Cacing Tanah Berkembang Biak Dengan Cara

By | November 2, 2019

Cacing tanah merupakan hewan yang memiliki kelamin ganda, yakni kelamin jantan dan betina. hewan yang memiliki dua kelamin dalam satu tubuh disebut dengan Hermaprodite. Meskipun memiliki dua kelamin cacing tidak dapat membuahi dirinya sendiri.

Pembuahan tidak akan terjadi tanpa adanya bantuan cacing lain. Perkawinan dilakukan dengan cara melekatkan bagian belakang dengan posisi yang saling berlawanan dan diperkuat dengan seta.

ciri-ciri cacing tanah

cacing tanah

Pada saat itu klitelium (alat kelamin) masing-masing akan mengeluarkan lendir untuk melindungi spermatozoa yang dihasilkan oleh alat kelamin jantan masing-masing spermatozoa kemudian akan masuk ke dalam kantong penampungan sperma dari pasangannya, selanjutnya membentuk selubung cocon (telur cacing) yang bergerak ke arah mulut.

Untuk Mengetahui Cara Mengelolah Cacing Tanah Mejadi Pakan Ternak Silakan Klik Disini.

Pada waktu melalui lubang penampung sperma masuklah spermatozia ke dalam cocon dan terjadilah pembuahan, selubung cocon harus bergerak ke arah mulut hingga terlepas dari cacing tanah dan membentuk cocon. Cocon kemudian diletakkan di tempat yang lembab dan akan menetas dalam kurun waktu 14-21 hari.

Satu cocon dapat menghasilkan antaran 4 – 7 ekor anak cacing. Cacing tanah menjadi dewasa setelah berumur 2 – 3 bulan dan siap berkembang biak. Setiap 7 – 10 hari cacing tanah akan menghasilkan 1 – 2 cocon, akan tetapi biasanya tidak semua cocon akan menetas. Baik tidaknya telur tergantung dengan kondisi lahan dan pakan yang diberikan setiap harinya.

Masa produktif cacing tanah untuk bertelur yakni pada usia 4 – 7 bulan, atau hanya selama 3 bulan. Apabila sudah lebih ari tiga bulan maka cacing sudah tidak produktif lagi.

Satu butir telur cacing tanah dapat menetas antara 4 -7 anakan cacing, dalam kurun waktu paling lama 21 hari. apabila diperediksi, setiap satu telur dapat menetaskan 5 ekor cacing itu berarti selam kurun waktu 3 bulan (masa produktif cacing tanah), 1 ekor cacing akan berkembang biak menjadi 5 X 13 = 65 ekor. Atau dapat dikatakan, selama 7 bulan, 1 ekor cacing tanah akan berkembang biak menjadi 65 ekor.

Menurut beberapa petani cacing, setiap cacing mampu menghasilkan 1000 ekor pertahunnya.

Cocon atau telur cacing berbentuk lonjong, sebesar setengah kepala korek api dan berwarna kuning kecoklatan. Untuk mengetahui cacing telah dewasa dan siap untuk berkembang biak adalah dengan melihat gelang yang ada dilehernya. Apabila cacing sudah bergelang maka itu menandakan cacing sudah dewasa.

Baca Juga  : Panduan Lengkap Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Pemasarannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.