Cara Budidaya Ikan Tombro Dengan Simpel Dan Mudah

dewitani.com-Cara sukses memulai bisnis budidaya ikan mas atau tombro. Saat ini, jika kita melihat pasar ikan airta tawar sangat menjanjikan. Ikan tombro sangat baik untuk kita konsumsi karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, kita bisa menjualnya langsung di pasar konsumsi, saat ini ikan tombro lebih banyak dicari oleh beberapa perusahaan tambak karena semakin banyaknya bisnis tambak sebagai selingan bagi mereka yang memiliki hobi memancing kali ini kita akan ulas budidaya ikan tombro yang sangat menjanjikan .

Ciri-ciri ikan tombro antara lain memiliki bentuk tubuh yang agak memanjang dan pipih, tegak. Hampir seluruh tubuhnya tertutup sisik dan hanya sebagian kecil saja yang tertutup. Sisiknya relatif besar dan termasuk dalam jenis sisik annular.

Berikut Cara Budidaya Ikan Tombro :

Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam budidaya ikan jenis ini antara lain persiapan kolam, pengisian air, distribusi benih, pengendalian kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, pengendalian pertumbuhan, pemberian pakan, pemanenan dan pemasaran.

Kedalaman kolam ikan tomboro yang akan diamati minimal harus 0,75 meter. Dengan budidaya yang baik, ikan yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik.Tombro/ikan mas merupakan jenis ikan yang digemari oleh sebagian pembudidaya ikan. Selama ini budidaya ikan tombro sudah dimulai di Indonesia karena permintaan pasar yang tinggi.

Ada banyak spesies yang biasa dibudidayakan oleh masyarakat sebagai berikut :

  • Tipe majalaya, dengan sisik hijau keabu-abuan, punggung tinggi dan tubuh pendek.
  • Tipe Punten, dengan sisik hijau kehitaman, punggung tinggi dan tubuh pendek.
  • Jenis Sinonia, dengan sisik kuning muda, tubuh relatif panjang dan punggung bawah.

Adapun Langkah-langkah yang harus dilewati untuk memulai budidaya ikan tombro/cara budidaya ikan tombro agar dapat memperoleh hasil yang maksimal sebagai berikut :

  1. Kolam yang digunakan untuk budidaya ikan tombro

Kami mencoba mencari tempat yang benar-benar aman dan bagus untuk kolam pemijahan ini, dasar kolam tidak boleh mengandung banyak tanah liat tetapi tanah keras. Kolam pemijahan ini kami manfaatkan sebagai tempat untuk membuat kawanan pemijahan jantan dan betina sehingga dapat menghasilkan telur ikan yang dikeluarkan oleh induknya. Dan akan ditaruh di wadah yang sudah kita siapkan, yang setelah telurnya menempel di wadah ini akan kita pindahkan ke kolam lain yang lebih luas untuk kita inkubasi.

Kolam penetasan telur

Tempat penetasan ini kami gunakan sebagai tempat kakaban yang telah ditempelkan telur ikan dari kolam penetasan. Setelah satu atau dua hari telur menetas menjadi larva. Sekitar 5 hari setelah menetas, benih harus dikembalikan ke persemaian.

Kolam pembibitan bakalan :

Kami menggunakan kolam pembibitan untuk membudidayakan benih dari hatchery yang kami pelihara hingga mencapai ukuran yang siap untuk kami perbanyak di kolam ekspansi atau setelah mencapai ukuran 5 hingga 7 cm. Bahan tambahan pangan berupa dedak lunak, tepung ikan atau bungkil kedelai.

Persiapan kolam kecil:

Kolam ini disiapkan untuk menyimpan indukan sebelum bertelur. Seolah-olah induk betina sedang menderita. Dengan maksud agar nantinya setelah mereka dipindahkan di kolam pemijahan yang lebih luas, mereka akan merasa lebih bahagia dan lebih nyaman untuk bertelur .

  1. pemilihan indukan ikan tombro

cara budidaya ikan tombro

Ada beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan saat mengidentifikasi induk ikan, dan tentunya ciri-ciri fisik ikan tersebut mungkin terlihat mirip akan tetapi kali ini cara memilih indukan yang sehat dan berkualitas :

  Cara Membuat Kolam Bundar untuk Lele Bioflok

Ciri indukan jantan :

  • Mereka berusia delapan bulan atau lebih
  • Tubuh yang sehat, bukan cacat
  • Jika bagian samping perut ditekan maka akan keluar putih manis
  • Dia memiliki gerakan dan godaan yang anggun

Ciri indukan betina:

  • Timbangan besar berukuran besar dan teratur
  • Sudah satu setengah tahun atau lebih
  • Badannya sehat dan tidak cacat
  • Punggung tinggi dengan pangkal ekor normal
  • Perut membuncit di sisi belakang lubang alat kelamin
  1. Langkah pembibitan

cara budidaya ikan tombro

Setelah kolam pemijahan siap, indukan yang kami miliki selama 2 hari 2 malam dapat ditempatkan di kolam pemijahan. Pembuahan Indukan yang baik dicapai pada pagi hari sekitar pukul 08.00. Jika kondisi kolam dan sirkulasi air baik, induk akan berovulasi pada malam hari sekitar pukul 21.00 hingga 05.00.

Setelah kawin, telur ikan menempel pada wadah. Setelah wadah terisi telur dan induknya belum selesai bertelur (karena tomboro tidak bertelur sekaligus melainkan bertahap), maka wadah harus diganti dengan wadah yang baru. Telur-telur tersebut segera kami pindahkan ke tempat penetasan agar tidak dimusnahkan atau dikonsumsi kembali oleh induknya sendiri. Setelah 2 hari telur menetas menjadi larva dan setelah 5 hari benih harus segera dikembalikan ke kolam pembibitan dan disimpan sampai siap untuk kita perbanyak ke kolam pembibitan.

  1. Langkah pembesaran

Sebelum kita melakukan kegiatan reaming/pembebasan benih , terlebih dahulu kita mengeringkan kolam selama 5 hari atau tergantung kondisi panas matahari agar dasar kolam terlihat retak. Arah pengeringan ini untuk menetralkan bahan organik, menghilangkan gas beracun, dan membunuh hama dan penyakit.

  1. Pembebasan bibit

cara budidaya ikan tombro

Bibit sebaiknya dibebaskan pada pagi atau sore hari, saat suhu udara rendah atau tidak panas.Sarankan kantong plastik untuk memindahkan benih ke kolam pemuaian, biarkan mengapung sejenak, dengan tujuan menyesuaikan suhu asal benih dengan kondisi air kolam pembesar.Bila kondisi suhu kantong plastik sesuai dengan kondisi suhu kolam, maka kantong plastik dibuka pada area yang tergenang air dan benih ikan dikeluarkan dengan cara merendam kantong plastik di dalam air, langkah berikutnya cara budidaya ikan tombro.

  1. Pemberian makanan pendamping

Dalam budidaya ikan, pakan tambahan merupakan faktor penting karena jika pakan diberikan dapat mempercepat perkembangan ikan yang kita pelihara.Makanan ini telah dimodifikasi menjadi butiran untuk menciptakan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan yang disebut dengan “pellet”. Bahkan pelet dapat memastikan perkembangan ikan yang baik.

Saat memberikan pakan tambahan bisa dilakukan dua kali sehari pada sore dan pagi hari, jangan memberikan pakan tambahan terlalu banyak, karena sisa pakan akan menumpuk di dasar kolam yang akhirnya membuat kolam membusuk bahkan mencemari air. namun dalam memberikan pakan tambahan jangan sampai terlewatkan. Karena akan menghambat pertumbuhan ikan. Demikian penjelasan cara budidaya ikan tombro atau ikan mas, dan selamat mencoba dan semoga berhasil !

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA