Inilah 6 Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Agar Tumbuh Subur

By | Februari 14, 2020

RUMPUT JEPANG

6 Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang – Rerumputan mempunyai struktur tersendiri yang memungkinkan untuk bersaing di alam bebas dengan tumbuhan lain dan menang. Salah satu rumput yang banyak dibudidayakan Di Indonesia ialah Rumput Jepang rumput ini banyak digunakan untuk menutupi tanah seperti lapangan bola, golf, Halaman rumah, mall dan lain sebagainya.

Selain itu lapangan rumput ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya erosi. Lapangan hijau ini bertindak sebagai “karpet alami yang melindungi tanah dari kondisi lingkungan yang jelek (suhu, curah hujan, dan angin kencang). Kesehatan dan keindahan suatu padang rumput sangat tergantung pada bagaiman teknik budidaya yang dilakukannya.

Meskipun Disebut dengan rumput jepang. Sebenarnya, tanaman ini bukanlah asli dari negara jepang. Tanaman ini diperkirakan berasal dari negara tercinta kita sendiri. Pemberian nama ini lebih karena kebiasaan orang +62 dalam membedakan jenis tanaman berdasarakan bentuk dan ukurannya Sehingga mudah untuk diingat dan mudah disebutkan oleh lidah orang Indonesia.

Rumput ini dibeberapa daerah disebut dengan rumput jarum. Dinama seperti ini karena bentuk ujung rumputnya yang meruncing atau lancip.

Berikut ini Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang :

  1. Cara Memperbanyak Bibit Rumput Jepang

Secara umum rumput jepang dapat dikembangbiakan melalu dua cara yakni secara generatif (biji) dan vegetatif

Perkembangbiakan Rumput Rumput umumnya membiak dengan dua cara yaitu generatif
(biji) dan vegetatif.

Secara Generatif (Biji)

Memperbanyak tanaman dengan cara generatif, akan menghasilkan tanaman baru yang bergantung pada sifat indukannya. Namun, terkadang menghasilkan anakan yang tidak serupa dengan indukannya.

Adapun Untuk penanaman rumput yang berasal dari biji maka terlebih dahulu harus disemai pada petak semaian atau bak kecambah.

Untuk ukuran petak semaiannya tergantung seberapa luas lahan yang akan ditanami. Alangkah biaknya meletakkan tanah top soil dan bahan organik dengan ketebalan 2 cm, bahan organik ini akan membantu pertumbuhan dan meningkatkan porositas tanah sehingga memudahkan pindah tanam. Tanaman rumput baru dapat dipindah tanam, setelah berumur lebih kurang 2 (dua) bulan.

Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif dapat dilakukan melalui bagian-bagian tertentu pada rumput tersebut. Biasanya stolon atau rhizome. Cara ini biasa dilakukan untuk rumput-rumput hybrid yang biasanya menghasilkan bunga dan tidak dapat menghasilkan biji (steril atau mandul). Cara ini akan menghasilkan tumbuhan anak yang mempunyai sifat sama dengan induknya.

Stolon ialah sejenis akar yang menjalar di atas permukaan tanah, sedangkan rhizom ialah
akar yang menjalar di bawah permukaan tanah.

Tiap jenis rumput akan mempunyai sifat “stoloniferous” atau “rhizomatous” yang akan menunjukkan bagaimana ia paling mudah dibiakkan. Pucuk daun atau akar akan keluar dari buku Jika stolon atau rhizom yang mempunyai buku ini jatuh pada habitat yang sesuai, maka akan tumbuh akar untuk memulai kehidupan sebagai suatu tumbuhan yang baru.

Selain kedua cara diatas tanaman ini juga dapat diperbanyak melalui pemisahan anakan.

2. Memilih Benih 

  • Pilihlah benih yang sudah berumur kurang lebih 2 bulan
  • Pilih bibit tanaman yang berwarna hijau segar
  • Pilihlah bibit yang sehat, tidak terserang hama atau penyakit.
  • Tektur rumput keras dan tidak layu
  • Pisahkan rumput menjadi beberapa bagian kecil
  • Pastikan saat memisahkan, bagian akar tanaman ikut terpisah.
  • Tanaman ini tidak akan dapat tumbuh tanpa adanya akar, sehingga pastikan akar tanaman ikut saat akan ditanam.

3. Mempersiapkan Lahan Tanam

Lahan yang dibutuhkan untuk menanam rumput merupakan lahan yang rata ataupun bergelombang tergantung lahan yang Anda miliki yang terpenting lahan berada di tempat yang tidak mudah tergenang air, Kemudian, bersihkan lahan dari batu atau benda-benda yang dapat menghambat pertumbuhan rumput jepang.

4. Mengolah Lahan Tanam

Lakukan pengolahan tanah dengan cara mencangkul lahan untuk menggemburkan lahan. Jika areal tanam cukup luas, Pengolahan tanah dapat menggunakan mesin. Setelah gembur, lakukan penggarukan. hal ini bertujuan untuk meratakan permukaan tanah dan membuang kotoran-kotoran seperti ranting, pohon, batu, atau gulma yang masih tersisah di permukaan tanah.

Langkah selanjutnya, taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang di permukaan lahan. dengan kepadatan 2,5 kg per-meter perseginya. Setelah itu siram dengan air agar pupuk meresap kedalam tanah.

Diamkan selama 4-7 hari, barulah Anda dapat melakukan penanaman. Sebelum ditanam buatlah lubang tanam dengan jarak 10-10 cm.

5. Menanam Rumput Jepang Di Lahan

Sebelum dilakukan penanaman Alangkah Baiknya Anda melakukan pembentukan lanskap sesuai dengan keinginan. Pengaturan lanskap ini memberikan peta pada bagian mana yang akan dilakukan penanaman rumput.

Setelah itu, lakukan penanaman dengan teknik bunga anyelir seperti dibawah ini :

  • Sebelum benih ditanam sebaiknya benih disiram untuk menghilangkan kotoran yang masih tertinggal.
  • Lakukan penanaman pada sore hari atau pada pukul 16.00 keatas karena pada waktu ini cuaca tidak terlalu panas.
  • letakkan bibit di lubang yang sudah dibuat kemudian tutup kembali dengan tanah.
  • Siram bibit dengan air secukupnya.
  • Lakukan penyirman secara rutin terutama ketika masih awal penanaman.

6. Perawatan dan Pemeliharaan

Rumput yang baru ditanam sebaiknya, jangan diinjak dulu supaya mempercepat pertumbuhannya.

Selain itu, untuk mempercepat pertumbuhan rumput Anda perlu melalukan pemeliharaan dan perawatan khusus. Seperti sebagai berikut :

Penyiraman

Pada awal penanaman penyiraman sangat perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan akar rumput. Idealnya penyiraman dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Penyiangan

Pendangiran atau penyiangan dilakukan jika ada gulma atau rumput liar  yang tumbuh di lahan tanam. Lakukan penyiangan dengan cara mencabut gulma secara manual yakni dengan tangan atau dengan menyemprot dengan herbisida.

Pemangkasan

Agar tumbuh seragam lakukan pemangkasan pada rumput yang tinggi. Pada umumnya tanaman yang sudah berumur 90 hari sudah harus dipangkas. Apabila tidak dilakukan pemangkasan maka lama kelamaan akan membuat daunnya menjadi kuning kemudian kecoklatan dan pada akhirnya akan mengering dan mati.

Pemupukan

Keperluan unsur hara dari masing-masing tanaman berbeda satu sama lain. Pada umumnya tanah-tanah daerah tropis memiliki pH yang rendah (dibawah 6) dan bersifat masam, kondisi ini membutuhkan pengapuran yang jumlahnya bergantung tinggi rendahnya pH tersebut.

Umumnya kita dapat menggunakan kapur pertanian sebanyak 5-10kg/100 m persegi.

Pemberian hara pada tanaman rumput mutlak diperlukan agar pertumbuhannya indah.

Terdapat sekitar 16-17 unsur hara yang dibutuhkan rumput.

Hilangnya hara pada rumputan dapat disebabkan oleh terbawa panen, diambil tanaman, pencucian, penguapan dan sebagainya yang menyebabkan berkurangnya hara dari dalam tanah.

Peningkatan produktivitas tanah ini dapat dilakukan dengan penambahan berbagai hara.

Kapan kita harus melakukan pemupukan tergantung pada:

  • Kebutuhan tanaman
  • Kondisi hara pada tanah

Jumlah pupuk yang diberikan pada tanah tergantung pada:

  • Analisa tanah
  • Analisa tanaman

Penambahan pupuk urea akan melancarkan proses adaptasi rumput gajah ke lingkungan barunya cukup satu kali dalam sebulan pertama. Selanjutnya, berikan pupuk urea tiga bulan sekali.

Belakangan ini dikenal soil conditioner (kondisioner tanah) sebagai campuran media tanah.

Untuk luasan 2 meter persegi tanah dicampur 1 kg kondisioner tanah berbahan copolymer asam acrylamide dan acrylic. Pertumbuhan rumput menjadi prima selama 2 tahun. Pemberian kondisioner tanah membantu rumput beradaptasi pada kondisi kekeringan.

Kondisioner tanah ialah bahan yang mampu membuat kondisi tanah atau media menjadi lebih baik. Umumnya sifat tanah yang diperbaiki meliputi: struktur tanah, aerasi dan drainase tanah, serta kemampuan memegang air dan hara tanah

Dewasa ini tujuan utama konsumen memakai kondisioner untuk menstabilkan struktur tanah.

Itulah 6 cara menanam dan merawat rumput jepang agar dapat tumbuh dengan baik. Semoga ulasan singkat ini dapat berguna dan menjadi referensi Anda dalam menanam rumput jepang…..

sumber :

dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.