8 Cara Mengatasi Lovebird Gestang Agar Mau Kawin

By | Desember 28, 2019

Gestang atau gesek tangkringan merupakan sebuah kebiasaan aneh dari siburung cantik ini. Pada umumnya gestang terjadi ketika burung sedang birahi atau sedang ingin ngwe. Bagi pencinta lovebird pemula mungkin berfikir jika ini merupakan kelainan yang disebabkan karena burung sedang sakit atau stress.

Gesek angkringan biasa terjadi pada lovebird jantan yang sudah mau kawin, Akan tetapi tidak menutup kemungkinan gesek tangkringan terjadi pada lovebird betina. Lovebird yang sedang gestang ditandai dengan lovebird terlihat menggesek-gesek supit tempat bertenggernya, sama seperti lovebird sedang kawin. Ciri lain dari lovebird sedang gestang adalah ia selalu mengepakkan sayapnya (Mesawat).

Gestang tidak boleh dianggap remeh jika tidak di atasi dengan benar maka akan mempengaruhi kesehatan dan kondisi sikis burung lovebird kesayangan Anda. Dampak lain yang ditimbulkan dari gesek tangkringan adalah menurunnya reproduksi burung itu sendiri karena lovebird yang sudah parah gestang akan cendrung tidak ingin mengawinkan lawan jenisnya. Selain karena faktor birahinya, Gestang juga dapat terjadi karena perawatan atau pemberian pakan yang asal-asalan.

Penyebab Lovebird gestang 

Berikut ini penyebab lovebird gesek tangkringan :

  • Over Birahi atau birahi yang berlebih yang biasanya terjadi pada lovebird jantan, hal ini dapat terjadi Karena sudah terlalu lama sendiri, pada umumnya Over birahi terjadi pada burung yang dipelihara sendirian dari paud hingga dewasa.
  • Burung sedang stress
  • Terlalu banyak memberikan pakan yang mengandung protein
  • Burung sedang kurang sehat
  • Lovebird jarang dimandikan
  • Waktu penjemuran yang terlalu lama
  • Pemberian extra foodsing yang tidak terkontrol.

Bagi peternak lovebird yang memiliki banyak lovebird betina, tentunya lovebird jantan yang sudah over birahi dan gestang sangat menguntungkan, karena jika disatukan dengan lovebird betina akan cepat berjodoh dan cepat untuk bertelur.

Akan tetapi jika lovebird gesek angkringan terjadi pada lovebird yang dijadikan kicauan harian maka akan menjadi masalah yang serius apabila tidak segera ditangani..

Dari penyebab-penyebab diatas dapat ditangani dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Angkringan

  1. Mengganti sangkar yang digunakan

Lovebird yang suka gesek tangkringan dapat dipindahkan ke sangkar soliter yang diletakkan jauh dari lovebird-lovebird lainnya. di dalam sangkat tersebut tidak perlu dipasang tangkringan, cukup pasang tempat pakan dan minum. Pemindahakn sangkar ini bertujuan untuk menurunkan birahi lovebird.

2. Tidak memasang angkringan di dalam sangkar

Jika Anda tidak memiliki kandang soliter, Maka untuk mengatasi gestang Anda hanya cukup melepaskan angkringan di dalam sangkar. Jika tidak ada angkringan maka secara otomatis lovebird akan berhentik gestang. Jika sekiranya birahinya sudah stabil maka Anda dapat meletakkan tangkringan kembali di tempat semula.

Dan jika Memang burung lovebird tersebut diperuntukan untuk singel fighter maka sebaiknya anda mengganti tangkringan dengan bentuk yang lain seperti bentuk kota atau menggabungkan dua buah tangkringan menjadi satu dengan maksud supaya lovebird tidak bisa gesek-gesek di tangkringan.

Selama proses ini Anda harus sering melihat perkembangan burung lovebird tersebut, sambil anda mengota-gantinya dengan model tangkringan yang lain.

3. Tidak memberikan pakan Extra Fooding (EF)

EF merupakan makanan ekstra tambahan yang kita berikan ke burung lovebird. Biasanya EF diberikan ke burung sebagai tambahan asupan gizi dan nutrisi yang tidak didapat di alam liar. Akan tetapi pemberian EF ketika burng Lb sedang gestang tidak dianjurkan karena malah akan meningkatkan birahi lovbird.

Lantas apa saja makanan yang termasuk kedalam Extra Fooding ???

Jawabannya adalah :

  • Kangkung
  • Jagung muda
  • Biji Bunga matahari
  • Biji kenari
  • Biji Fumayin
  • Biji kacang merah
  • Biji kacang hijau
  • kacang tanah
  • kedelai
  • Buah Apel
  • Sawi putih
  • Pepaya
  • Tulang sotong

Selama dalam fase gastang, Usahakan anda tidak memberikan makanan-makanan diatas, Anda dapat menggantinya dengan millet putih hingga burung kembali normal.

4. Beikan Pakanan penurun birahi Lovebird

Untuk menurunkan birahi Lb anda dapat menggunakan mentimun. Timun mengandung banyak air, yang dapat membantu dalam mengurangi birahi lovebird. Usahakan berikan timun pada pagi hari, karena pada pagi hari lovebird masih merasa lapar dan dapat memakan apa saja termasuk mentimun.

Selain mentimun Anda dapat juga memberikan daun kemangi, Biasanya pada awal-awal pemberiannya lovebird tidak akan memakan daun kemangi yang Anda berikan. Karena lovebird kurang menyukainnya. Agar burung lb mau memakannya Anda hanya cukup tidak memberi pakan selain daun kemangi.

Ketika lovebird sudah merasa lapar, maka mau tidak mau ia akan memakan daun kemangi tersebut.

Selain memberi mentimun dan daun kemangi, Anda juga dapat memberikan gabah bengkok, Menurut para pencinta lovebird gabah bengkok dapat menurunkan birahi lovebird yang terlalu tinggi.

5. Tidak Memberi Makan Pada Malam Hari

Usahakan tidak memberi makan pada malam hari karena salah satu penyebab lovebird memiliki birahi tinggi ialah karena pasokan karbohohidrat pada malam hari. Anda dapat mengambil tempat pakannya pada malam hari dengan begitu ia tidak akan bisa makan. Menurut beberapa kicau mania cara ini lumayan efektif untuk menurunkan over birahi pada lovebird.

6.  Memandikan Lovebird Pada Malam Hari

Dari sejak dulu, cara ini memang terbilang sangat ampung dalam menurunkan birahi burung lovebird yang sedang over birahi. Mandi malam dilakukan pada malam hari di atas jam 7 malam. Hawa dingin dapat membuat birahi lovebrid menurun.

Akan tetapi Anda perlu berhati-hati ketika ingin memandikan lovebird pada malam hari, Pastikan cuaca sedang tidak hujan, karena suhu yang terlalu dingin juga tidak baik bagi kesehatan lovebird. Efek positif lain yang didapat dari memandikan lovebird pada malam hari ialah dapat membuat burung lebih gacor.

Jika tidak sempat untuk memandikannya pada malam hari, Anda dapat memandikannya pada pagi, siang dan sore hari. Cara ini juga manjurr untuk menurunkan birahi lovebird, selain ini mandi pada siang hari dapat membantu menurunkan stress dan memperkuat bulunya.

7. Jangan Terlalu Lama Melakukan Penjemuran

Selama masih dalam fase gasteng, sebaiknya kurangi waktu untuk penjemurannya atau anda dapat menjemurnya dua kali dalam sehari dengan durasi yang tidak lama yakni berkisar 5 hingga 15 menit saja. Waktu terbaik untuk melakukan penjemuran adalah di bawah jam 9 pagi. Setelah dirasa cukup melakukan penjemuran. Lakukan mengangin-anginkannya atau menaruh di tempat yang teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.

8.  Mengawinkan Lovebird

Langkah terakhir dalam mengatasi gasteng adalah menyatukan lovebird jantan dan betina. cara ini menurut kami paling jitu agar lovebird kesayangan Anda tidak lagi Gestang.

Demikian Ulasan singkat mengenai cara mengatasi gestang atau gesek tangkringan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika Ada pertanyaan silakan komentar dibawah..

Baca Juga  :

3 Makanan Wajib Ketika Lovebird Mengerami

Panduan Lengkap Membuat Jamu agar Lovebird Ngekek Panjang

6 Keistimewaan Lovebird Lutino Mata Merah Yang Jarang diketahui Penghobby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.