√ 10 Manfaat Pupuk SP 36 Untuk Kelapa Sawit

By | Mei 8, 2020

dewitani.com — Pupuk SP36 adalah pupuk tunggal yang memiliki kandungan Fhospor (P) cukup tinggi dalam bentuk P2O5 sebesar 36%. Pupuk ini juga dapat digunakann untuk berbagai jenis tanaman, baik itu tanaman sayuran, buah-buah-an ataupun tanaman perkebunan.

Pupuk SP36 berbentuk granul (butiran) berwarna abu-abu kehitaman. Kandungan Phosphor (P) pada pupuk SP36 hampir seluruhnya larut dalam air, sehingga mudah diserap oleh tanam.

Pupuk Sp-36 juga sangat cocok untuk digunakan untuk tanaman kelapa sawit. Sebab, pupuk sp-36 bersifat tidak higroslopis atau tidak mudah untuk menghisap air, sehingga pupuk dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dan ini akan menghemat pemberian pupuk pada kelapa sawit.

Lantas, Apa Saja manfaat Pupuk sp-36  untuk kelapa sawit ?

Berikut ini 10 manfaat pupuk sp-36 bagi kelapa sawit :

  1. Unsur Nitrogen yang terkandung pada pupuk Sp-36, Sangat diperlukan pagi pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Jika kelapa sawit kekurangan unsur Nitrogen dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman kelapa sawit menjadi lambat, kerdil, daun akan cepat menguning.
  2. Unsur Magnesium (Mg) yang terdapat pada pupuk SP-36, akan membantu kelapa sawit dalam proses fotosintesis. Jika kekurangan Unsur hara Mg akan membuat pelepah daun kelapa sawit yang sudah tua cepat menguning.
  3. Unsur Phosphor (P) yang terkandung didalam pupuk SP-36, bermanfaat untuk memperkuat sistem per-akaran, batang, dan membuat buah lebih besar. Apabila tanaman Kekurangan unsur P akan membuat pelepah daun sawit berwarna keunguan dan tidak mau besar.
  4. Unsur Tembaga yang terdapat di dalam Pupuk SP-36 bermanfaat untuk memacu pebentukan klorofil dan mempercepat reaksi fisiologi tanaman.
  5. Penggunaan Pupuk Sp-36 akan Memacu pembentukan bunga dan pemasakan buah biji wasit,Alhasil akan mempercepat masa panen.
  6. Penggunaan Pupuk Sp-36 akan Menambah daya tahan tanaman terhadap serangan hama, penyakit dan kekeringan.
  7. Manfaat penggunaan Sp-36 ialah akan meningkatkan bobot buah kelapa sawit.
  8. Manfaat penggunaan Sp-36 adalah akan Memperkuat akar dan batang tanaman sehingga jika ada angin kencang tanaman tidak akan mudah untuk roboh.
  9. Pupuk sp 36 bermanfaat untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas biji sawit sehingga dapat digunakan sebagai bibit untuk tanaman baru.
  10. Berguna untuk menyusun Asam nukleat.

Asam nukleat merupakan biopolymer yang berbobot molekul tinggi dengan unit monomernya mononukleotida. Semua sel hidup mempunyai Asam nukleat, asam ini berfungsi untuk  menyimpan dan mentransfer genetic, Setelah itu menerjemahkan informasi ini secara tepat untuk mensintesis protein yang khas bagi masing-masing sel.

Untuk Pengaplikasian pada tanaman kelapa sawit.

Biasanya dilakukan ketika memasuki awal musim hujan, akhir musim hujan atau setelah pemanenan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 manfaat pupuk SP-36 Bagi tanaman kelapa sawit semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam budidaya sawit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.