Cara Mengolah Cacing Tanah Untuk Pakan Ternak

By | November 2, 2019
cara mengelolah cacing tanah

cara mengelolah cacing tanah

Agar cacing tanah dapat bertahan lama biasannya para peternak mengolahnya menjadi tepung. Tepung cacing tanah sangat baik dikonsumsi oleh hewan ternak. Khususnya ikan dan unggas, dan aneka ragam hewan ternak yang dapat menggunakan tepung cacing sebagai campuran pakan seperti ; Ayam, Itik, Bebek, udang, ikan lele, bandeng dan lain sebagainya.

Berikut ini langkah-langkah peroses pembuatan tepung cacing tanah untuk pakan ternak :

  1. Sebelum dibuat tepung, cacing tanah jangan diberi makan selama kurang lebih 1 jam.
  2. Kemudian cuci bersih cacing, hal ini dilakukan dengan maksud untuk menghilangkan berbagai kotoran dan sisa tanah yang masih menempel di sekitar tubuhnya, demikian pula dengan lendirnya juga harus dihilangkan dari tubuh cacing. Untuk mendapatkan cacing yang bersih Anda dapat mencucinya sebanyak 3 sampai 5 kali.
  3. Setelah bersih dari kotoran dan lendir, rebus cacing selama 5 menit.

Dengan perebusan akan membuat protein, lemak dan karbohidrat yang ada pada tubuh cacing mudah dicerna hewan ternak. Selama perebusan Anda perlu memperhatikan jumlah air yang akan digunakan. Penggunaan air yang berlebihan dapat merugikan, sebab air dapat melarutkan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam cacing. Untuk perebusan 100 gram cacing tanah dibutuhkan kurang lebih 500 ml air.

Setelah direbus tiriskan dan dipotong dengan ukuran kurang lebih 1 cm.

Pemotongan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam rongga tubuh cacing. Selain itu, dengan pemotongan ini juga akan mempercepat pengeringan cacing.

  1. Pengeringan dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan cara alami dan cara buatan, dengan cara alami cacing dijemur di atas seng, sehingga akan lebih cepat menjadi kering, apabila panas terik, dalam satu hari cacing sudah kering, sedangkan cara buatan yakni menggunakan bantuan mesin pengering yang panasnya didapat melalu api.
  2. Cacing tanah yang sudah benar-benar kering, kemudian ditumbuk atau di giling, dengan menggunakan mesin giling.
  3. Dan tepung cacing tanah siap digunakan.

Simak Juga  : Panduan Lengkap Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Pemasarannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.