Kelebihan dan Kekurangan Traktor Roda Empat

By | Juli 30, 2020

dewitani.com

Dilansir dari wikipedia. Traktor merupakan kendaraan yang didesain untuk keperluan pertamian atau konstruksi. Namun, pada umumnya istilah ini digunakan untuk mendefiniskan suatu jenis kendaraan yang digunakan untuk pertanian.

Pada saat ini penggunaan traktor memegang peranan penting dalam mendukung kegiatan pertanian di Indonesia, khususnya dalam membajak sawah. Hampir seluruh petani padi di Indonesia sudah beralih menggunakan traktor dibandingkan hewan ternak seperti sapi ataupun kerbau untuk membajak sawahnya.

Salah satu kelebihan traktor ialah dapat di gunakan di berbagai lahan pertania, baik itu lahan kering hingga basah. Berikut ini kelebihan traktor yang wajib di ketahui :

  1. Mempersingkat waktu pengerjaan

Jika kita bandingkan dengan membajak sawah menggunakan bantuan hewan ternak. untuk membajak sawah seluas kurang lebih 1 hektar jika menggunakan bantuan hewan ternak seperti sapi atau kerbau itu memakan waktu 5 hari. Sedangkan jika menggunakan traktor, cuman memperlukan waktu 1 hari saja.

Soo. tentunya penggunaan traktor modren tentunya lebih menghemat waktu Anda..

2. Mudah di gunakan dan praktis

Selain menghemat waktu , penggunaan traktor juga terbilang mudah dan relatif praktis. Anda hanya perlu menyalakan mesin saja, kemudian biarkan traktor bekerja secara otomatis.

3. Hasil pengelolaan tanah lebih baik

Jika dibandingkan dengan hasil cangkulan secara manual, pengelolaan tanah dengan mesin traktor justru lebih baik. Tanah yang di olah menjadi lebih gembur dan memungkinkan bibit tanaman yang ditanam bertumbuh subur.

4. Biaya Produksi relatif lebih murah

Dari segi biaya, menggunakan traktor reletif lebih terjangkau apabila dibandingkan ketika Anda harus membayar buruh tani.

5. Panen yang dihasilkan bermutu tinggi

Pengelolahan tanah yang baik, dapat mempersingkat waktu tanam, ini artinya petani dapat mencapai masa panen lebih cepat. Selain itu, kualitas tanah yang meningkat juga akan mempengaruhi hasil panen yang diperoleh oleh petani.

Lantas apa kekurangan dari penggunaan traktor roda empat ?

Klo menurut admin sendiri untuk kekurangan taraktor roda empat itu berasal dari harganya yang relatif mahal. untuk harga satu traktor roda empat merek QUICK, tipe 4 A360 berkisar Rp.214.000.000-,

Jika Para pembaca ingin menambahkan Ulasan diatas mengenai kelebihan dan kekurangan traktor roda empat silakan komentar dibawah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.