Khasiat dan Kegunaan Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan 

By | November 2, 2019

sarang burung walet

Salah satu hal yang menyebabkan orang yang tergiur untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari sarang burung walet adalah karena Khasiatnya yang dapat menjaga vitalitas dan menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit berat sekalipun seperti kanker.

Sarang burung walet mengandung 17 asam amino, yang meliputi asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial.

Selain itu sarang burung walet juga terbukti ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, dan apabila dikonsumsi secara rutin dapat menstimulus kinerja organ tubuh menjadi lebih baik.

Khasiat lain dari sarang burung walet adalah mencegah serangan bakteri, menjaga kecantikan tubuh, anti-aging, menghilangkan pengaruh alkohol, dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan  kalsium yang terkandung di dalam sarang burung walet juga berguna dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Sarang burung walet mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein yang terdapat di sarang burung walet dapat berfungsi sebagai zat pembangun yang bertugas membentuk sel-sel dan jaringan baru yang berperan aktif selama proses metabolisme tubuh.

Baru-baru ini sebuah penelitian menunjukan jika protein yang terkandung di dalam sarang burung walet juga memiliki ikatan senyawa yang lebih kompleks dibandingkan protein nabati, bahkan, salah satu senyawa turunannya, yakni AZITOTHYMIDINE, dapat melawan VIRUS HIV.

Beberapa peraktisi pengobatan cina mengatakan jika sarang burung walet banyak digunakan sebagai pengobatasn karena, dapat mempercepat penyembuhan sakit paru-paru, asma, panas dalam, dan memperlancar peredaran darah.

Sarang walet juga bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil. Dengan cara memberikan memberikan sarang walet secara rutin, jalannya kelahiran akan lancara dan membuat kulit bayi lebih halus.

Selain itu zat gizi yang terkandung dalam sarang burung walet merupakan unsur vital pembentuk sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen. Dan hasil oksidasi selam metabolisme. Itulah sebabnya sarang walet banyak digunakan untuk penyembuhan penderita anemia.

Selain itu berdasarkan hasi penelitian, sarang burung walet juga dapat mengatasi penyakit kanker. Hal ini sudah di uji dengan penelitian menggunakan tikus.

Dalam penelitian ini, di lakukan 2 percobaan yang berbeda, yang pertama kelompok tikus yang tidak diberi sarang walet pada pakannya sedangkan kelompok yang kedua diberi sarang walet pada pakannya.

Semua tikus diberikan zat karsinogenik yang merupakan zat pemicu kanker. Hasilnya, kelompok tikus yang diberi sarang walet hanya 30% yang terkena kanker, sedangkan 70 %  tikus lainnya bersih dari kanker. Sementara pada tikus yang tidak mendapat pakan sarang walet semuanya terserang kanker dan pada akhirnya mati.

Berikut ini khasiat sarang burung walet menurut Dewan riset nasional tahun 1998 :

  1. Menjaga kesegaran tubuh.
  2. Obat sakit pernapasan.
  3. Meningkatkan vitalitas.
  4. Membuat awet muda.
  5. Memelihara kecantikan.
  6. Menambah tenaga dalam.
  7. Menghambat pertumbuahn sel kanker.
  8. Menghilangkan pengaruh alkohol.
  9. Meningkatkan kosentrasi.
  10. Obat diabetes melitus.
  11. Sumber protein tinggi.
  12. Dapat menurunkan demam.

Simak Juga :

5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

5 Jenis Burung Walet Paling Dicari Di Indonesia

One thought on “Khasiat dan Kegunaan Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan 

  1. Pingback: √ 5 Jenis Burung Walet Paling Dicari  Di Indonesia | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.