Inilah Cara Sortir Lele dengan Teknik yang Benar

By | Oktober 10, 2020

Sortir atau seleksi lele adalah aksi untuk menyeragamkan ukuran lele dengan pisahkan lele sesua ukurannya (pisahkan lele kecil serta lele besar). Lele perlu dipisah supaya tidak ada kanibalisme. Umumnya lele besar akan mengonsumsi lele yang makin kecil khususnya di saat mereka kelaparan atau ada lele yang loyo atau sakit.

Sikap lele kanibal tersering berlangsung di saat larut malam atau mendekati pagi. Pada saat itu umumnya lele masih aktif aktifnya serta jumlah makanan tipis atau kurang hingga lele yang besar (kuat) akan mengonsumsi lele yang kecil atau loyo.

Ada faktor-faktor yang mengakibatkan ukuran lele tidak seragam. Meskipum bibit lele dari induk yang serupa umumnya telur lele tidak menetas dengan cara bertepatan. Walau ketidaksamaan menetas cuman satu hari 2 hari akam memengaruhi waktu perkembangan khususnya di saat masih larva.

Fakror yang lain memengaruhi perkembangan lele umumnya di saat persaingan perebutan makanan ada lele yang kalah berkompetisi hingga porsi makanan yang dimakan semakin sedikit berarti nutrisi yang dimasukkan pada tubuh semakin sedikit serta pada akhirnya akan memengaruhi tingkar perkembangan.

Efek Kurang baik Jika Lele tidak disortir Efek kurang baik bila sortir tidak dilaksanakan berlangsung ketidaksamaan ukuran lele yang siknifikan hingga berkesempatan besar berlangsungnya kanibal hingga jumlah atau populasi lele di kolam akan turun tajam. Ini benar-benar bikin rugi dimulai dari bibit, pakan sampai saat yang terbuang sia sia. Fakta berikut yang menggerakkan pentingnya dilaksanakan sortir dengan cara periodik serta dilaksanakan secara baik.

Saat yang Baik Untuk Sortir Pada konsepnya lele disortir jika terjadi ketidaksamaan yang mempunyai potensi berlangsungnya kanibal. Jika bicara waktu umumnya ukuran lele nampak tidak sama lebih kurang seputar 3 mingguan. Jadi sortir lele dilaksanakan tiap nampak ada lele yang besar serta kecil lebih kurang tiap tiga minggu sekali.

lele seharusnya disortir saat pagi atau sore hari. temperatur di saat pagi atau sore bertambah sejuk hingga kurangi tingkat setres lele.

Perlengkapan Sortir

3 kolam untuk sortir

bak sortir

serokan

air tandon

ember atau baskom

Langkah Lakukan Sortir tekankan lele yang akan disortir pada kondisi sehat, satu hari sebelum waktunya penyortiran lele dipuasakan. Ini dilaksanakan untuk hindari lele jadi sakit, memuntahkan pakan serta hindari badan lele yang lecet karena tergores bak sortir. Sempat berlangsung masalah di mana lele tidak dipuasakan hasilnya lele banyak berlangsung lecet di bagian perut serta mengakibatkan situasi kesehatan turun serta banyak yang mati.

sediakan kolam yang akan dipakai untuk menyortir upayakan tidak jauh dari kolam penting lele, selanjutnya isi kolam dengan air dengan ketinggian lebih kurang 30 sampai 40 cm. upayakan temperatur air kolam serta susu kolam sortir tidak mempunyai ketidaksamaan yang jauh. janganlah lupa kerjakan rekonsilasi pH air supaya lele tidak setres.

sediakan bak sortir yang sesuai ukuran lele (sediakan bak sortir dalam 3 ukuran).

turunkan air di kolam supaya mempermudah dalam ambil lele. serok lele memakai serokan yang sudah disediakan selanjutnya letakkan pada ember.

masukan lele di dalam bak sortir yang sudah disediakan pada ukuran yang kecil dulu. masukan 1/2 sisi bak di dalam kolam selanjutnya diamkan lele yang ukurannya kecil keluar dari lubang bak sortir.

sesudah lele kecil keluar pundahkan kekolam sortir ke-2, lele yang ada di bak sortir pertama dipindah ke bak sortir yang ke-2 selanjutnya celupkan bak sortir kekolam sampai lele kecil keluar. sesudah usai alihkan ke kolam ke-3.

sesudah sortir usai masukan lele pada kolam yang sudah disediakan sesua dengan ukuran sortir (jadi 3 kolam).

Demikian tulisan tentang langkah sotir lele kesempatan ini mudah-mudahan berguna. Salam dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.