5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

By | November 2, 2019

Cara Budidaya walet

Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet – Dalam meningkatkan produksi sarang dalam rumah walet yang Anda perlu perhatikan adalah mengenai syarat-syarat budidaya burung walet, sarana penunjang untuk meningkatkan produksi, efisiensi dan teknologi tinggi tentang behavior burung walet.

Disini kami membagi 5 rahasia sukses dalam budidaya burung walet antara lain sebagai berikut :

  1. Menentukan lokasi potensial untuk mendirikan rumah walet
  2. Menyempurnakan syarat-syarat wajib dalam budidaya walet.
  3. Penggunaan sarana penunjang budidaya burung walet.
  4. Mengetahui Sifat burung walet
  5. Bergabung dengan Komunitas Resmi Pengusaha Walet

Menentukan Lokasi Potensial untuk mendirikan rumah walet

Jangan pernah mendirikan gedung/rumah walet di lokasi yang bukan merupakan jalur terbang walet. Semegah atau sebagus apapun gedung walet apabila tidak di jalur terbang walet maka tidak akan memberikan hasil apa-apa ketika lokasinya salah.

Lokasi yang tepat untuk mendirikan gedung walet biasanya terkait oleh beberapa faktor penunjang, seperti ketersediaan pakan alami, ketinggian tempat, tingkat kebisingan dan polusi. Berikut ini area yang dapat dijadikan lahan untuk mendirikan gedung walet sebagai berikut :

  1. Berada di lokasi terbang walet, lokasi sangat menentukan pembudidayaan burung walat. Apabila lokasinya tidak tepat meskipun di dirikan bangunan yang megah dan memiliki fasilitas yang lengkap maka tidak akan menghasilkan apa-apa.
  2. Lahan pertanian yang subur dengan sistem irigasi yang baik. Pada umumnya, lahan pertanian akan mengundang kehadiran serangga yang merupakan makanan utama burung walet. Secara tidak langsung keberadaan gedung walet di lokasi tersebut juga menyediakan pakan alami bagi burung walet.
  3. Berada di dataran rendah, idealnya berada di ketinggian 600 Meter diatas permukaan laut. Apabila lokasi terlalu tinggi walet akan sulit untuk berkembang.
  4. Daerah bebas dari polusi. Secara tidak langsung polusi dapat membunuh serangga terbang yang menjadi makanan utama walet.
  5. Daerah yang tenang dan tidak bising. Lokasi yang bising dapat mengganggu ketenangan walet. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi-lokasi yang jauh dari berbagai sumber bunyi yang mengganggu ketenangan walet.
  6. Darah tidak banyak dihuni oleh predator. Gedung walet sebaiknya berada di lokasi yang tidak banyak terdapat hewan pemangsa seperti burung eleng, burung hantu atau musang.

Untuk Mengetahui Khasiat dan Kegunaan Sarang Burung Walet Silakan Klik Disini

Menyempurnakan Syarat-syarat wajib budidaya burung walet

Agar produksi sarang walet dapat mencapai optimal, maka syarat-syarat kondisi rumah walet harus dipenuhi terlebih dahulu, agar dapat mendukung kecepatan perkembangan populasi burung walet, syarat yang harus terpenuhi antaralain sebagai berikut :

Temperatur dalam rumah walet

Temperatur Ideal di dalam ruangan rumah walet adalah 28 Celcius, apabila kurang harus dinaikkan dengan cara menutup semua ventilasi atau gentingnya diganti dengan seng. Apabila lebih harus di turunkan dengan cara menambahkan ventilasi atau genting diganti cor beton atau dibuatkan doubel atap.

Kelembaban dalam rumah walet

Sebaiknya kelembaban dalam ruangan adalah 80 sampai 90 %. Apabila kurang dari 80% sebaiknya dinaikkan dengan menambahkan bak-bak air di ruangan tersebut. Atau dengan membasahi semua dinding rumah walet.

Sinar Yang masuk ke dalam ruangan rumah walet

Untuk meningkatkan produksi sarang walet sebaiknya sinar yang masuk ke dalam ruangan harus dikurangi dan sebaiknya sinat tidak lebih dari 0,02 lux. Dalam kondisi ini adalah merupakan kondisi optimal bagi burung walet. Untuk mengurangi sinar matahari yang berlebih di dalam rumah walet Anda dapat mengganti ventilasi dengan paralon-paralon kecik usahkan arah paralonya ke bawah.

Selain dengan mengubah ventilasi, Anda juga dapat menambahkan cerobong penghalang sinar matahari pada lubang masuk burung, Selain itu Anda juga dapat menggunakan sistem sekat ruangan. Sehingga sinar yang masuk dapat terkontrol. Dalam melakukan sistem sekat anda harus memperhatikan dan memperhitungkan tenntang arus terbang burung walet.

Sistem Pemasangan Sirip Yang Benar

Sirip merupakan sarana utama penambah produksi sarang burung, apabila sirip tidak dipasang dengan benar. Maka akan dapat mengurangi produksi sarang burung walet.

Sebagai contoh pemilihan sistem bujur harus dipasang melintang terhadap arah masuk sinar matahari, apabila tidak dilakukan maka Sirip tidak akan ditempati oleh burung. Selain itu pemasangan sirip yang tidak merapat pada plafonnya akan mengganggu produksi sarang.

Penggunaan Sarana penunjang budidaya burung walet

Sarana pendukung sangat membantu dalam meningkatkan produksi sarang burung, seperti :

  • Menggunakan SWO-2. Adalah sirip yang telah diberi bau peransang, sehingga sangat disukai oleh burung walet. Sirip SWO-2 dapat menghalang sinar matahari dan berfungsi sebagai pemecah koloni, sehingga dengan demikian masing-masing koloni dapat berkembang biak tanpa ada gangguan dari koloni lain.

Penggunaan SWO-2 sangat mendukung untuk meningkatkan produksi sarang burung, dengan SWO-2 juga membuat burung walet lebih mudah untuk menempatkan sarangnya.

  1. Membuat hujan kabut buatan. Hal ini sangat mendukung penambahan populasi burung walet, apabila di sekitarnya terdapat rumah walet, maka hujan kabut buatan akan mendukung pertambahan burung walet dan meningkatkan produksi sarang burungnya. Karena burung yang tinggal menjadi betah di dalam rumah.
  2. Rumah walet bebas dari hama. Terutama tikus, untuk mengatasi hama tikus Anda harus rajim untuk memberi racun tikus agar rumah walet terbebas dari hama tikus, apabila hama dapat terkendali maka akan meningkatkan produksi sarang walet.
  3. KW-3 sangat mendukung bila ditaburkan pada ruangan yang kurang berproduksi, akan dapat membantu agar burung walet cepat bersarang. KW-3 adalah jenis kotoran walet yang sudah diolah sehingga terbebas dari hama dan baunyapun tahan lama.

Cara penggunaan Kw-3 Cukup mudah yakni dengan cara menaburkan di lantai Anda tidak perlu mengoleskannya ke tembok.Satu karung KW-3 dengan bobot 25 Kg cukup untuk menutupi lantai seluar 4 meter persegi. Secara perlahan Kw-3 akan mengeluarkan bau kotoran yang sangat efektif untuk memancing walet unutk berkunjung dan menetap untuk membuat sarang di rumah walet.

  • PW-Cair dapat membantu menghilangkan bau yang tidak disukai walet. Bau yang kurang disukai walet akan membuat walet menjadi tidak kerasan dan pada akhirnya akan meninggalkan rumah walet.

Cara Penggunaan PW-cair atau parfum walet yakni dengan menyemprotkan atau dioleskan ke dinding ruangan di bawah sirip, sirip yang terbuat dari benton yang telah terpasang juga dapat diolesi PW-Cair, sedangkan sirip kayu sebaiknya tidak diolesi. hal ini karena sirip kayu yang basha akan lama kering sehingga menimbulkan tumbuhnya jamur.

  1. Menyediakan bibit matoro mini, hal ini sangat bermanfaat untuk menyokong penyediaan serangga makanan walet, sehingga anak burung walet lebih mudah untuk mencari makan, tidak perlu terbang terlalu jauh untuk mencari makan.
  2. Ini bermanfaat untuk memebantu mengontorl suhu dan kelembapan udara di dalam rumah walet, sehingga dapat membantu peningkatan produksi sarang walet.
  3. Menggunakan Kaset atau CD suara walet.

Pemancingan perlu dilakukan secara intensif pada awal pengembangan rumah walet.Walet hidup secara berkoloni, mereka akan tetarik mendekati tempat yang rami dengan suara koloni. Selain berfungsi untuk memancing walet pendatang, suara juga dapat memanggil kembali walet yang sudah kabur dan membuat burung betah sehingga akan meningkatkan populasi dan produksi serta penyebaran koloni di dalam rumah walet.

Membuat Sarang Tiruan.

Sarang tiruan sebenarnya juga dapat digunakan untuk alat memancing walet. Dengan adanya sarang tiruan maka seolah-olah di dalam ruangan burung walet sudah terisi sehingga burung tidak merasa takut untuk menetap. Apabila hal ini juga turut dibantu dengan suara tiruan walet dari CD atau kaset. Sarang yang digunakan sebaikanya berapa kombinasi dari sarang kertas, sarang plastik dan sarang rumput.

Untuk Mengetahui Cara Memanen Sarang Burung Walet yang Benar Silakan Klik Disini

Mengetahui Sifat Asli burung walet

Untuk merahih sukses dalm budidaya walet, kita harus tahu sifat asli dari burung wlaet, baru kita dapat berhasil mencapai produksi yang optimal.

Pengaturan Arus terbang burung walet

Burung walet jika terbang hanya mengenal sistem satu arah saja. oleh sebab itu untuk mempercepat produksi sarang walet, kita harus mengikuti sifat-sifat alami burung walet. Pada rumah walet dengan sistem kamar harus benar-benar menguasai arus terbang burung, agar dapat menghasilkan sarang walet yang maksima.

Disini Kita dituntut keterampilan dan ketelitian dalam menentukan lubang antar ruang, supaya setiap ruangan dapat penuh dengan sarang walet. Bila arus terbang burung belok ke kanan, maka lubang antara ruang sebaiknya pada sisi kanannya.

Arus terbang sistem jalan toll

Pada sistem jalan toll burung masuk dan keluat tanpa ada hambatan sama sekali karena dapat berputar di dalam ruangan atau berputar melalui jalan toll antara 2 ruangan atau lebih. Keunggulan sistem ini adalah burung walet dapat hinggap pada seluruh area ruangan,karena dapat terbang dari empat penjuru lubang pada  ruangan tersebut.

Bergabung dengan Komunitas Resmi Pengusaha Walet

Dengan Anda bergabung dengan komonitas pengusaha walet, setidaknya Anda dapat belajar dan saling bertukar informasi tentang problematika bisnis sarang burung walet.

Simak Juga :

6 Cara Membedakan Burung Walet dan Seriti

One thought on “5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

  1. Pingback: √ 7 Manfaat Cabe Rawit ungu Bagi Kesehatan | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.