Cara Mengolah Daun Sidaguri Untuk Berbagai Macam Penyakit

By | November 12, 2019

Sidaguri (Sida rhombifolia L.) tersebar di daerah tropis dari dataran rendah sampai ketinggian 1.450 m dpi. Dapat tumbuh secara liar di tepi jalan, halaman berumput, hutan, ladang, dan tempat dengan sinar matahari penuh atau sedikit terlindung.

Sidaguri merupakan tanaman perdu dengan tinggi dapat mencapai 2 m. Percabangan kecil dan berambut rapat. Daunnya tunggal, bergerigi, uiung runcing, pertulangan menyirip, bagian bawah bemama abu-abu dengan rambut pendek. Bunganya berupa bunga tunggal, berwarna kuning cerah yang keiuar dari ketiak daun. Biasanya bunga akan mekar sekitar pukui 12 siang dan layu setelah tiga jam kemudian. Bagian Sidaguri yang dapat digunakan sebagai herbal adaiah seluruh bagian tanaman.

Kandungan Senyawa Aktif pada Sidaguri

Daun tanaman sidaguri mengandung alkaloid, kalsium oksaiat, tanin. saponin, fenol. asam amino, minyak atsiri. dan zat phlagmatik. Di bagian batang terdapat kalsium oksalat dan tanin. Sementara akarnya mengandung alkaloid. steroid, dan efedrine.

Khasiat dan Manfaat Sidaguri

Secara umum. sidaguri memiliki rasa yang manis, pedas, dan bersifat sejuk. Beberapa riset mengenai khasiat tanaman sidaguri menunjukkan bahwa sidaguri memiliki aktivitas hipourisemia, anti-infiamasi, dan hepatoprotektor. Selain itu, ekstrak sidaguri menunjukkan aktivitas sebagai antioksidan, antibakteri, antitumor dan anti-HIV. Bagian akar digunakan untuk mengatasi influenza, sesak napas, disentri, sakit kuning, rematik, sakit gigi, sariawan, terkena bisa hewan, menambah nafsu makan, sembelit, terlambat haid, dan bisul. Bagian bunganya digunakan untuk obat luar. misalnya untuk gigitan serangga.

Untuk Mengobati Asam Urat

Cuci bersih 10 lembar dan 5 batang sidaguri. haluskan dengan memotong kecil-kecil. Rebus dengan 2 gelas air tunggu hingga mendidih dan airnya mulai menyusut. Saring Ramuan tersebut dan masukkan ke dalam gelas kemudian tutup rapat ramuan diamkan selama satu malam. Anda dapat meminumnya ke-esokan harinya.

Untuk Mengobati Rhematik

Cuci bersih 10 helai daun dan 30 gram akar sidaguri yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. setelah itu rebuslah sidaguri tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih, minumlah 2 kali sehari dipagi hari dan sore-harinya.

Untuk Mengobati Sakit Gigi

Cuci bersih 3 lembar daun sidaguri. Kemudian kunyah dengan menggunakan giig yang sakit. jika tidak mampu untuk mengunyah anda dapat menumbuknya terlebih dahulu hingga halus ambil sarinya. kemudian kumur-kumur menggunakan ramuan tersebut.

Untuk Mengobati Cacingan

Cuci bersih daun sidaguri sebanyak 10 lembar. Setelah itu haluskan tambahkan air sebanyak satu gelas dan satu sendok garam. Setelah tercampur merata, Saring. Minumlah 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari. selama 7 hari.

Mengobati Sengatan Lebah

Cuci bersih 6 lembar daun, akar dan 20 gram akar sidaguri. Setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut pada area yang terkena sengatan lebah.

Mengobati Asma

Cuci bersih daun dan 50 gram akar sidaguri. Rebus dengan 2 gelar air tambahkan dua sendo gula pasir. tunggu hingga mendidih dan airnya menyusut setengahnya. minumlah ramuan ini ketika masih hangat.

Demikian ulasan mengenai cara mengolah daun sidaguri, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan silakan komentar dibawah…

Baca Juga :

√ Inilah 15 Manfaat Ciplukan dan Panduan Cara Mengelolahnya

Panduan Lengkap Cara Menanam Sambiloto Yang Baik dan Benar

© Panduan Praktis Cara Menanam Daun Sendok

One thought on “Cara Mengolah Daun Sidaguri Untuk Berbagai Macam Penyakit

  1. Pingback: Cara Menanam Dan Budidaya Pegagan Di Dalam Pot Hias di Rumah | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.