Cara Menyetel Velve Mesin Disel

By | Desember 24, 2020

dewitani.com – Ada beberapa jenis elemen yang ada dalam mesin diesel baik itu memiliki bahan bakar bensin atau memiliki bahan bakar solar ,masing-masing elemen itu sama-sama memberikan dukungan dan terkait keduanya untuk hasilkan perform mesin yang kuat dan andal, untuk tiap elemen pada mesin diesel memiliki pekerjaan dan performa sendiri-sendiri, oleh karenanya untuk setiap elemen itu jangan ada yang hancur atau memiliki masalah sebab ini bisa memunculkan permasalahan yang lumayan serius untuk mesin diesel itu.

Kesempatan ini saya pengin mengulas sedikit mengenai elemen pada mesin diesel yang ini yakni klep atau valve atau katup mesin, elemen yang ini memiliki peranan yang penting untuk memberi perform dan kemampuan yang luar biasa. klep atau valve ini cuman ada di mesin 4 stroke atau empat cara yang ada di bagian silinder head dari mesin diesel itu, sedang untuk mesin yang tidak memakai klep atau valve yakni mesin memiliki kekuatan 2 stroke, umumnya ada pada mesin potong rumput atau jenset tipe portable.

Peranan klep ini penting hingga elemen mesin yang ini harus selalu dilakukan perawatan secara periodik supaya mesin diesel tidak alami permasalahan perform yang turun, oleh karenanya untuk penggunaan mesin diesel ini harus sama standard yang di referensikan supaya performa klep atau valve tidak terlalu berlebih dan tidak cepat memunculkan kerusakan yang cukup bermakna.

dan untuk perawatan saat mesin diesel di taruh memengaruhi kerusakan pada klep, saat mesin tidak di pakai upayakan klep harus pada status tertutup rapat ke-2 nya atau pada status hebat, hingga dibagian klep tidak ada hampa udara yang dapat memengaruhi kemampuan klep untuk periode yang lama.

Berikut ini Cara Menyetel Velve Mesin Disel Pada Traktor

Posisikan piston pada posisi Top Kompresi

Putar fly wheel sejalan dengan perputaran kerjanya (terbalik dengan arah jarum jam) memakai tangan sampai berasa ada kendala/berat (status kompresi). Selanjutnya ambil tuas dekompresi hingga fly wheel gampang digerakkan. Sejajarkan sinyal garis (ada huruf “T”) pada fly wheel dengan tanda top kompresi (benjolan) pada cooling fan cover dengan memutar fly wheel searah perputaran kerjanya. Sama dalam gambar di bawah.

Buka cylinder head cover menggunakan kunci socket atau kunci T ukuran 10 mm

Pelepasan cylinder head cover
Cylinder head cover yang sudah terlepas

Atur jarak celah katup ex dan in sehingga memiliki jarak celah sebesar 0,2 mm

Kendorkan lock nut dari screw rocker arm memakai kunci ukuran 12 mm sampai decompression adjusting screw gampang diputar. Putar decompression adjusting screw memakai obeng flat (-) / flat screwdriver.

Lantas mengatur jarak di antara rocker arm dengan ujung tangkai valve jadi sebesar 0,2 mm. Pengukur ini dulakukan dengan memakai feeler gauge. Kerjakan cara sama untuk geprekelan katup in.

Penyetelan katup Ex.

Pasang kembali cylinder head cover

Pemasangan cylinder head cover

DemikianLah Ulasan singkat Mengenai Cara Menyetel Velve Mesin Disel. Semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semua….

sumber gambar :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.