6 Keistimewaan Lovebird Lutino Mata Merah

By | Desember 12, 2019

Sumber : https://lovebirdsinglefighter.blogspot.com

Berbeda dengan Jenis lovebird lainnya, Lovebird lutino didapat dari kawin silang beraneka ragam lovebird serta sudah mengalami mutasi rangkaiaan kelamin resesif. Untuk menghasilkan burung lovebird jenis lutino tergolong sangat susah dan rumit, hal inilah yang menyebabkan banyak peternak burung lovebird sering mengalami kegagalan.

Berdasarkan kerumitan inilah burung ini termasuk kedalam jenis lovebird yang memiliki harga jual yang sangat tinggi dipasaran. Untuk anakannya saja yang baru berumur 60 hari, di pasaran bisa dihargai Rp.1.000.000-,

Keistimewaan Lovebird Lutino 

Harganya yang mahal tentunya sebanding dengan kepuasan yang diperoleh sang penggemar ketika memelihara burung jenis ini, oleh sebab itu disini saya sedikit memberikan apa saja yang membuat burung  lovebird lutino banyak di buru para pencinta burung lovebird. Berikut ini penjelasannya :

  1. Selain harganya mahal, burung ini juga memiliki warna bulu yang hampir keseluruhannya berwarna kuning. hanya sedikit warna merah yang terdapat di bagian kepalanya.
  2. keistimewaan lainnya yakni terletak pada matanya yang merah. Perlu Anda ketahui Lovebird lutino yang memiliki mata merah itu lebih mahal dibandingkan Lb Lutino yang memiliki mata hitam. Semua jenis Lovebird yang memiliki mata merah memiliki kelebihan dapat melihat lebih jelas.
  3. Untuk memperoleh anakan Lb Lutino itu memperlukan perjuangan ekstra. Lovebird lutino diperoleh dari perkawinan silang dari beranekaragam jenis lovebird. Oleh karena itu, Populasinya yang masih sedikit inilah yang membuat harganya menjadi mahal.
  4. Lovebird lutino dikenal dengan suaranya yang merdu dan indah, tak jarang, lovebird Lutino digunakan sebagai masteran jenis lovebird Lutino lainnya.
  5. Lb Lutino juga memiliki suara ngekek yang panjang, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari jenis burung ini.
  6. Orang yang memiliki burung Lb Latino memiliki rasa kebanggaan tersendiri, karena memiliki burung ini. Selain itu Jika dirawat dengan baik, Burung Lb latino akan mempunyai hubungan emosional dengan pemiliknya sama seperti jenis lovebird lainnya.

Baca Juga : √ 7 Ciri-ciri Lovebrid Josan Berkualitas Juara 1

Jenis Lovebird Lutino

Lovebird jenis ini dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yakni :

  1. Lovebird Lutino Mata Merah
  2. Lovebird Lutino Mata Hitam

Dari Segi harga lovebird lutino mata merah memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada jenis lovebird lutino mata hitam.

Ciri-ciri Lovebird Lutino Mata Merah Yang Bagus

  • Lovebird Lutino yang berkualitas memiliki bulu berwarna kuning keemasan atau kuning cerah, Sedangkan bulu pada areal kepala berwarna merah.
  • Memiliki mata yang berwarna merah.
  • Paruhnya dan wajahnya berwarna merah.
  • Untuk lehernya dan kaki berwarna merah muda.
  • Di ujung kedua sayapnya berwarna putih bersih tanpa bercak kuning.
  • Sedangkan untuk ukurannya hampir sama dengan lovebird jenis pastel.

Tips Cara perawatan/pemeliharaan Lovebird Lutino Mata Merah

Menurut beberapa pencinta burung lovebird. Lb lutino memiliki sifat yang sensitif dan mudah stres. Oleh sebab itu dalam perawatannya perlu penanganan khusus dan spesial dibandingkan jenis lovebird lainnya.

Adapun cara terbaik dalam menjaga kondisi Lb Lutino agar selalu prima adalah dengan melakukan perawatan-perawatan kecil secara rutin seperti ;

  • Burung Lovebird lutino sangat rentang terkena penyakit, oleh sebab itu usahakan selalu membersihkan kandang dari sisa kotoran dan makanan secara rutin minimal satu kali dalam sehari.
  • Usahakan tempat pakan dan minumnya terbebas dari jamur dan lumut.
  • Jangan sampai pakan dan minumnya kosong karena jika burung ini kekurangan pakan dan minum dapat membuatnya menjad stess.
  • Berikan pakan yang berkualitas
  • Mandikan dan jemur burung minimal 3 hari sekali, adapun waktu terbaik untuk memandikan dan penjemuran ialah pada pukul 08.00 – 10.00, Penjemuran tidak perlu terlalu lama cukup 15 menit saja.

Harga Lovebird Lutino Mata Merah

JENIS LOVEBIRD

USIA

HARGA

Anakan Lutino

3-4 BulanRp. 1.000.000-,

Anakan Lutino

5-7 Bulan

Rp. 1.500.000-,

Lutino Dewasa

9-10 Bulan

Rp. 2.000.000-,

Lutino Dewasa (Siap Produksi)

11-12 Bulan

Rp. 2.100.000-,

Lutino Dewasa (Sudah Produksi)12 Bulan keatas

Rp. 2.500.000-,

Perlu diingat harga burung tersebut dapat berubah kapan saja. Banyak faktor yang menjadi penyebab perubahan harga tersebut. Selain itu, harga lovebird lutino juga tergantung kepada kualitas burung itu sendiri. JADI HARGA DIATAS JANGAN DIJADIKAN PATOKAN PASTI YAA..

Baca Juga :

10 Cara Membedakan Lovebird Dakori dan Dakocan

Panduan Lengkap Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Betelur dan Memiliki Banyak Anak

Inilah 3 Makanan Wajib Ketika Lovebird Sedang Mengerami Telur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.