Cara Melepas Dan Memasang Seal Oli Traktor

By | Desember 24, 2020

dewitani. com – Dalam suatu mesin ada mekanisme pemulasan, di mana peranan oli untuk memberi pelindungan pada elemen yang sama-sama bersinggungan supaya tidak aus karena itu oli selalu harus dijaga dan dicheck baik kualitas dan jumlah oli.

Sepanjang penggunaan normal jumlah oli akan sedikit menyusut tapi bila berlangsung kebocoran oli akan cepat menyusut, salah satunya masalah kebocoran yang kerap berlangsung ialah kebocoran pada seal oli. Peranan seal oli sebagai perapat untuk jaga oli tidak keluar, seal yang biasa ada di mesin ialah pada status crankshaft dan camshaft.

Seal ini berupa bundar dibuat dari bahan seperti karet yang kuat di mana dibagian dalamnya ada pegas melingkar yang berperan untuk jaga kerapatan seal dengan logam, sebab dibuat dari karet lama-lama bila terserang panas lagi karakter elastisitasnya akan raib dan beralih menjadi kaku hingga rawan berlangsung kebocoran, tapi ada pula masalah di mana sesudah seal di tukar tidak berlalu lama bocor kembali lagi ini bisa saja sebab salah penempatan.

Cara Melepas Seal Oli Traktor

  1. Buka lah baut tap oli pada bagian bawah gardan
  2. Kuras oli gardan lebih dulu dengan bantuan manual atau bantuan alat kompresor
  3. Lepas 4 biji baut m8 yang mengikat seal housing dengan main bearing housing.
  4. Ambil as roda menuju luar secara rata. As roda akan ketarik keluar bersama-sama dengan seal housing, oil seal(2 buah), bearing luar, main collar dan snap ring.
  5. Periksalah oli seal dan bearing, tukar bila oil seal atau bearing telah tidak bagus.
  6. Untuk memudahkan penempatan,berikan grease/gendut seperlunya dan pasang oli seal pada seal housing lebih dulu.
  7. Untuk penempatan dapat membalik langkah pelepasanya
  8. Isi gardan dengan oli yang baru dengan SAE 90-140 sekitar 5 liter.

Cara Memasang Seal Oli Pada Traktor

Bila proses melepaskan seal oli termasuk lumayan gampang, berlainan dengan proses menempatkan seal oli, penting untuk Anda untuk waspada sebab ada banyak hal yang penting diingat saat penempatan, salah satunya adalah :

  1. Check keausan
    Hal pertama yang penting diingat adalah check dan saksikan apa shaft tidak alami keuasan saat pengin menempatkan seal. Bila ada keuasan umumnya akan nampak dengan sinyal sedikit ada goresan melingkar di sisa status seal yang lama. Bila ada keausan saat sebelum Anda memasangseal yang baru, Anda bisa melepaskan pegas pada seal bar yang berupa lingkaran dan terlepas ikatannya dengan diputar seperti ulir biasa hingga sesudah dilepaskan memiliki bentuk memanjang, potong sedikit seputar 1-2 mm pada ujung yang rata (ujung pegas berlainan satu lancip dan satu rata) selanjutnya kembali lagi pasang. Hal itu dikerjakan untuk jaga tingkat kerapatan seal, tapi bila shaft ada dalam kodisi normal, Anda tak perlu lakukan hal itu.

2. Status luar dalam


Waktu penempatan, Anda pun perlu lihat sisi dalam dan luar. Sisi yang cekung adalah sisi dalam, berarti sisi ini yang menghadap ke mesin, sedang sisi luar yang rata menghadap ke Anda (pemasang).

Status penempatan seal yang tidak pas atau kebalik bisa memunculkan kebocoran cuman dalam kurun waktu 1 minggu saja.

3. Presisi dan rata


Kecuali status, poin utama yang penting Anda lihat dalam penempatan seal oli adalah presisi dan kerataan. Yakinkan waktu penempatan, status seal harus betul-betul rata, ini pasti mewajibkan Anda untuk lebih cermat dan waspada sebab penempatan jangan begitu dalam.

Penempatan seal dikerjakan dengan dipukul perlahan, Anda pun harus lihat alat yang dipakai, bila Anda memakai palu seharusnya pakai palu plastik atau pakai alat spesial yang lain bisa menempatkan seal oli supaya presisi dan aman.

Kerjakan penempatan dengan menyesuaikan ukuran lingkaran seal lalu jam perlahan sampai tempatnya pas. Saat sebelum penempatan seal ini, Anda dapat memberikan sedikit susunan oli atau rubber grease pada permukaan dalam seal oli.

Begitu info tentang langkah melepaskan seal oli traktor yang betul, diinginkan adanya info ini bisa menambahkan pemahaman anda mengenai panduan pelepasan dan pemasangan seal trakor yang benar dan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.