Inilah 6 Warna Ayam Bangok Yang Paling Ditakut Lawan

By | Oktober 30, 2019

Warna Ayam Bangok Yang Paling Ditakut Lawan – Selain kepintarannya dalam berkelahi, ayam bangkok juga mempunyai warna bulu yang beraneka ragam.  Untuk beberapa penghobi lebih suka mengoleksi ayam laga dengan warna dan corak bulu tertentu. Sebetulnya warna bulu memiliki pengaruh terhadap penampilan ayam laga, bahkan dapat mempengaruhi mental musuhnya. Berikut ini beberapa warna dan corak bulu ayam bangkok dari yang terbaik hingga yang biasa aja :

ayam bangkok

  1. Wiring Bulu ayam bangkok jantan yang paling terkenal dan berkelas adalah warna wiring kuning. Corak warna Wiring adalah terdiri dari warna dasar ayam yakni hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Apabila waran rawis yang dominan adalah kuning keemasan dan memiliki kaki dan paruh berwarna kuning maka disebut dengan wiring kuning. Sedangkan jika warna rawisnya cenderung merah tua kecoklatan maka disebut dengan wiring galih.
  2. Dibawahnya wiring adalah taduang/hitam. Warna ayam bangkok seperti ini juga perlu diperhitungkan, memiliki warna bulu dara, bulu hias dan rawis berwarna hitam.
  3. Bangkeh, berbeda dengan waring yang memiliki warna dasar hitam, ayam bangkeh memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yakni kuning kemerahan. Apabila bulu cendrung berwarna kuning keemasan disebut bangkeh emas dan jika warna bulu lebih gelap kemerahan disebut dengan bangkeh api.
  4. Kanso/Klabu warna kanso memiliki warna dasar abu-abu. Apabila rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan kanso monyet dan apabila rawisnya berwarna kuning kemerahan maka disebut dengan kanso api.
  5. Kuriak/Jali. Kuriak adalah warna yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam catatan ada garis-garis kecil. Atau campuran beberapa warna dimana setiap helai bulunya bergaris-garis kecil. Seperti hitam-putih-hitam-putih ada juga yang berwarna abu-abu putih dan begitu juga warna yang lainnya. Sangat jarang ayam bangkok yang berwarna jali.
  6. Kinantan/Putih. Warna putih kinantan adalah warna bulu putih. Dan rawis dan bulu hias juga putih ditambah sisik dan mata juga putih. Ayam warna ini memilki tuah/keistimewaan dibandingkan jenis ayam lainnya. Ada juga yang berwarna putih susu adalah warna bulu putih semua termasuk bulu hias dan bulu rawis, kaki berwarna kuning dan paruh berwarna putih.

Untuk Mengetahui Ciri-ciri Ayam Bangkok Pukul mematikan silakan klik disini

Warna ayam di atas adalah warna-warna utama. Dalam persilangan lebih lanjut dapat saja masing-masing warna memiliki varian yang beraneka-ragam. Sebagian pengadu menganggap warna bulu memegang peranan yang cukup penting karena warna bulu dapat mempengaruhi mental lawan. Warna wiring, taduang, dan bangkeh merupakan warna yang paling berkelas dibandingkan warna-warna yang lain.

Baca Juga :

7 Jenis Ayam Aduan Terbaik Saat Ini

Cara Membuat Jamu Ayam Bangkok Biar Galak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.