√ 7 Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman

By | Mei 9, 2020

dewitani.com — Nasi yang sudah basi terkadang tebunga sia-sia tidak termanfaatkan lagi. Padahal, nasi basi dapat kita oleh menjadi pupuk organik cair (POC). Untuk cara pembuatanya Poc dari nasi basi sangatlah muda, yakni hanya dibuat berjamur kemudian dicampurkan dengan gula dan air dan siap di terapkan sebagai pupuk cair bagi tanaman dan ini dapat disebut sebagai pupuk gratis dari limbah dapur.

Adapun manfaat Pupuk organik cair dari nasi basi ini sangatlah banyak diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai bakteri dekomposer pada pembuatan pupuk kompos, selain itu juga bisa kita gunakan pada tanaman sebagai pupuk cair.

Secara Umum Manfaat Nasi basi untuk tanaman adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi sumber unsur hara makro dan mikro bagi tanaman
  2. Mer@ngsang Pertumbuhan vegetatif dan perkembangan tanaman
  3. Menyuburkan tanah dan tanaman.
  4. Memperbaiki struktur tanah
  5. Menekan tumbuhnya hama dan penyakit pada tanaman.

Secara Spesifik berikut ini manfaat dari nasi basi bagi tanaman :

  1. Nasi basi bermanfaat untuk menjembatani unsur hara yang sudah berada di tanah sehingga dapat membentuk partikel ion yang mudah untuk diserap oleh akar tanaman.
  2. Nasi basi juga dapat berperan sebagai pengendali dalam hal pelepasan unsur hara di dalam tanah. Sehingga dapat mencegah terjadinya lonjakan unsur hara yang dapat membuat tanaman keracunan.
  3. Nasi basi bermanfaat untuk menjaga kondisi tempratur dan kelembapan tanah. Selain itu dapat mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar tanaman.
  4. Nasi basi juga dapat berguna untuk mencegah erosi lapisan tanah bagian atas.
  5. Nasi basi juga dapat meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.
  6. Nasi basi dapat menjaga dan merawat tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam kondisi yang berlebih.
  7. Keuntungan lain ialah, nasi basi diperoleh dengan mudah, dan untuk proses pembuatanya menjadi pupuk tidaklah sulit.

Cara Mengelolah Nasi Basi Menjadi pupuk

Untuk mendapatkan manfaat dari nasi basi. Anda perlu mengelolahnya dulu menjadi pupuk.

Berikut ini beberapa cara mengelolah nasi basi menjadi pupuk cair organik :

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Nasi basi
  • Gula pasir
  • Wadah (Baskom)
  • Botol bekas air mineral.

Cara Pembuatan :

  1. Pertama-tama buatlah bola-bola dari nasi basi. Kurang lebih 4-5 bola.
  2. Kemudian simpan bola-bola nasi basi tersebut kedalam wadah. Tutup dengan rapat, simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Diamkan selama kurang lebih 7 hari hingga bola-bola nasi ditumbuh dengan jamur.
  3. Setelah 7 hari nasi basi akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan, langkah selanjutnya pindahkan ke dalam botol air mineral.
  4. Panaskan air sebanyak 1,5 liter kemudian masukkan gula pasir sebanyak 5 sendok. tunggu hingga terlarut kemudian dinginkan.
  5.  Setelah dingin masukkan larutan gula tersebut kedalam botol yang sudah diisi bola-bola nasi. Tutup botol hingga rapat. Kemudian kocok-kocok hingga tercampur merata.
  6. Diamkan selama 4 hingga 5 hari. Jika ada endapan dipermukaan air maka buka botol untuk mengeluarkan gas pupuk tersebut.
  7. Tutup kembali dan kocok-kocok botol supaya nasi basi dan larutan gula tercampur.
  8. Simpan lagi botol di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung hingga pupuk mengeluarkan aroma seperti tapai atau alk0h0l.
  9. Pupuk siap digunakan.

Untuk dosis penggunaan yang dianjurkan ialah 1 liter pupuk dari nasi basi dicampurkan dengan 5 liter air biasa. Setelah jadi Anda dapat menyiramkan langsung ke tanaman kesayangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.