara mendasar ada 3 cara untuk menjaga kesehatan binatang ternak yang kita miliki. yakni, dengan cara menjaga sanitasi, pengendalian penyakit dan pemberian pakan yang benar….

Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan berikut ini..

  1. Menjaga sanitasi dan Tindakan Preventif

Sanitasi lingkungan dapat dilakukan dengan secara rutin dengan cara membersihkan kandang dan peralatan dari sarang serangga dan hama. Terutama untuk tempat pakan dan tempat minum harus dicuci dan dikeringkan setiap hari. Agar tidak ada memancing ular atau hewan pemangsa lainnya usahakan di sekeliling areal kandang dibersihkan.

2. Pengendalian Penyakit

Apabila ada kambing atau domba yang terserang penyakit. Anda harus segera mengobatinya dan agar penyakitnya tidak menular ke kambing yang sehat. Pisahkan kambing yang sakit tersebut. Untuk pencegahannya Anda dapat melakukan vaksinasi pada kambing atau domba yang sehat.

3. Pemberian Pakan

Zat gizi makanan yang diperlukan oleh hewan ternak harus tersedia dalam jumlah cukup pada pakan. Pakan harus mengandung  karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.  Secara umum bahan pakan untuk kambing atau domba dibagi menjadi  4 jenis yakni sebagai berikut :

  1.  Rumput-rumputan, seperti rumput gajah, benggala, brachiaria, raja, meksiko, dan rumput-rumput liar lainnya.
  2. Kacang-kacangan, seperti daun lamtor, turi, gamal daun kacang tanah, daun kacang-kacangan, siratro dan lain sebagainnya.
  3. Hasil limbah pertanian, seperti daun nangka, daun ketela pohon, daun waru, daun dadap, daun pisang, daun jagung, daun beringin, daun ubi jalar dan lain sebagainnya.
  4. Konsentrat, seperti dedek, jagung kering, bungkil kelapa, tepung ikan, bungkil kedelai, ampas tahu, ampas kecap dan biji kapas.

Adapun takaran pemberian pakan diatas dapat disesuaikan dengan tingkat umur kambing atau domba yang Anda miliki, Berikut ini takaran dari campuran dari pakan tersebut :

  • Ternak yang sudah dewasa, berikan rumput sebanyak 75 % dan daun-daunan sebanyak 25 %.
  • Kambing atau domba yang sedang hamil, berikan rumput sebanyak 60 %, dedaunan 40 %, konsentrat 2 hingga 3 gelas perekornya.
  • Indukan yang sedang menyusui, Berikan rumput sebanyak 70 %, dedaunan 50 % dan konsentrat 2 hingga 3 gelas.
  • Anakan sebelum disapih, berikan rumput sebanyak 50%, dedaunan 50 %.
  • Anakan yang sudah disapih, berikan rumput sebanyak 60 %, dedaunan 40 % dan konsetrat sebanyak 0,5 hingga 1 gelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.