√ 4 Cara Membuat ZPT Dari Bawang Merah Step By Step

By | April 27, 2020

zpt alami dari bawang merahdewitani.com – Setiap tanaman pada umumnya sudah memiliki hormon perangsang akar alami yakni Rhizokalin dan Kaulin, kedua hormon ini berperan dalam membantu pertumbuhan tunas. Akan tetapi, dikarenakan hanya terdapat dalam jumlah yang sangat terbatas, maka diperlukan pemberian Zat perangsang tanaman (ZPT) Tambahan.

Sebenarnya Anda dapat membeli ZPT buatan pabrik di toko-toko pertanian di sekitar rumah Anda, Namun. Untuk lebih menghemat biaya Anda juga dapat membuat ZPT sendiri dirumah. Yakni dengan menggunakan bahan dasar bawang merah.

Loh emang bisa  ?

Bisa. karena Dalam umbi bawang merah mengandung vitamin B1 (Thiamin) dan Alicin, kedua kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat pertumuhan tunas. Selain itu bawang merah juga mengandung ZPT Auxin dan Giberilin yang berguna untuk memacu pertumbuhan akar pada tanaman dan berperan dalam mengendalikan pertumbuhan pada seluruh komponen tumbuhan, juga termasuk merangsang proses perkecambahan pada biji.

Lantas bagaimana cara membuat ZPT Alami dari Bawang Merah ?

1. Pertama-tama siapkan bawang merah, gunakanlah bawang merah yang masih dalam kondisi bagus, tidak busuk atau terkena penyakit apapun.

2. Gunakanlah 10 hingga 14 siung umbi bawang merah, Haluskan dengan cara di blender atau di tumbuk secara manual menggunakan ulekan.

3. Kemudian masukkan halusan bawang merah dan air kedalam wadah (baskom atau ember).Untuk bawang 10 siung membutuhkan air kurang lebih 1 liter. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Setelah tercampur merata Pisahkan antara ampas bawang dengan airnya dengan cara di saring menggunakan kait tipis.

4. Untuk ampas sisa dari penyaringan dapat digunakan langsung sebagai pupuk kompos. Sedangkan Cairan ZPT dari bawang merah sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Cara Pengaplikasian ZPT Alami dari Bawang Merah

Digunakan untuk penyemaian benih

Caranya cukup mudah yakni dengan merendam benih di larutan air bawang merah sebanyak 100 ml dengan air hangat satu liter diamkan selama kurang lebih 3 hingga 5 jam. Kemudian tiriskan. Benih sudah siap untuk digunakan.

Digunakan untuk bibit tanaman

Bibit tanaman yang dipindahkan dengan cara dicabut, terkadang sering mengalami kerusakan pada akarnya. Untuk mengatasi hal tersebut,  Anda dapat menggunakan ZPT alami dari bawang merah untuk kembali memacu pertumbuhan akar baru. Untuk pengaplikasiannya cukup merendam bibit tanaman di dalam 100 ml larutan bawang merah dengan 1 liter air, kemudian rendam selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bibit sudah dapat ditanam.

Digunakan Untuk pencangkokan

Untuk penerapanya cukup oleskan larutan air bawang merah pada bagian batang yang dicangkok, setelah itu bungkus dengan media tanah atau sabut kelapa. Tunggu hingga tanaman tumbuh akar.

Digunakan Untuk Stek batang

Untuk pengaplikasianya cukup rendam batang yang akan distek kedalam air 1 liter yang telah ditambahkan 200 cc larutan bawang merah. Diamkan kurang lebih selama 3 hingga 5 jam. Setelah itu tiriskan. Stek batang siap ditanam di polybag.

Baca Juga :

18 ZPT PEMBESAR UMBI BAWANG MERAH TERBAIK SAAT INI

11 MANFAAT KULIT BAWANG MERAH UNTUK TANAMAN

INILAH 5 ZPT PEMBESAR BUAH KENTANG YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.