Makanan Lobster Air Tawar Agar Cepat Besar

By | November 2, 2019

Secara umum, dilihat dari kebiasaan makanan (foof habit), hewan dibagi dalam tiga golongan, yaitu ikan pemakan tumbuhan (herbivora), ikan pemakan hewan (carnivora) dan ikan pemakan segala (omnivora). Sedangkan Lobster air tawar termasuk hewan pemakan segalanya.

Lobster air tawar dapat memakan bahan hewani, seperti cacing sutra, cacing air, cacing tanah dan zooplankton. Sementara bahan nabati yang sangat disukai adalah tanaman air, seperti lumut, akar selada air dan tanaman air lainnya. Selain pakan alami yang masih segar, lobster juga menyukai pakan buatan terutama pelet.

Makanan Lobster Air Tawar

Selain lumut dan cacing, lobster juga menyukai makanan dari biji-bijian, umbi-umbian dan bangkai binatang. Sebelum memangsa makanan, lobster mendeteksi makanan itu  dengan antena pada kepala, kemudian apabila makanan itu sudah sesuai dengan keinginan, mangsa akan ditangkap dengan capitnya yang kuat dan kokoh. Setelah itu, mangsa diserahkan pada kaki jalan pertama, yang berfungsi sebagai tangan, dan siap dikonsumsi.

Selain pakan alami, lobster air tawar juga dapat diberikan pakan buatan seperti pelet. Jenis pelet yang cocok adalah pelet untuk udang windu dan udang galah. Dan untuk pemberian pakan diberikan 3 kali dalam sehari sesuai umur lobster.

Lobster air tawar termasuk hewan yang mencari makan di dasar. Di alam liar lobster ini lebih banyak mencari makan pada malam hari, Atau dikenal dengan sebutan nocturnal animal. Maka oleh sebab itu dalam pemberian pakan untuk lobster harus lebih banyak dilakukan pada malam hari.

Simak Juga : Cara Budidaya Lobster Air Tawar Bagi Pemula

Berikut ini cara membuat pakan alami yang disukai oleh lobster air tawar ?

  • Tauge

Untuk berbahan dasar tauge terlebih dahulu harus direndam air panas terlebih dahulu sampai taugenya bisa tenggelam. Lobster tidak bisa makan touge yang mengapung karena sifat pergerakan lobster yang selalu berada di dasar air dan juga tidak bisa berenang, jadi lobster hanya makan  makanan yang berada di dasar air saja.

  • Biji Kacang Hijau

Sebelum diberikan ke lobster, biji kacang hijau harus direndam beberapa jam terlebih dahulu karena pada dasarnya sifat biji tersebut masih keras otomatis lobster tidak mampu memakan biji kacang hijau tersebut. biji kacang hijau di rendam di dalam air sekurang-kurangnya 6-8 jam.

Untuk biji kacang hijau kita tidak perlu lagi menggunakan air panas karena dapat tenggelam sendiri. menurut informasi dari petani lobster yang telah saya temui, tauge dan biji kacang hijau mampu meningkatkan kesuburan lobster sehingga dapat menghasilkan telur yang lebih banyak

Sedangkan untuk pakan dari hewan Anda bisa memberikan cacing, ikan kecil, dan lain sebagainya. Khusus untuk lobster yang sudah dewasa dapat diberi pakan berupa cacing tanah. Karena cacing tanah mengandung protein yang tinggi. Hingga 65 sampai 70 %. Dan lobster sangat suka sekali cacing tanah.

Baca Juga :

Makanan Lobster Air Tawar Agar Cepat Besar

Harga lobster air tawar Hari Ini

4+ Jenis Lobster Air Tawar Yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

Simak Juga video tentang makanan lobster terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.