Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

By | November 1, 2019

Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan – Salah satu keistimewaan ikan nila di bandingkan dengan ikan jenis lainnya ialah kebiasaan yang memakan segalanya atau ominivora. Dikalangan pemancing ikan nila termasuk ikan yang mudah untuk di pancing. Akan tetapi terkadang ikan nila juga susah untuk makan atau mogok makan ketika di pancing. Sebenarnya ada beberapa fakor yang membuat ikan susah makan salah satu penyebabnya adalah kondisi air dan cuaca.

ilustrasi orang mancing ikan

Berikut ini beberapa trik untuk mengatasi ikan nila yang susah makan umpan atau mogok makan.

  1. Membuat air menjadi agak sedikit keruh.

Yang harus Anda lakukan adalah membuat kondisi air menjadi  keruh, karena ikan nila memiliki pengelihatan dan penciuman yang sangat tajam, oleh sebab itu kita harus membaut air menjadi keruh. Selain itu kondisi air yang keruh sangat disenangi oleh ikan nila.

  1. Jangan Melempar umpan pancing terlalu kencang.

Apabila melempar umpan pancing terlalu kencang ikan-ikan disekitar akan pada kaget dan akan kabur, sebaiknya Anda melempar umpan tidak terlalu kencang.

Apabila Anda menggunakan bandul atau pelampung gunakanlah bandul yang tidak terlalu besar agar ikan nila tidak menjauh dari bandul. Apabila menggunakan bandul yang terlau besar, ikan nila akan menjauhi benda aneh yang terapung tersebut.

  1. Mengganti Racikan Umpan

Apabila ketiga cara diatas tidak berhasil, maka tambahkan cara ini. Saran racikan adalah sebagai berikut :

  • Gunakan racikan umpan Lumut. Lumut banyak digunakan oleh para pemancing sebagai umpan memancing ikan nila, karena umpan jenis ini mudah untuk dicarai dan bisa dibilang paling jitu. Akan tetapi tidak semua lumut dapat digunakan sebagai umpan, jenis lumut yang bisa digunakan adalah lumut yang sering ada di bebatuan sungai, sawah dan selokan. Lumut jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan berwarna hijau cerah.

Simak Juga  : 7 Racikan Umpan Ikan Nila Liar Yang Susah Makan

Berikut ini cara membuat umpan ikan nila dari lumut

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan lumut dengan garam dan sari pandan. Tambahkan air secukupnya kemudian diamkan selam 30 menit. Sari pandan digunakan untuk menarik perhatian ikan nila, sedangkan garam membuat lumut lebih lemas dan tidak mudah lepas dari kail pancing.

  • Racikan Mie Instan

Umpan mie instan biasanya digunakan apabila umpan lumut sulit untuk didapatkan. Mie instan digunakan sebagai umpan memang terdengar aneh, namun ternyata umpan ini snagt manjur untuk mendapatkan ikan nila.

Berikut ini cara membuat umpan ikan nila dari Mie Instan

  • Ulek mie intan hingga benar-benar halus. Setelah Halus campurkan dengan kuning telur dan bawang putih, Ulek benar-benar merata. Usahkan jangan memberi air karena akan membuat adonan menjadi mudah hancur jika digunakan.
  • Selain menggunakan umpan buatan Anda juga dapat menggunakan umpan alami seperti cacing. Gunakanlah cacing yang hidup di pohon pisang usahakan yang sudah membusuk.

4. Gunakan Piranti yang mudah untuk melempar umpan. Ketika kail umpan dilempar dan sudah masuk ke dalam air. Main umpan dengan ditarik pelan-pelan. Dengan begitu akan membuat umpan bergoyang-goyang, gerakan inilah yang menarik perhatian ikan nila dan akan membuat nila menyambar umpan tersebut.

5. Berdasarkan dari pengalaman dari beberapa pecinta mancing yang sudah saya temui, Ikan nila yang hidup liar selalu bergerombolan dan ikan nila liar biasanya mencari makan di tepi atau pinggiran sungai/waduk/kolam atau danau.

Perlu Pemancing mania ketahui waktu yang paling tepat untuk  memancing ikan nila adalah ketika musim hujan. Karena pada musim hujan kandungan oksigen di dalam air semakin meningkat. Kandungan oksigen yang tinggi membuat ikan nila menjadi lebih cepat lapar dan lebih sering untuk mencari makan.

Simak Juga  : Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Besar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua apabila saran dan kritikan silakan komentar dibawah. SALAM  JORAN MELENGKUNG!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.