Inilah Arti Capung Masuk Rumah Menurut islam

By | Desember 19, 2019

Capung atau Dragonfly termasuk hewan purba yang sudah mengalami beberapa kali evulusi hingga pada bentuk yang sekarang ini. Diperkirakan capung sudah hidup sejak 300 juta tahun yang lalu.

Dibeberapa daerah capung memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti di Jawa disebut dengan Kinjeng, Papatong (Sunda), Kasasiur (Banjar), dan lain sebagainnya.

Biasanya Capung dapat dijumpai di daerah yang dekat dengan sumber air, seperti sungai, danau, kolam, atau pinggir pantai. Salah satu tanda jika kondisi air disuatu daerah dalam kondisi baik ialah adanya capung.

Hewan yang memiliki beranekaragam warna dan corak ini, ternyata memiliki beberapa mitos ketika masuk ke dalam rumah. Dibeberapa daerah ada yang menyakini jika binatang ini masuk ke dalam rumah secara tiba-tiba. Maka itu merupakan sebuah pertanda akan terjadi sesuatu.

Setidaknya ada dua mitos yang berbeda mengenai capung yang masuk ke dalam rumah. Yakni capung yang masuk ke pada malam hari dan yang masuk pada siang hari. Waktu yang berbeda ini memiliki makna yang berbeda juga berdasarkan mitos yang telah ada.

Mitos capung masuk rumah ketika malam hari

Capung yang masuk ke dalam rumah pada malam hari secara tiba-tiba, menurut mitosnya itu merupakan pertanda dari sebuah kesialan atau pertanda buruk yang akan menimpa salah satu anggota keluarga di rumah yang dimasukki capung tersebut.

Mitos ini banyak berkembang di daerah Toba, sebagian mereka percaya jika capung yang masuk ke dalam rumah adalah kiriman dari seseorang yang ingin berbuat buruk. Biasanya untuk mencelakai salah satu anggota keluarga yang berada di dalam rumah itu.

Oleh sebab itu, Masyarakat Toba yang masih mempercayainya Akan langsung membunuh capung yang masuk ke dalam rumah. Untuk menghindari dari kesialan yang dibawa capung jika dibiarkan tetap hidup.

Mitos capung masuk ke dalam rumah ketika siang hari

Hal ini akan berbeda jika capung masuk ke rumah pada siang hari, sebagian masyarakat percaya jika itu adalah pertanda baik, Salah satunya ialah pertanda akan datang musim hujan setelah musim kemarau yang berkepanjangan. Selain itu, capung dipercaya sebagai pembawa keberuntungan kepada anggota keluarga yang berada di dalam rumah tersebut.

Arti Capung Masuk Rumah Menurut islam

Sebenarnya tidak ada hadist-hadits yang menjelaskan arti capung masuk ke dalam rumah, Jadi didalam Islam tidak ada makna capung masuk ke rumah baik itu siang ataupun malam itu hanya kebetulan saja..

Pada kenyataannya, capung yang masuk ke dalam rumah pada malam hari karena dia merasa lapar, setelah masuk kedalam rumah, capung akan terbang kemana-mana untuk mencari makanan yakni berupa nyamuk yang berada di dalam rumah. Selain itu, hal lain yang menarik capung untuk datang kerumah pada malam hari ialah karena ada pancaran sinar lampu di dalam rumah.

Baca Juga :

Arti Ular Masuk Kedalam Rumah Menurut Ilmu Kejawen

Arti Kupu-kupu Masuk Kedalam Rumah Pada Malam Hari

Arti Kumbang Hitam Masuk Rumah Pada Malam dan Siang Hari

18 thoughts on “Inilah Arti Capung Masuk Rumah Menurut islam

  1. Anonim

    Terlepas dari mitos atau tidak sya mnglami sndiri ktika seekor cpung msuk kdalam rumah sya,skitar jm 7 mlam msuk kekmar dia terbang berputar putar agak lma tpi sya membiarknya karena sya tidak brpikir negatif atau macam macam tntang hewan itu aplgi untuk membunuhnya akhirnya sya mmbiarknya pergi selang bebrapa hari anak sya skit panas, akirnya berobat kpusksmas tpi ga sembuh ke dokter juga ga sembuh akhirny dirwat krumh skit jga ga smbuh mlah akhirya dia mninggal di rm skit sya sedih bnget, yg sya heran tnya dokter blum tau skit apa smpai skrang.

    Reply
    1. Regar

      Bisa sama ya kejadiannya..saya kejadian yg menimpa muchamad nasucha..不不五五五

      Reply
  2. Muchamad nasucha

    Terlepas dari mitos atau tidak sya mnglami sndiri ktika seekor cpung msuk kdalam rumah sya,skitar jm 7 mlam msuk kekmar dia terbang berputar putar agak lma tpi sya membiarknya karena sya tidak brpikir negatif atau macam macam tntang hewan itu aplgi untuk membunuhnya akhirnya sya mmbiarknya pergi selang bebrapa hari anak sya skit panas, akirnya berobat kpusksmas tpi ga sembuh ke dokter juga ga sembuh akhirny dirwat krumh skit jga ga smbuh mlah akhirya dia mninggal di rm skit sya sedih bnget, yg sya heran tnya dokter blum tau skit apa smpai skrang.

    Reply
    1. Nazarudin Post author

      Percaya atau nggk percaya hewan yang masuk ke dalam rumah kadang menjadi pertanda akan terjadi sesuatu, saya pun sudah pernah mengalaminya jugaa..

      Reply
    2. Ozy

      Saya juga baru malam ini barusan,..
      Ya sekitar masuk jam 7 malam, tambah lagi ini malam Jumat,…
      Dan gatau kenapa anak saya rewel sekali malam ini, tepat sekitar jam 12 anak saya rewel, padahal umur bayi saya masih 5 hari,…
      Kata mertua saya ambil tu capung terus bunuh dan buang keluar……
      Kemudian saya lakukan itu…….
      Mudah mudahan gada kendala apa apa yg menimpa sama keluarga saya nantinya…….

      Reply
  3. Ningsih

    Hari ini hari jumat… Tiba2 ada capung masuk rumah, pas mau saya tangkap, dia malah pergi, tp masih sekitan rumah… Cuma saya gk tau dia dimana, semoga ini pertanda baik…

    Reply
  4. Anonim

    iya saya lgi ngerasain semalem ada capung masuk rumah eh tdi barusan ada capung masuk lgi capung y juga sama yg itu mirip bgt.. Sya penasaran kenapa malem dan siang ada capung mulu terbang” Di dalam rumah,akhir y sya nyari” Di google sya lgsung istighfar astagfirullah semoga g ada apa”semoga semua y baik” saja semoga keluarga sya mau yg di kampung maupun yg di sini semoga selalu dlm lindungan Allah swt amin…..

    Reply
  5. Anonim

    Jadi tuh gini, beberapa hari yang lalu ada capung yang masuk kamar tapi aku anggap biasa aja. Malem berikutnya eh ada lagi capung masuk ke kamar aku, jadinya aku video in tuh capung buat jadiin status tpi ujung2 nya ngak jadi di post. Malem berikutnya lagi eh ada lagi capung yg masuk kamar aku, trus capung itu terbang hampir banget singgah di muka aku, untungnya aku kibas pake tangan. Disini aku malah kaget jadinya aku search di google trus nemu blog ini, pas aku liat makin kaget +istighfar.
    Semoga ngak ada hal buruk.
    Tapi aku baru sadar pas search google klo aku emang gatal2 satu badan+muka ku jadi merah2 kayak alergi dari hari2 sebelumnya. Ngak tau penyebab nya apa. Padahal aku ngak alergi makanan. Trus tempat tidur aku bersih .
    Paling anehnya lagi tuh capung datang antara jam 2-3 an.

    Reply
    1. Anonim

      Sebelum muka ku gatal2 temen2 ku pada bilang klo muka aku mulus. Aku juga pernah post foto di sosmed aku. Setelah itu muka ku jadi perih, gatal+merah2 sampe leher aku

      Reply
  6. Anonim

    5 harivyabg lalu,,ada capung masuk rumah saya pas saya baru pulang dari masjid,,lalu capung itu di mainin sama ponakan saya…lalu saya bilang..jangan di becek2,kasihan,,lepasin aja..lalu di lepasin,,dan dia tetep terbang di dalam rumah,,dan tidak ada 1 keanehanpun terjadi dibtempat saya…hehe…percayalah,,ALLAH MAHA SEGALA2NYA,,

    Reply
    1. Andik

      Sekitaar jam 7 kurang 翹 kok tiba2 ada capung terbang2 di kamar saya dan menempel di tembok dekat lampu terus saya tangkap dan saya injak2 sampai lembut .. semoga tdk terjadi apa2 dgn hal seperti itu.

      Reply
  7. Sabrina

    Jam 7 mlm ada capung masuk rumah,ank sya mau nangkepnya trs sya blng “jngn”biarin aja lepasin aja kasian.
    Trs di lepasin sma ank sya keluar.
    Eeh,ga taunya 2mnt kemudian masuk lg tu capung,terbang2 ke atas,trs happp kpalanya di mkn cicak bdnnya jatoh ke lantai.
    Yaudah sya kasi aja sma ayam.
    Hasbunallah wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’mal nasyir.

    Reply
  8. busyah

    setelah juamatan seekor capung masuk kerumah dan sampe malam masih di dalam ..ditangkap langsung dilepas keluar rmh mlm nya.. alhamdulillah ga gigit

    Reply
  9. Uknown

    Ada capung masuk kerumah saya malam malam dan saya baca artikel ini trus gw bunuh capungnya gw masukin ke kulkas bagian atas agar capungnya mati dengan cara tersiksa

    Reply
  10. Anonim

    Pas jam 00 hari ini sy jg sm ada capung masuk rumah, mudah2an tdk ada apa2 仆 mudah2an allah menjaga keluarga sy….tp kepikiran terus takut nya ada apa2. Naudzubillahimindzalik….astaqfirullahalladzim

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.