Umpan Jitu untuk ikan Mas Yang susah makan

By | November 1, 2019

umpan ikan emas yang susah makan

Umpan Jitu untuk ikan Mas Yang susah makan – Ikan mas termasuk omnivora (pemakan segalanya). Dalam berburu makanan ikan mas termasuk ikan yang aktif, ikan mas akan bergerak cepat ke arah sumber makanan dan dengan cepat pula menangkap pakan tersebut. Meskipun agresif dalam berburu makanan. Terkadang ikan mas malah tidak mau makan.  Ada 6 penyebab rendahanya nafsu makan ikan mas, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kondisi lingkungan hidupnya, atau keadaan air dimana ikan itu hidup. Misalnya, kandungan oksigennya yang rendah. Ini biasanya terjadi pada pagi hari, karena oksigen telah habis digunakan dalam pernapasan pada malam hari. Kandungan oksigen yang rendah biasanya disebabkan karena debit air yang terlalu kecil. Selain kandungan oksigen yang rendah, biasa juga disebabkan karena kandungan NH3 yang tinggi. NH3 juga bisa bersifat racun bagi ikan.
  2. Kondisi cuaca yang mendung atau hujan, dapat menurunkan nafsu makan ikan mas, karena dalam cuaca seperti ini proses fotosintesa tidak berjalan secara maksimal, sehingga kandungan oksigen daam air menjadi rendah. Berbeda dengan cuaca terang. Proses fotosintesa berjalan maksimal, sehingga kandungan oksigen dalam air tinggi.
  3. Jika Anda memancing di kolam pemancingan , dan ikannya tidak mau makan kemungkinan ikan mas tersebut sedang dalam kondisi sakit. Pada ikan yang sakit jangankan untuk makan, untuk bertahan hidup saja susah.
  4. Umpan yang Anda gunakan tidak menarik dan tidak disukai oleh ikan mas
  5. Ikan mas sudah kenyang
  6. Ikan mas merasa takut dengan pancingan.

Lantas bagaimana mengatasi ikan mas yang susah makan?? Menurut pengalaman beberapa pemancing mania untuk mengatasi ikan mas yang susah makan adalah dengan membuat umpan yang disukai oleh si ikan mas.

Berikut ini cara membuat umpan yang di sukai oleh si ikan mas :

Bahan-bahan :

  • Satu Bungkus Deho (deho memberikan aroma manis pada umpan racikan).
  • Satu bungkus susu Dancow
  • Seperempat umpan merek jempol pandan wangi.
  • Seperempat pelet merek jietu
  • Setengah pelet merek jietu merah
  • Satu ons keroto.

Cara pembuatan

Masukkan susu kedalam setengah gelas air panas kemudian adu-aduk hingga tercampur merata, masukkan seperempat jempol pandan wangi aduk, masukkan seperempat pelet jietu, masukkan setengah pelet jietu merah, dan masukkan deho merek jempol kemudian semua bahan tersebut diaduk hingga adonan mengental. Apabila sudah mengental masukkan kroto yang sebelumnya sudaha di seduh dengan air panas dan sudah ditiriskan, aduk sampai semua kroto tercampur rata.

Umpan Djempol Pandan Wangi

Bahan-bahan:

  • 1 kaleng susu cap beruang
  • 1 bungkus Umpan Djempol Pandan Wangi
  • 2 ons kroto
  • 1 kaleng Deho
  • bubuk indomie(sebagai pengeras)

Untuk Panduan Budidaya Ikan Nila 1 Bulan panen. Silakan Klik Disini

Cara membuat:

  • Campurkan susu beruang dengan kroto kemudian kukus selama 30 menit.
  • Tuangkan bubuk Djempol pandan dalam baskom plastik (tempat mengaduk umpan). tuangkan susu beruang seluruhnya kedalam bubuk Djempol Pandan, aduk hingga merata. pada saat pertama kali dicampur susu beruang dengan Djempol Pandan akan terlihat seperti terlalu encer, aduk terus selama 5 menit dan umpan akan mengental.
  • blender 1 kaleng tuna deho berikut minyaknya.
  • Tuangkan tuna encer kedalam adonan susu dan Djempol, aduk hingga merata dan akan tercium bau yang sangat khas(ada wangi, amis dan gurih).
  • setelah campuran susu, Djempol dan deho rata masukkan kroto yg telah dikukus tadi dan kembali aduk hingga rata, jika benar saat ini anda akan memperoleh umpan dengan komposisi yang sangat lembek, keraskan dengan menambah bubuk indomie, tuangkan sedikit demi sedikit hingga komposisinya antara lembek dan keras, diamkan selama 5 menit dan umpan akan mengeras sendiri, jika masih dirasa terlalu lembek tuangkan lagi bubuk indomie dengan cara seperti tadi(sedikit demi sedikit), jika benar cara mengerjakannya anda akan menemukan umpan dengan aroma yang sangat khas(perpaduan antara gurih, wangi dan amis yang meski sudah mencuci tangan masih tercium baunya), nah umpan sudah jadi dan siap digunakan, selamat mencoba, semoga anda dapat merasakan sensasi neter seperti yg pernah saya alami.

Jika masih bingung simak video berikut ini..

Sumber video Yotube.com

Sekian Dan terimakasih semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semua salam satu joran melengkung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.