12 Manfaat Pupuk Guano dan Panduan Pembuatannya Di Rumah

By | April 12, 2020

Pupuk Guano – Adalah pupuk organik yang di peroleh dari kotoran kalelawar yang sudah mengendap lama di dalam gua dan sudah bercampur dengan tanah dan bakteri pengurai Alami. Selain itu, Kotoran kelelawar yang dalam dunia pertanian disebut pupuk guano mengandung nitrogen, fosfor dan potassium sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan, merangsang akar dan pembuangan serta kekuatan batang tanaman.

Pada saat ini pupuk guano menjadi salah satu alternatif penggati pupuk berbahan kimia. Selain itu pupuk ini juga lebih ramah lingkungan dang juga tidak mengandung efek samping bila digunakan dalam jangak waktu yang lama.

Namun pupuk ini agak sulit ditemukan karena, untuk memperoleh kotoran kalelawar tidaklah gampang, kita harus mencarinya di gua-gua yang menjadi habitat asli kalelawar. Meskipun susah untuk didapatkan hal ini setimpal dengan kandungan unsur hara yang terkandung didalamnya. Dilansir dari beberapa penelitian pupuk guano memiliki unsur hara paling tinggi jika dibandingkan dengan pupuk-pupuk organik alami lainnya.

Adapun Unsur hara yang terkandung dalam kotoran kelelawar antara lain 9%-13% nitrogen, 5%-I2% fosfor, l,5%-2,5%o kalium, 7,5%-ll % kalsium. 0,5%-l% magnesium, 2%-3,5% sulfur.

Manfaat Menggunakan Pupuk Guano

Berikut ini manfaat Pupuk Guano :

  1. Sudah dijelaskan diatas jika guano mengandung banyak unsur hara seperti phosfor dan nitrogen.  Kedua kandungan ini sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  2. Pupuk guano juga dapat melindungi tanaman dari serangan penyakit. Hal ini dapat terjadi, karena pupuk ini dapat mengontrol nematoda atau bakteri, virus-virus jahat yang terdapat di dalam tanah.
  3. Pupuk guano mempunyai kandungan bakteri yang berasal dari hewan. Hal ini akan sangat berguna sebagai fungisia alami.
  4. Jika Anda sedang membuat pupuk kompos, maka pupuk guano sangat cocok digunakan sebagai zat aktivatornya.
  5. Penyerapan unsur hara pada tanah akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pupuk organik lainnya.
  6. Lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pupuk kimia. Sehingga sangat cocok bagi kesuburan tanah.
  7. Pupuk guano mengandung 40 % bahan material organik. yakni berasal dari buah-buan atau serangga yang dimakan oleh kalelawar. bahan organik tersebut akan membuat struktur tanah menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  8. Dapat Digunakan diberbagai tanah. Diareal terbuka atau lahan tertutup sekalipun.
  9. Tanaman yang diberikan pupuk guano. Pada umumnya, daunya akan berwarna hijau segar, keras, dan tidak mudah untuk rontok
  10. Pupuk guano dapat membuat tanaman hias akan lebih sering untuk berbunga, karena kuncup bunga yang tumbuh tidak mudah rontok.
  11. Jika diaplikasikan di tanaman buah, maka buah yang dihasilkan akan berkualitas dan tahan lama.
  12. Kandungan amonia, asam urat, asam oksalat, asam karbonat, asam fosfat, dan juga garam. Ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan pada akat. Akar tanaman yang banyak dapat mengoptimalkan penyerapan unsur hara di tanah.

Jenis-Jenis Pupu Guano

Menurut jenisnya, pupuk guano terbagai menjadi dua yakni pupuk guano padat dan cair. Untuk pupuk guano padat biasanya diperoleh langsung di goa-goa alami dan ada juga yang buatan. Sedangkan untuk pupuk guan cari dibuat dengan menambahkan air dan fermentasi.

Cara Membuat Pupuk Guano Sendiri Di Rumah

Pupuk Guano padat biasanya diperoleh di goa-goa alami yang jarang dimasuki orang-orang. dan biasanya sudah berwarna hitam kecoklatan. Jika sudah berwarna seperti ini itu menandakan pupuk sudah jadi dan tidak perlu diolah lagi. Namun, jika pupuk belum berwarna hitam kecoklatan itu menandakan pupuk belum matang dan harus diolah lebih lanjut. Berikut Ini cara mengolahnya :

Cara Membuat Pupuk Padat

gambar pupuk guano padat

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 25 Kg Kotoran Kelelawar
  • Bioboost (EM4)
  • Air Secukupnya
  • Dan Terpal

Berikut ini Cara Pembuatanya :

  1. Larutkan 15 Tutup Bioboost kedalam 1 liter air, kemudian aduk hingga tercampur merata.
  2. Masukkan Campuran biobosrt dan air kedalam kotoran Kelelawar yang sudah disiapkan. Aduk-
  3. Aduk hingga semua bahan-bahan tercampur merata.
  4. Setelah tercampur, kotoran kalelawar ditutup dengan terpal.
  5. Diamkan selama kurang lebih 14 hari
  6. Pupuk Siap digunakan.

Untu pengaplikasianya Pupuk Guano padat yang sudah jadi dan berikan pada tanaman sebagai Pupuk Kompos.

Cara Membuat Pupuk Cair

Berikut ini Panduan membuat pupuk guano cari :

Bahan-bahan

  • 3 Sendok teh kotoran kelelawar
  • Botol atau alat semprotan
  • 5 Liter air
  • Bioboost (EM4)

Cara Pembuatan :

  1. Masukkan 3 sendok teh kotoran kelelawar ke dalam botol atau alat semprotan
  2. Kemudian tambahan 5 liter air dan 1 tutup Bioboost
  3. Kocok-kocok atau aduk hingga tercampur merata.
  4. Pupuk siap digunakan.

Untuk penggunananya bisa disemprotkan pada mulut daun (stomata).

Dosis Penggunaan Pupuk Guano

Pupuk Guano sangat baik bagi pertumbuhan tanaman karena memiliki bahan organik, dan
mengandung unsur hara utama N, P, dan K, membentuk struktur tanah menjadi lebih baik, daya serap dan simpan air yang cukup baik, serta meningkatkan kondisi lingkungan mikro tanah yang cocok bagi perkembangan akar tanaman, dengan demikian tanaman dapat tumbuh dengan baik dan selanjutnya menunjukkan pertambahan tinggi tanaman lebih cepat

Untuk Dosisi Penggunaan pupuk guano yang benar untuk tanaman seperti jagung, cabai, dan tanaman pangan lainnya cukup lakukan Berikian 80 gram pupuk guano setiap lubang tanam atau 5 Ton untuk lahan seluas 1 hektar. Untuk tanaman sayuran seperti sawi, kangkung, bayam, padi dan lain sebagainya. Cukup berikan 200 kg pupuk guano per hektarnya. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan pemberian pupuk guano ke tanaman dapat meningkatkan hasil sebanyak 30 % dari hasil panen sebelumnya.

Harga Pupuk Guano 

Dilansir dari bukalapak com, untuk harga pupuk guano padat 1 kg, dihargai Sebesar Rp.40.000-.

harga pupuk guano

Dilansir dari bukalapak com, untuk harga pupuk guano cari dengan berat 500 gram, dihargai Sebesar Rp.17.500-.

harga pupuk guano cari

Mudah bukan membuatnya??? Soo, tidak perlu menunggu lebih lama lagi, Langsung aja pratik dirumah… Jika mengalami kesulitan silakan komentar dibawah biar sama-sama kita cari jawabanya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.