Penyebab Hairball Pada Kelinci dan Solusi Mengatasinya

By | Oktober 12, 2020

Kelinci ialah hewan yang akan alami siklus tukar bulu atau umum disebutkan dengan moulting. Pada periode awalnya moulting umumnya bulu yang rontok tidak banyak, namun bertambah banyak pada proses moulting selanjutnya.

Kejadian ini dapat mengakibatkan hairball yang memberikan ancaman kesehatan kelinci serta dapat sampai pada kematian. Karena itu kita perlu langkah menangani hairball pada kelinci.

Pemicu Hairball Pada Kelinci

Hairball disebabkan sikap alami kelinci untuk bersihkan badannya dari bulu yang mati/rontok. Sikap itu berbentuk aksi menjilati badannya hingga bulu yang rontok akan turut tertelan masuk ke skema pencernaan serta pasti bulu-bulu itu tidak bisa dirinci. Makin seringkali serta besarnya jumlah bulu tertelan akan menyebabkan penimbunan serta pada akhirnya berlangsung aglutinasi bulu di dalam skema pencernaan.

Kita perlu waspada ini terlebih bila kelinci yang kita memelihara ialah tipe lop yang mempunyai bulu panjang. Kelinci tipe ini semakin lebih seringkali menjilati badannya sebab menganggap terusik dengan bulu panjangnya yang mulai rontok. Tidak sama dengan kucing, kelinci tidak dapat memuntahkan kembali lagi bulu yang telah dia telan.

Oleh karenanya kita perlu lakukan perawatan penjagaan dengan memberi fresh hay (pakan semacam jerami kering spesial kelinci). Fresh Hay mempunyai cukup serat yang dapat menolong kelinci dalam keluarkan bulu-bulu yang telah tertelan.

Disamping itu kita dapat juga memberi Laxatone atau peromalt minimal 1 minggu sekali sebelumnya kelinci bertukar bulu. Atau dapat juga memberikanya tiap hari di saat kelinci sedang bertukar bulu.

Cara standard yang termudah dilaksanakan ialah dengan menyisir bulu kelinci dengan cara periodik. Hal itu dilaksanakan untuk hilangkan bulu rontok dan bisa kurangi peluang rontok yang makin kronis.

Tetapi bila anda pelihara kelinci dalam jumlah banyak pasti cara standard ini susah dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.