Cara Membuat Kolam Bundar untuk Lele Bioflok

dewitani.com – Cara Membuat Kolam Bundar untuk Lele Bioflok – Ukuran kolam bulat berbagai macam biasanya memiliki ukuran di antara 1 meter. sampai 4 meter. dengan ketinggian lebih kurang seputar 1,1 meter. Diisi air dengan ketinggian lebih kurang 90 sampai 100 cm. Penetapan ukuran kolam umumnya berdasar luas tempat yang dipunyai atau jumlah produksi yang ingin diraih pada setiap kolam.

Tentang Kolam Bundar

Belakangan ini kolam terpal bundar mulai populer di kalangan peternak ikan lele terutama di daerah perkotaan dengan lahan terbatas dan sempit, ini salah satu solusi karena lebih praktis dan ekonomis. Praktis karena bisa ditempatkan dimana saja, dipekarangan bahkan di dalam gedung, selain itu bisa dipindah-pindah. Untuk harga kolam terpal bundar inipun relatif murah dan bisa tahan untuk beberapa siklus panen.

Bahan Membuat Kolam Bundar

Kolam dapat dibikin berbahan terpal, bener, fiber atau memakai bahan dari semen. Dalam kesempatan ini kita akan mengulas langkah membuat kolam dari terpal. Untuk membuat dibutuhkan bahan bahan seperti berikut:

  • Bahan Bahan 1 terpal kolam bundar
  • Talang karet sepanjang lingkaran kolam serta tinggi 110 cm
  • Besi penyangga (kerangka) sepanjang lingkaran kolam
  • Pipa paralon ukuran 2 atau 3 dimm
  • 2 keni
  • Lem
  • Pengikat
  • Sekam padi

Langkah Membuat Kolam Bundar

Langkah Membuat Potong pipa paralon dengan panjang sesuai diameter kolam ditambah lebih kurang 20 sampai 30 cm. Pipa disambung dengan keni serta dilem, pipa berperan untuk tempat pembuangan air. Sediakan tempat kolam serta diratakan selanjutnya di bagian tengah dilubangi untuk tempat pembuangan. tempatkan paralon pada lokasi yang sudah disediakan serta hadapkan keni keatas pas ditengah-tengah kolam. Timbun pipa dengan tanah supaya tidak bergerak (jika ingi bertambah kuat penutupan pipa dilaksanakan memakai semen).

Potong besi penyangga dengan panjang sesuai dengan keliling kolam serta buat melingkar selanjutnya gabungkan ujung 1 dengan ujung lainnya selanjutnya dilas supaya kuat.

Tempatkan besi penyangga di tempat yang sudah disediakan. supaya bertambah kuat bisa diberi batu bata di sekitar kolam lebih kurang 1 atau 2 tingkat selanjutnya disemen.

Pasang talang karpet mengelilingibagian dalam dari besi penyangga serta dilaksanakan pengikatan supaya tidak jatuh atau terlipat. Pengikatan dilaksanakan di bagian atas talang karpet dengan pesi penyangga serta bagian-bagian yang dibutuhkan.

  Berapakah ukuran temperatur untuk pembenihan ikan konsumsi

Masukan sekam padi pada landasan kolam dengan membenuk kemiringan lebih kurang 5 derajat dengan titik cekung ada ditengah-tengah kolam. Sekam berperan untuk alas supaya terpal tidak gampang sobek sekalian jaga temperatur kolam khususnya sisi bawah.

Tempatkan kolam terpal pada tengah kolam serta cocokkan dengan rangka yang sudah dibikin. Di bagian tengah terpal atau pas di atas lubang keni terpal dilubangi memakai kater atau gunting selanjutnya di lem dengan keni dengan rapat (janganlah sampai kendur atau kurang rapat sebab akan gampang bocor). Penempatan terpal janganlah sampai lembek beberapa atau kurang cocok sebab akan kurangi usia kolam. Di bagian atas terpal dilipat keluar (disamakan dengan rangka) selanjutnya diikat dengan kerangka.

Di bagian aliran pembuangan perlu dikasih saringan supaya ikan tidak keluar. saringan dibikin dari paralon dengan panjang lebih kurang 25 sampai 30 cm selanjutnya di bagian atas dikasih tutup. Selanjutnya paralon dikasih lubang dengan jarak lebih kurang 1 cm dari bawah sampai atas (semua sisi). ukuran lubang dibikin bertambah kecil dari ukuran lele yang kakan disebar.

Di bagian ujung paralon yang ada di luar dikasih keni menghadap keatas. Keni tak perlu di lem agar dengan gampang dilepaskan di saat panen, atau penguradan air. potong parolon dengan panjang 1 mtr. selanjutnya terpasang dikeni luar menghadap keatas. Peranan parlon untuk batasan optimal air di kolam (supaya air tidak meluber dari kolam sebab umumnya air). Kolam siap diisi air.

Banyak pembudidaya lele yang merintih tentang ongkos pengerjaan kolam yang mahal serta kemungkinan anda diantaranya. Jika ini berlangsung kepada anda, kita bisa mengakali pengerjaan kolam dengan bahan pilihan seperti mengubah rangka besi dengan memakai bambu, mengubah talang karet dengan memakai terpal yang tidak dipakai tapi masih lumayan kuat serta pilihan alternatif lainnya sesuai kreativitas anda. Mudah-mudahan artikel ini berguna selamat beternak lele mudah-mudahan sukses.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA