Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Aquaponik

By | September 30, 2020

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Aquaponik – Apasiih aquaponik itu ???Aquaponik adalah teknologi budidaya tanaman sekaligus budidaya ikan dalam satu waktu (satu kali panen). Bagi Anda yang yang kekurangan lahan untuk bertani dan budidaya ikan. Aquaponik dapat menjadi pilihan yang dapat anda pilih. Walaupun sistem ini adalah sistem yang moderen tetap saja memiliki kekurangan dan kelebihannya.

Untuk Kelebihan Aquaponik Sampai sekarang ini aquaponik terus berkembang dan dikembangkan karena diyakini memiliki kelebihan dibanding dengan sistem yang lain, selain itu aquaponik sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Untuk lebih jelasnya Berikut ini kami paparkan kelebihan Aquaponik :

1# Dapat menghasilkan dua produk sekaligus dalam satu kali proses produksi

Saling sinergi antara kegiatan pertanian dan budidaya ikan dalam satu proses produksi yang saling terkait membuat aquaponik dapat menghasilkan produk pertanian dan perikanan sekaligus. Hal ini akan sangat menguntungkan karena hasil yang diperoleh juga berlipat ganda.

Hal ini berbanding terbalik jika kita menggunakan sistem pertanian yang lain yang hanya dapat menghasilakn satu macam, jadi apabila di salah satu produksi mengalami penurunan produksi ataupun keuntungan kita tetap akan memperoleh hasil dari produk yang satu lagi.

2# Menghemat Lahan

Dalam sistem aquaponik kita dapat menempatkan budidaya pertanian di atas kolam ikan sehingga dapat menghemat lahan. Pada proses budidaya konvensional lahan yang sedang digunakan untuk produksi pertanian tidak akan bisa digunakan untuk memelihara ikan dan sebaliknya ( ada beberapa tempat yang bisa menggabungkan perikanan dengan pertanian tetapi itu sangat terbatas baik ketersedian air maupun jenis tanaman).

Sistem ini juga sangat cocok diterapkan di wilayah perkotaan yang padat penduduk maupun di pedesaan yang masih banyak lahan kosong. Pada wilayah perkotaan biasanya untuk melakukan usaha budidaya akan terbentur masalah lahan. Menggunaan sistem aquaponik akan sangat menghemat lahan karena penataan tanaman dapat ditempatkan diatas kolam baik secara horizontal maupun vertikal.

3# Produk pertanian yang dihasilkan organik

Hasil limbah dari ikan berupa kotoran organik yang nantinya akan di salurkan menuju tempat bididaya pertanian sehingga tanaman akan memperoleh suplay nutrisi atau pupuk dari kotoran ikan yang organik sehingga hasil pertanian juga berupa tanaman organik.

Tananam organik sangat bagus bagi kesehatan manusia sehingga akan banyak masyarakat yang membutuhkan dan akan membuat harga tanaman juga menjadi lebih tinggi. harga yang tinggi akan menguntungkan bagi petani.

4# Dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan

Penggunaan aquaponik dapat disesuaikan dengan kebutuhan baik tananan dan lahan yang tersedia. Pada penggunaan lahan yang sempit dan kita ingin menghasilkan tanaman yang lebih banyak maka kita dapat menerapkan sistem tanam vertikal dan apabila menanam tanaman yang melebar seperti tanaman tomat kita dapat menanamnya secara vertikal.

5# Lebih hemat air

Air yang digunakan untuk aquaponik selalu diputar dan berkesinambungan sehingga tidak ada air yang akan terbuang secara sia sia. Air akan berkurang pada saat terjadi penguapan atau terserap oleh tanaman nantinya akan ditambahkan air. Penanbahan air tidak banyak dilakukan jadi meskipun ada penambahan air tetap saja lebih hemat bila dibandingkan dengan pertanian konvensional.

Kekurangan Aquaponik Meskipun aquaponik memiliki kelebihan sistem ini tetap saja masih memiliki kekurangan. Berikut keurangan aquaponik :

6# Biaya pembuatan sistem lebih mahal

Banyaknya peralatan yang perlu dibeli membuat sistem aquaponik menjadi mahal, karena peralatan yang digunakan tidak mudah untuk dibuat sendiri. Untuk membuat kolam membutuhkan biaya yang cukup besar apalagi kolam dibuat dari bahan yang bermutu tinggi.

Selain kolam diperlukan peralatan untuk media tanam dan perlatan tersebut juga tidak dapat dibuat sendiri selain itu harga dari pabrik juga sudah mahal jadi secara kesuluruhan untuk membuat aquaponik bisa digolongkan sebagai teknik budidaya berbiaya tinggi hal ini sepadan dengan keuntungan yang ditawarkan.

7# Tergantung dengan ketersediaan listrik

Untuk mengoprasikan sistem aquaponik tidak akan berjalam begitusaja tanpa ada penggeraknya. untuk menggerakkan air dalam sistem digunakan pompa untuk mengalirkan air dari kolam ke media tanam, pompa menggunakan listrik sebagai sumber energinya jadi apabila terjadi hambatan dengan sumber listrik maka sistem akan terganggu bahkan tidak jalan.

8# Memperlukan skil khusus

Untuk mengoprasikanya memerlukan sistem aquaponik tidak bisa sembarangan karena apabila salah maka kehidupan ikan maupun tanaman akan terganggu. Sehingga untuk mengoprasikannya diperlukan keahlian khusus agar diperoleh hasil maksimal.

9# Memperlukan perawatan extra

Budidaya sistem aquaponik tergolong dalam bididaya intensif sehingga diperlukan perawatan ekstra agar pertumbuhan ikan dan tanaman sama sama baik.

Sumber

https://guyubtani.blogspot.com/2017/06/kelebihan-dah-kekurangan-sistem.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.