Inilah Tips Mudah Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara

By | November 12, 2019

Bunga Tapak dara – Termasuk ke dalam salah satu tanaman hias yang banyak ditaman di pekarangan rumah. Selain itu Tanaman ini bukanlah tanaman asli dari Indonesia, dipekirakan tanaman ini berasal dari Madagskar. Di beberapa daerah Tanaman hias ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Seperti, Kembang tapak dara (Jawa), Sindapor (Sulawesi), Kembang tembaga (sunda) dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini menurut beberapa penelitian berguna sebagai antikanker. Tanaman ini juga  mengandung Senyawa Kimia vinblastine dan vincristine pada Bunga tapak dara juga berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah. Bunga Tapak dara juga dapat digunakan sebagai obat penenang. peluruh kencing, menghentikan perdarahan. dan menetralkan racun.

Klasifikasi Bunga Tapak Dara

Klasifikasi ilmiah :

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas:Magnoliopsida

Ordo: Gentianales

Famili: Apocynaceae

Genus: Catharanthus

Spesies: C. roseus

Ciri-Ciri Bunga Tapak Dara

Bunga Tapak dara tumbuh secara tegak dan dapat mencapai ketinggian hingga 100 cm. Batangnya berbentuk berbentuk kecil, berkayu, beruas, dan bercabang. Daunnya berupa daun tunggal, berwarna hijau. tersusun menyirip berselingan, dan memiliki tangkai daun yang sangat pendek. Panjang daunnya sekitar 2-6 cm dan lebar 1-3 cm.

Di bagian batang dan daun terdapat lateks berwarna putih. Bunga tumbuh secara aksial (muncul dari ketiak daun), kelopak bunga kecil, dan berbentuk paku. Mahkota bunga seperti terompet dengan ujung yang melebar. Warna bunga beraneka ragam, tergantung kultivarnya (ada putih, biru, merah Jambu, atau Ungu).

Buah tapak dare berbentuk silinder, ujungnya lancip, berambut, dan memiliki banyak biji. Tanaman tapak dara juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris, menggantung pada bagian batang. Bagian tanaman yang digunakan sebagai herbal adalah daun, bunga, batang, dan akarnya.

Bunga Tapak dara dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl. Tapak dara menyukai tempat yang terbuka, tetapi dapat juga tumbuh di tempat yang agak terlindung (naungan). Tanaman perdu ini akan tumbuh baik pada lingkungan bersuhu 13-27 C dan kelembapan 50-80%. Kebutuhan air untuk pertumbuhannya sekitar 1900-2500 mm/tahun.

Cara Menanam Bunga Tapak Dara

Menyiapkan bibit bunga tapak dara

Pertama-tama siapkan bibit tanaman tapak dara. Ada dua cara untuk memperoleh bibit tanaman ini yakni, dengan cara penanaman dari biji atau dengan stek batang/daun.

Cara penanaman dengan biji terbilang cukup mudah dibandingkan dengan stek badang, langkahnya, siapkan biji-biji yang sudah tua, kemudian semaikan ditempat persemaian. Masukan biji ke tanah, setelah itu tutup dengan susunan tanah hingga menutupi biji. Usahakan selalu menyiramnya minimal satu kali dalam sehari agar tanaman ini cepat tumbuh.

Apabila biji-biji sudah mulai tumbuh dan sudah mencapai ketinggian 10 – 15 cm. Maka Anda dapat memindahkan ke pot atau media tanam lainnya.

Persiapan Media Tanam dan Tempat Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan yakni berupa tanah yang subur, pupuk kandang atau kompos dengan komposisi 2 : 1 : 1. Kemudian Aduk hingga tercampur merata. setelah tercampur masukkan media tanaman tersebut ke dalam pot atau polyback.

Cara Menanam Bunga Tapak Dara

Apabila media tanam sudah dimasukkan ke pot atau polyback. Selanjutnya bibit-bibit yang sudah disemai dimasukkan ke dalam pot. Bibit yang digunakan usahakan yang berbatang lurus tidak bercabang. Setelah itu  letakkan pot di tempat yang Anda inginkan.

Jika Ingin menanam di pekarangan, terlebih dahulu lahan tanaman digemburkan dengan cara dicangkul kemudian buat lubang  dengan ukuran 15 – 15 cm, dengan jarak antar lubang 50  cm.  berikan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya. Masukkan bibit ke dalam lubang, kemudian timbun dengan tanah dan tidak lupa disiram.

Cara Merawat Bunga Tapak Dara

Tanaman hias in sebenarnya tidak memperlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu menyiramnya secara teratur yakni satu kali dalam sehari.

Tips Merawat bunga Tapak Dara Agar terus berbunga

  • Untuk mempercepat proses pembungaan pada tapak dara, Anda harus memberikan pupuk tambahan minimal 1 bulan sekali. Pilihlah pupuk yang memiliki unsur hara yang beranekaragam dan fosfor yang tinggi. Pupuk yang mengandung fosfor tinggi dapat merangsang pertumbuhan bunga.
  • Apabila ada serangan hama penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada bunga mak segeralah melakukan penyemprotan menggunakan insektisida.
  • Melakukan penyiraman setiap hari minimal satu kali dalam sehari.

Demikian artikel pembahasan tentang”Inilah Tips Mudah Cara Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara“, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian…

Baca Juga :

10 Cara Mengelolah Daun Sidaguri Untuk Memberantas Berbagai Penyakit

10 Cara Budidaya Sambung Nyawa Agar Tumbuh Subur

Panduan Lengkap Cara Menanam Sambilot Yang baik Dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.