√ 10 Cara Stek Jambu Air Dengan Bawang Merah

By | Mei 10, 2020

Dewitani. com — Sebenarnya ada banyak cara untuk memperbanyak benih jamu air mulai dari okulasi, cangkok, sambung pucuk. hingga stek . Dari semua cara tersebut menurut admin dewitani.com yang termudah dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi ialah dengan stek batang atau pucuk.

Oh ya. Untuk mempercepat pertumbuhan stek, Anda dapat menggunakan bawang merah sebagai pemacu pertumbuhan akar pada jambu air. Loh emang bisa ? Menurut uji coba yang sudah dilakukan admin dewitani.com sendiri, stek jambu dengan menggunakan cairan bawang merah terbukti berhasil.

Secara umum, Bawang merah mengandung Allicin, dan Thiamin yang berguna untuk pertumbuhan tunas, riboflavin yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, dan mengandung zpt auksin dan rhizokalin yang dapat memacu pertumbuhan akar.

Berikut ini Cara Stek Jambu Air Dengan Bawang Merah yang baik dan benar :

  1. Siapkan batang/pucuk yang akan di stek. Ciri batang jambu yang baik untuk di stek ialah bakal daun mengarah atau menghadap ke atas. Jika menghadap ke samping biasanya kualitasnya kurang baik. Selain itu batang jambu air minimal berdiamter 1 cm, dengan panjang batang 20 hingga 25 cm.
  2. Buang daunya, sisakan sebanyak 2 helai daun yang berada di ujung.
  3. Potong runcing pangkal entresnya. Dengan jarak pelukaan kulit jambu air dari pangkal kurang lebih 1 hingga 2 cm. Agar tidak terbalik, usahakan Anda memberikan tanda posisi batang jambu air yang akan di stek.
  4. Haluskan bawang merah dengan cara di tumbuk atau di blender dengan ditambahkan sedikit air untuk mempermudah proses penggilingan. Setelah halus saring dan pisahkan air dan ampas bawangnya. Air sisa perasan kemudian di diamkan kurang lebih selama 10 hingga 20 menit. Sebelum diaplikasikan pada stek batang jambu air.
  5. Rendam pangkal enters dalam wadah yang sudah berisi air ekstrak bawang merah selama kurang lebih 2-3 jam. Perendapam ini berguna untuk merangsang pertumbuhan akar pada jambu air.
  6. Langkah selanjutnya siapkan media tanam berupa polybag atau botol bekal air mineral yang terlebih dahulu sudah diisi dengan sekam padi dan tanah dengan perbandingan 2 : 1.
  7. Siram media tanam dengan air secukupnya, usahakan jangan sampai tergenang. Sebab, jika tergenang akan memicu tumbuhnya jamur pada entres.
  8. Setelah disiram. Anda dapat menutup stek batang jambu air dengan kantong plastik bening/transparan. Pembungkusan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas jambu air. Selain itu, pembungkusan ini juga bermanfaat agar stek tidak terkena udara dari luar. Udara dari luar dapat menyebabkan batang jambu air mengering.
  9. Agar tetap ada oksigen yang masuk. Anda dapat melubangi kantong plastik dengan jarum sebanyak 3 lubang saja.
  10. Letakkan stek di lokasi yang ternaungi tidak terkena sinar matahari langsung dan hujan. Dalam kurun waktu 14 hari stek batang jambu air akan tumbuh tunas pada entres.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 cara stek batang jambu air dengan bawang merah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca sekalian..

Salam lestari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.