22 Jenis Kucing Peliharaan yang Lucu dan Harganya

dewitani.com – Jenis Kucing Peliharaan – Pandemi Corona yang berkepanjangan membuat orang mencoba hobi baru. Jika anda seorang penyayang binatang, anda bisa mencoba memelihara kucing. Kucing itu seperti anjing, hewan yang penyayang. Penelitian oleh Scientificamerican mengungkapkan bahwa kucing belajar bagaimana membuat suara mengeong yang menarik perhatian manusia. Saat mengeluarkan suara mengeong, kucing ingin mengajak manusia bermain atau meminta perhatiannya.

Bagi anda pecinta binatang pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan peliharaan yang satu ini. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer yang termasuk sebagai hewan penyayang. Wajahnya yang imut dan menggemaskan membuat kucing sangat populer sebagai hewan peliharaan. Kucing juga merupakan hewan peliharaan yang mudah dirawat dan mudah ditemukan.

Scientificamerican juga mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kucing sebenarnya belajar bagaimana membuat suara yang lebih gelap untuk mendapatkan perhatian manusia. Suara miauw tersebut seolah menandakan bahwa kucing tersebut ingin mengajak pemiliknya bermain bersama atau mencari perhatian. Jadi, kucing ini sangat cocok untuk kamu jadikan peliharaan sebagai teman bermain.

Kucing yang merupakan hewan lucu yang sering menjadi hewan peliharaan di rumah ini terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing memiliki karakter uniknya sendiri. Tak hanya kucing ras, berkat banyaknya ras kucing, kini banyak bermunculan kucing hibrida. Memelihara kucing di dalam ruangan menawarkan banyak manfaat bagi pemiliknya. Oleh karena itu, orang suka memelihara hewan berbulu ini.

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan yang Populer

Tertarik memiliki kucing? Sebelum memutuskan untuk membeli kucing, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis kucing peliharaan dan kisaran harganya. Ini akan menjadi pertimbangan jenis kucing apa yang cocok untuk dipelihara. Berikut ulasan singkat tentang jenis-jenis kucing yang bisa anda pelihara sebagai hewan peliharaan. Anda dapat menyesuaikan kepribadian dan kebiasaan kucing agar mereka dapat hidup bersama dengan bahagia.

1. Jenis Kucing Maine Coons

jenis kucing peliharaan

Ras kucing Maine Coon terkenal dengan ukurannya yang besar, hingga 13 kg. Tetapi alasan lain mereka adalah jenis kucing domestik yang populer adalah kepribadian mereka yang ramah. Jenis kucing ini suka bermain dan bergabung dengan anda, apa pun yang terjadi. Harga berkisar 5 juta – 7 juta Rupiah.

2. Jenis Kucing Ragdoll

jenis kucing peliharaan

Ragdoll adalah jenis kucing yang populer karena mereka sangat mencintai manusia. Karena cintanya, kucing sering mengikuti pemiliknya berkeliling rumah dari pagi hingga sore hari. Jika anda mencari pendamping dengan bulu setengah panjang, berat sekitar 6 kg dan selalu menempel dan mengikuti anda, jenis kucing Ragdoll bisa menjadi pendamping kucing anda. Penyanyi Taylor Swift juga memelihara kucing Ragdoll ini. Harga mulai 5 juta sampai 14 juta (cat show).

3. Kucing Domestik atau Kucing Kampung

jenis kucing peliharaan

Kucing domestik mungkin adalah jenis kucing yang paling umum. Jenis kucing domestik ini lebih dikenal dengan sebutan kucing kampung. Kucing ini juga merupakan jenis kucing yang mudah dipelihara. Kucing domestik juga tidak memerlukan perawatan khusus seperti ras kucing lain. Jadi tidak perlu repot menyiapkan terlalu banyak hal untuk jenis kucing peliharaan ini. Harga mulai 100 ribu sampai 250 ribu.

4. Jenis Kucing American Shorthairs

jenis kucing peliharaan

Kucing American Shorthairs ini memiliki umur yang panjang. Jadi anak kucing jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin memelihara kucing yang dapat tumbuh bersama. American Shorthair juga dikenal sangat lembut dengan anak-anak dan hewan lain seperti anjing. Perawatan kucing jenis ini tergolong mudah, artinya cocok untuk anda yang baru pertama kali merawatnya, tidak perlu sering-sering membersihkannya. Harga dari 1 juta sampai 2 juta Rupiah.

5. Jenis Kucing Scottish Fold

jenis kucing peliharaan

Anda mungkin sudah akrab dengan jenis kucing yang dikenal sebagai Scottish Fold ini. Kucing Scottish Fold mendapatkan nama mereka dari telinga mereka yang terlipat. Kucing ini adalah jenis yang berukuran sedang, dengan berat 4 sampai 6 kg. Mereka tampaknya terobsesi dengan pemiliknya. Hidup meraka untuk menyayangi manusia, dan tidak takut dengan suara keras. Artinya kucing jenis ini cocok untuk mereka yang tinggal di kota besar. Harga kisaran 9 juta sampai 25 juta tergantung umur dan sertifikat.

6. Jenis Kucing Somali

jenis kucing peliharaan

Kucing Somali memiliki bulu khas dengan kombinasi empat warna yang menawan. Somalia berkembang pesat ketika mereka memiliki pengasuh yang andal dan memberikan banyak perhatian kepada mereka. Kucing peliharaan jenis ini suka bermain dan sangat pintar. Harga dari 5 juta sampai 7 jutaan.

7. Jenis Kucing Siamese

jenis kucing peliharaan

Ras kucing siam sangat cantik. Jenis kucing ini dibedakan oleh matanya yang cerah dan bulu coklat yang khas di ekor dan anggota tubuhnya. Kucing siam juga cenderung memiliki kepribadian yang sangat santai dan lebih suka duduk di pangkuan majikannya. Harganya lumayan mahal dari 8 juta sampai 17 jutaan.

8. Kucing Persians

jenis kucing peliharaan

Kucing persia sangat lucu dan terlihat seperti boneka. Ras kucing ini paling populer karena cantik dan memiliki kepribadian yang manis. Terkadang ras kucing Persia membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, tetapi setelah sedikit tenang, kucing ini akan merasa sangat nyaman di rumah anda. Karena memiliki bulu yang tebal, kucing persia harus sering dirawat. Untuk harganya dari 900 ribu sampai 2 jutaan saja.

9. Kucing Sphynxes

jenis kucing peliharaan

Kucing Sphynx adalah kucing yang tidak berbulu. Karena kebotakan ini, kucing sphynx sepintas terlihat galak, padahal kenyataannya tidak. Bagi yang alergi bulu kucing, bulu kucing jenis ini bisa jadi solusinya. Sphynx adalah kucing yang menyukai perhatian orang dan cenderung sedikit nakal dalam hal mencuri perhatian. Tapi selama anda mau menggaruk telinga Sphynx, dia akan baik-baik saja. Salah satu orang Indonesia yang terkenal memelihara kucing jenis ini adalah Raditya Dika. Harganya dari 1,8 juta sampai 25 juta.

10. Abyssinians

jenis kucing peliharaan

Jenis kucing ini sangat cantik dan populer karena mereka yang jenius. Abyssinian juga merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Satu hal yang harus anda ketahui adalah bahwa kucing Abyssinian bukanlah jenis yang suka diasuh. Mereka menyukai persahabatan manusia, tetapi mereka hanya menunjukkannya dengan berada di dekat anda. Harganya dari 17 juta sampai 32 juta.

11. Birmans

jenis kucing peliharaan

Jenis kucing Birman mudah dikenali dari mata birunya yang khas dan hidungnya yang cokelat manis. Birman datang dalam berbagai warna, tetapi mereka semua terlahir putih. Kucing-kucing ini memiliki warna bulu yang berbeda saat mereka tumbuh dewasa. Birman sangat manis, tenang, dan mudah bergaul dengan siapa saja. Harganya 5 juta sampai 8 jutaan.

  Mengenal Lebih Dekat Tentang Kelinci New Zealand White

12. Kucing Balinese

jenis kucing peliharaan

Kucing balinese memiliki tubuh yang panjang karena berasal dari keluarga kucing oriental seperti keluarga kucing siam. Bulu kucing balinese tumbuh panjang dan tebal di tubuhnya yang ramping. Pecinta kucing pasti jatuh hati dengan bulunya yang lucu dan menggemaskan, ditambah lagi dengan bentuk matanya yang biru seperti almond menambah keseruan kucing jenis ini.

Karakter kucing balinese yaitu aktif, ceria dan setia pada pemiliknya. Penampilannya yang anggun tetap membuatnya terlihat manja karena suka berpelukan dan duduk di pangkuan pemiliknya. Seekor anak kucing Balinese bernilai sekitar 4 juta.

13. Kucing Exotic Shorthairs

jenis kucing peliharaan

Eksotic Shorthair terlihat agak mirip dengan kucing Persia, tetapi bulunya lebih pendek. Selain itu, wajah kecil mereka jauh lebih lembut. Eksotic Shorthair adalah tipe yang suka bermain, terutama ketika mereka masih muda. Seiring bertambahnya usia, jenis kucing peliharaan ini akan memiliki kepribadian yang sederhana. harga 3,5 juta sampai 6 jutaan.

14. Kucing Bengals

jenis kucing peliharaan

Kucing Bengals sangat cocok untuk dikawin silang dengan jenis lain. Mereka tidak terganggu oleh hewan lain, anak-anak, atau lingkungan yang bising, selama anda dengan lembut memperkenalkan mereka pada hal-hal baru. Mereka juga sangat lucu, berperilaku seperti anak kucing bahkan ketika mereka bertambah tua. Dan Bengal pada dasarnya terlihat seperti cheetah kecil. Harganya 25 juta sampai 42 juta.

15. Kucing British Shorthairs

jenis kucing peliharaan

British Shorthairs dapat disebut sempurna karena memiliki bulu yang lembut dan memiliki keseimbangan sempurna antara sosial dan mandiri. Mereka suka bermain dengan orang dewasa dan anak-anak, tetapi mereka tidak suka dipegang atau digendong. Jenis kucing peliharaan ini akan duduk di pangkuan anda kapan pun mereka mau, tetapi anda tidak bisa memaksanya. Harga 17 juta sampai 43 juta.

16. Kucing Oriental Shorthairs

jenis kucing peliharaan

Oriental Shorthairs adalah ras kucing yang aktif. Mereka bisa berbaring di laptop anda atau memanjat di atas meja saat anda melakukan aktivitas. Tetapi mereka bisa menjadi hewan yang sangat berguna dan akan memenuhi kebutuhan anda akan persahabatan. Harganya 8 juta sampai 20 juta.

17. Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex sering disamakan dengan anjing, karena ingin bersama manusia seperti anak anjing. Mereka akan mengikuti anda ke mana-mana, tetapi mereka tidak membutuhkan banyak perhatian. Berat maksimal kucing jenis ini adalah sekitar 4 kg. Devon Rex adalah pilihan yang baik jika anda tinggal di tempat yang kecil. Harga 16 juta sampa 26 juta.

18. Kucing Anggora

Banyak orang yang masih kesulitan membedakan kucing anggora dan kucing persia, padahal kedua jenis kucing tersebut berbeda. Bulunya yang lembut, panjang, dan tebal bisa membuat anda sulit membedakan Anggora dan kucing Persia. Kucing persia gemuk, berbeda dengan kucing anggora yang cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih kurus.

Kucing anggora memiliki bentuk kepala segitiga dengan bulu seperti singa dengan hidung yang lebih mancung dibandingkan jenis kucing lainnya. Leher bulu yang panjang juga merupakan ciri khas Kucing Anggora. Inilah yang membuat kucing jenis kucing peliharaan ini begitu menggemaskan. Harga bisa mencapai 2,5 juta.

19. Kucing Russian Blue

Jenis kucing ini memiliki bulu yang anggun dan mata hijau yang berkilau. Bulu kucing Russian Blue sangat berbeda dengan spesies kucing lainnya, warnanya biru keperakan, pendek, tebal dan sangat halus.

Kucing Biru Rusia memiliki karakteristik anggun, dan menjadi hewan peliharaan yang megah dan agung. Hal ini juga mempengaruhi harga dari kucing ras ini yaitu 39 jutaan. Sedangkan harganya sekitar 900 ribu untuk kucing campuran jenis Russian blue.

20. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin memiliki bentuk tubuh yang unik, yaitu tubuhnya yang kecil meskipun sudah dewasa. Kakinya pendek dan kecil. Sifat kucing sangat tenang dan manja. Kucing Munchkin sangat cocok sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Harga kucing Munchkin asli bisa mencapai 6 jutaan, sedangkan harga kucing campuran mulai dari 900 ribu.

21. Kucing Japanese Bobtail

Jenis Kucing Japanese Bobtail menjadi salah satu kucing yang unik karena memiliki bentuk ekor yang tumpul. Sesuai namanya, jenis kucing peliharaan ini berasal dari Jepang  yang sudah ada di negara tersebut sejak ribuan abad yang lalu. Kucing ini memiliki tubuh yang aktif, kuat, senang berinteraksi, dan memiliki suara lembut yang sangat lucu.

Kucing dari jepang ini adalah jenis kucing yang cocok jadi peliharaan karena kucing ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dan hewan peliharaan lainnya. Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti tempat tinggal yang bisa untuk si kucing bermain. Kucing Japanese Bobtail berada di harga sekitar 7 Jutaan sampai 10 Jutaan. Tergantung dari ukuran tubuh si kucing dan usia.

22. Kucing Singapura

Kucing Singapura, sesuai dengan namanya, adalah salah satu ras kucing terkecil yang berasal dari jalanan Singapura. Kucing ini memiliki kepribadian yang menyenangkan, selalu ingin tahu, suka bermain, tidak suka merusak, dan interaktif. Harga seekor kucing singapore juga sangat mahal, berkisar antara Rp 18.500.000-47.000.000.

Sekian pembahasan mengenai jenis – jenis kucing peliharaan beserta harganya. Semoga bisa menjadi referensi jika ingin membeli kucing dan sekaligus bisa menambah pengetahuan anda. Terima Kasih…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA