Ciri Cangkul Yang Bagus

By | April 11, 2020

Cangkul atau Pacul Merupakan satu jenis alat pertanian tradisional yang digunakan dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan sehingga masa ini untuk menjalankan kerja-kerja menggali yang ringan di kebun ataupun di sawah.

ciri-ciri cangkul yang bagus

Alat ini merupakan elemen penting dalam bidang pertanian terutama pertanian ladang kering. Cangkul dibuat dari baja sehingga alat ini sangatlah kuat. Cangkul atau Pacul merupakan gabungan dari bawak dan pacul itu sendiri.

Bawak merupakan bagian kepala atau bagian atas dari cangkul. Sedangkan pada bagian landepan atau bagian bawahnya sering kita sebut dengan pacul juga. Pada bagian kepala terdapat lubang yang berfungsi untuk dipasangi garan pacul atau sering disebut doran. Dengan dipasangnya doran akan mempermudah dalam menggunakan alat cangkul ini.

Jenis Cangkul

Beragam ragam tipe pacul yang kami jual diantaranya pacul import cap buaya dan ayam, pacul lokal proyek cap buaya, cangkul lokal proyek pres cap buaya, pacul sawah pande dan sebagainya.

Harga Cangkul

Harga cangkul yang kami jual berfariasi tergantung tipe cangkul dan kualitasnya. Mulai dari harga tujuh belas ribu rupiah sampai empat puluh lima ribu rupuah per bijinya.

Spesifikasi Cangkul

Spesifikasi pacul sendiri tergantung kegunaannya. Ada cangkul yang digunakan untuk bertani atau berkebun, umumnya cangkul ini lebih besar dari pacul bangunan atau proyek. Cangkul proyek malah ada bermacam ukuran yang berbeda, biasany yang membedakan merupakan merk atau brand dari pacul itu sendiri.

Macam-macam Cangkul

Cangkul dibedakan menjadi beberapa tipe tergantung macam kegunaan dan merk pacul itu sendiri. Biasanya pacul yang banyak ada di pasaran adalah cangkul cap buaya / crocodile dan pacul cap ayam jago, melainkan seiring berkembangnya industri lokal yang memproduksi cangkul maka muncul merk-merk cangkul baru. Pacul dibedakan dari macam kegunaannya adalah seperti pacul yang digunakan untuk bercocok tanam dan cangkul proyek atau bangunan.

Deskripsi Cangkul

Cangkul adalah alat yang terbuat dari lempengan besi yang mempunyai tebal tertentu dan dikasih gagang kayu untuk pegangan saat diaplikasikan. Cangkul awalnya diaplikasikan sebagai alat penggali tanah, namun seiring berkembangnya jaman pacul dipakai sebagai alat bangunan untuk memindahkan pasir atau material proyek lainnya.

Bagian Bagian Cangkul

Pacul terdiri dari dua komponen saja ialah mata pacul yang terbuat dari besi dan gagang pacul yang terbuat dari kayu biasanya. Diantara mata pacul dan gagang cangkul terdapat cincin yang menempel di mata pacul untuk daerah gagang cangkul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.