Apa perbedaan dari traktor dan kerbau

By | Januari 23, 2021

Kekurangan dan kelebihan memproses sawah memakai trektor dan kerbau. Dalam soal hasil, lapangan pekerjaan, resiko, dan ongkos produksi.

Pada jaman kuno, penanaman sawah benar-benar simpel, tapi bersamaan dengan perubahan jaman, sawah mulai berubah, banyak alat pertanian dibikin oleh beberapa pakar untuk memberikan fasilitas pemrosesan tanah.

Saya coba mengulas bagaimanakah cara bajak sawah dengan traktor dan dengan alat tradisionil, seperti kerbau atau sapi, sesudah interviu dengan pengrajin kerbau dan anggota PPL di dusun Kadongdong, Kec. Banjarwangi, Kabupaten Garut, yakni Bapak Masrian, dia menjelaskan jika kekuatan kerbau untuk memproses sawah selama seharian ialah 100 batu bata atau 1.400 m2. Pada tempat kami, jam kerja petani start pukul 07.00 sampai 12.00.

Kerbau sebagai pembajak padi ada banyak dipakai di wilayah ini. Ini muncul karena di wilayah ini sawah berbentuk teras dan banyak rawa. Hingga bajak sawah dengan kerbau lebih efisien dibanding bajak sawah dengan trektor.

Tetapi seiring waktu berjalan, tenaga kerja manusia untuk pekerja tani makin berkurang, dan peternak kerbau makin berkurang, hingga perubahan mulai ada. Dengan kehadiran tunjangan pemerintah berbentuk trektor, sejumlah besar petani berasa terbantu, sebab traktor lebih irit ongkos dan bekerja bisa lebih cepat bisa hasilkan 3x semakin banyak dibanding memakai kerbau.

Di sini kita akan tampilkannya data mengenai perbedaan pemrosesan sawah memakai trektor dan kerbau.

Kerbau

Bisa mencapai semua medan
Nilai Jual Makin Tinggi
Ongkos perawatan rendah
Hasil rendah
kerja lamban
ongkos kerja tambah mahal
Tanah yang diproses tidak bagus

Trektor

cuman wilayah datar dan dangkal
nilai jual turun makin banyak
ongkos perawatan yang tinggi
hasil tinggi
kerja cepat
ongkos tenaga kerja tambah murah
lebih bagus sebab lebih dalam

Berdasar data itu bisa diambil kesimpulan jika ke-2 nya benar-benar bermanfaat untuk memproses sawah di wilayah kami. Tetapi mudah-mudahan kerbau tak pernah dihilangkan sebab kecuali menolong petani memproses sawah, kerbau adalah keperluan kita akan daging.

Di tengah-tengah serangan perkembangan tehnologi kekinian seperti traktor atau tipe pembajak sepeda motor yang lain, masihlah ada orang Indonesia yang memakai kerbau atau sapi untuk bajak kebun mereka. Kita pasti mengenali karapan sapi di pulau Madura, sesungguhnya karapan sapi berawal dari pemakaian sapi untuk bajak sawah. Sesaat kita dapat menyaksikan pemakaian kerbau untuk bajak sawah di Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Langkah bajak sawah dengan kerbau atau sapi dalam memproses sawah sesungguhnya benar-benar berguna, baik untuk petani atau lingkungan. Bila kita perhatikan dengan jeli, memproses tanah memakai kerbau atau sapi makin lebih ramah lingkungan dibanding memakai traktor.

Disamping itu, mudah-mudahan warga kita masih semangat bertani, khususnya menanam padi sebab karena mereka kita bisa makan nasi. Terima kasih, Tn. Petani, atas ketertarikan Anda yang terus-terusan dan kenaikan produksi, hingga jadi petani ialah karier yang senang dan sejahtera untuk warga. Itu perbedaan di antara Pemrosesan Tanah memakai kerbau dan memakai trektor. mudah-mudahan berguna.

Lantas Apa perbedaan dari traktor dan kerbau? Berikut ini jawabanya :kalau traktor memakai mesin kalau kerbau megunakan tenaga kerbau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.