Bagaimana Cara Kerja Traktor Pegas

By | September 17, 2020

Bagaimana Cara Kerja Traktor Pegas – Traktor pegas adalah traktor yang bergerak menggunakan bantuan gaya pegas. Yang biasanya dapat kita jumpai pada ketapel, gaya pegas yang dihasilkan dari karet yang di ikat ke paku dan poros roda yang meregang. hal ini akan membuat traktor bergerak karena adanya gaya pegas.

Pada saat roda diputar ke belakang, karet akan menggulung pada bilah bambu. Sehingga karet menjadi kencang. Gaya pegas ini dapat menggerakkan traktor bergerak maju.

Adapun prinsip kerja traktor pegas yaitu traktor pegas dapat bergerak karena ada karet .saat roda diputar kearah belakang ,karet akan tergulung ,pada bilah bambu. Akibatnya karet menjadi kencang.

Bagaimana Cara membuat Traktor Pegas
Berikut ini alat dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat traktor pegas sederhana :

  1. Tutup wadah sabun
  2. Bilah bambu 2 buah
  3. Plester
  4. Karet gelang
  5. Sandal jepit bekas
  6. Penggaris
  7. Gunting
  8. Paku besi berukuran sedang
  9. Penjepit
  10. Lampu spiritus
  11. Korek api

Cara Pembuatan :

  1. Pertama-tama Buatlah 4 roda dari sandal jepit. Setiap roda berdiameter kurang lebih 3 cm.
  2. Setelah itu Panaskan paku besi. Gunakan penjepit untuk memegang paku. Berhati-hatilah saat menggunakan api dan benda panas.
  3. Dalam keadaan panas, gunakan paku untuk melubangi tutup wadah sabun. Buat dua lubang sejajar pada sisi kanan tutup wadah sabun. Lakukan hal yang sama pada sisi kirinya. Lubang di sisi kanan sejajar dengan sisi kiri. Perhatikan gambar (a).
  4. Jika sudah selesai. Tusukkan bilah bambu pada lubang hingga tembus pada kedua sisi. Perhatikan gambar (b).
  5. Pasangkan roda pada setiap ujung bilah bambu. Bagian beroda menjadi bagian bawah.
  6. Lubangi bagian atas tutup wadah sabun. Lubang dibuat dekat dengan roda bagian depan. Masukkan paku pada lubang tersebut. Plesterlah paku agar tidak goyah.
  7. Guntinglah karet gelang. Ikatkan salah satu ujungnya pada paku.
  8. kemudian Ikat ujung karet yang satunya pada kayu roda belakang.
  9. Ujilah traktor pegas hasil karya kalian. Caranya, putar roda ke arah belakang. Karet akan tergulung pada bilah bambu. Setelah itu, lepaskan traktor dan amati yang terjadi.
gambar traktor pegas
traktor pegas

Kesimpulan

Traktor bisa bergerak karena adanya gaya pada karet. Ketika roda di putar ke arah belakang, karet akan menggulung bilah bambu. Hal ini akan menyebabkan karet menjadi kencang, Sedangkan ketika traktor dilepaskan, gulungan karet akan ikut terlepas juga. Traktor bergerak maju bersamaan dengan terlepasnya gulungan karet. Gaya yang bekerja pada traktor adalah gaya pegas. Karenanya, traktor tersebut biasa disebut traktor pegas. Gaya pegas yang bekerja pada traktor dapat menyebabkan traktor bergerak maju.

Sumber :

https://mathemathikaku.blogspot.com/2017/03/penerapan-gaya-dan-gerak.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.