Cara Menyembuhkan Penyakit Cacar Pada Ayam Bangkok

By | Desember 31, 2020

dewitani.com – Penyakit cacar ayam atau yang umum disebutkan Avian Pox atau fowl diphtheria ialah penyakit menyebar pada unggas (ayam,burung,bebek dan lain-lain) penyakit ini diikuti adanya bungkul-bungkul di kulit atau lesi difteritik pada selaput lendir mulut dan esophagus. Penyakit cacar ayam ini menyerbu seluruh tipe ayam, yakni ayam buras, ayam Bangkok, ayam petelur, dan ayam kate bahkan juga burung.

Walau Avian pox memiliki daya tebar yang relatif lamban tetapi pengatasannya harus berhati-hati. Avian pox berasal dari minimum 3 strain atau type yakni: fowl pox virus (virus cacar pada unggas), pigeon pox virus (virus cacar pada burung dara) dan canary pox virus (virus cacar pada burung kenari).

Umumnya cacar yang berlangsung pada ayam berasal dari fowl pox virus. Virus ini bisa disebarkan langsung atau tidak langsung. Virus ini benar-benar resisten pada keropeng yang kering dan dalam beberapa keadaan bisa hidup sampai beberapa waktu.

Virus ini bisa ditransmisikan lewat beberapa spesies nyamuk. Nyamuk ini akan bawa virus yang infeksius ini sesudah nyamuk itu menggigit unggas yang terkena.

Walau fowl pox penebarannya relatif lamban, temanan unggas ini bisa punya pengaruh sepanjang beberapa waktu. Perjalanan penyakit ini memakan waktu seputar 3-5 minggu.

Tanda-tanda yang didapat pada penyakit ini ialah: – perkembangan yang lamban pada unggas muda – telur turun pada masa layer – kesusahan bernapas dan makan – dry pox, diawali pada “small whitish foci” dan berkembang jadi “wart-like nodules”.

Nodule itu selanjutnya akan terkelupas dalam proses pengobatan. Lesi ini umumnya nampak di bagian badan yang tidak berbulu seperti lubang telinga, mata , jengger, pial dan terkadang diketemukan di kaki. – wet pox diasumsikan dengan cavitas oral dan traktus respiratorius sisi atas, khususnya pada laryng dan trakea.

Tanda-tanda medis yang diakibatkan yakni: Periode inkubasi penyakit cacar ayam seputar 5-7 hari. Pada masalah enteng, selera makan ayam masih baik. Tetapi, pada masalah berat, ayam akan alami stres, selera makan turun. Berdasar posisi lesi-nya, ada tiga wujud penyakit cacar ayam, yakni : wujud kulit (cutaneus), difteria dan wujud roup.

BACA JUGA :  Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Dari Kecil

Wujud kulit diikuti adanya bungkul-bungkul cacar sama ukuran yang beragam pada pangkal paruh, kelopak mata, kulit kepala, jenger, pial, kulit kaki dan jemari kaki.

Pada wujud difterik, ada lesi yang berbentuk material seperti keju pada mukosa mulut, esophagus, larynx, dan trachea.

Pada wujud roup, diikuti adanya lesi pada rongga hidung dan trachea hingga kerap mengakibatkan masalah pernapasan unggas sama dalam penyakit snot/coriza.

Cara penjagaan yang khusus ialah memberi vaksinasi pada ayam. Pemberian vaksinasi dikerjakan dengan lakukan penusukan pada sayap dengan jarum spesial.

Beberapa ciri Cacar Pada Ayam Bangkok

Waktu ayam bangkok terserang cacar kita dapat melihat-cirinya sebab cukup dan karcis dipisah jadi 2, ada cacar kering dan cacar basah.

Cacar Kering

Cacar kering umumnya menyerbu dibagian kulit ayam di seputar mata, paruh, kaki dan cakar. Dibagian itu akan tampil tonjolan seperi kutil hanya kering. Jika tampil dibagian paruh yang dekat sama hidung ayam, umumnya ayam nafasnya tersengal-sengal, kesusahan makan, nampak lemes pada unggas atau ayamnya sebab kekurangan makan / minum.

Cacar Basah

Tipe cacar basah terhitung beresiko sebab pastinya infeksi. Umumnya di bagian yang terserang cacar berair, berwarna coklat bahkan juga membengka. Bila didiamkan akan menggangu kesehatan sang ayam sebab harus selekasnya sembuh. Yang pasti untuk pengobatan penyakit telah terkena semakin lama.

Pemicu Cacar Pada Ayam Bangkok

Penyakit cacar atau kulit pada unggas khusunya ayam ada pemicu yang perlu kalian tahu. Pemicu cacar dapat berasal dari banyak hal, misalnya:

BACA JUGA :  Ciri Ayam Bangkok Petarung Gaya Pukul Depan dan Samping

Serangga

Pemicu pertama dapat dari DR. Kalian tentu tahu kotoran kotoran kotoran sebab hidupnya di tanah misalnya: nyamuk dan lalat. Hewan itu tidak langsung waktu menghinggapi ayam tinggalkan kotoran. Nah kotoran itu berkembang biak dan jadi penyakit.

Tempat dan Kandang

Tempat dan kandang ayam bisa juga jadi factor pemicu penyakit cacar pada ayam bangkok. Tempat pakan / minum yang menjadi tempat penyakit apa lagi yang tidak dibikin bersih secara periodik sampai warna airnya kotor. Disamping itu pada kandang ayam khususnya pada kotoran ayam. Kotoran ayam ada bermacam jenis virus dan kuman.

Dengan 2 pemicu yang saya sebut di atas berasal dari virus Pox. Cacar virus adalah virus cacar yang serupa dengan virus cacarnya manusia. Virus ini dikenali kerap mengontaminasi tipe unggas dari 60 spesies yang tidak mengenali umur atau tipe kelamin. Virus Pox sanggup berada di lingkungan sampai beberapa bulan serta semakin lama pada kerak kulit sampai sekian tahun.

Obat Cacar Pada Ayam Bangkok

Obat untuk mengobati cacar pada ayam bangkok, saya ada banyak obatnya yang dipisah jadi 2, yakni obat natural serta bikinan. Ini daftar obatnya:

Obat Alami Cacar Ayam Bangkok

Bawang putih

Obat herbal yang kerap digunakan untuk menyembuhkan cacar atau kutil pada ayam ialah bawang putih. Bawang putih itu mempunyai faedah yangbanyak sekali bahkan juga untuk mengobati penyakit pada juga manusia. Nah bawang putih dapat digunakan untuk menyembuhkan cacarnya.

Obat Bikinan/Pabrik Cacar Ayam Bangkok

A. Neo Blue

Obat tipe methylene blue anti septik yang dibungkus berbentuk botol ini benar-benar pas untuk perawatan cacar / kutil pada ayam. Obat Neo Blue ini sebab macamnya methylene blue benar-benar manfaatnya untuk membunuh jamur atau parasit yang ada pada cacar. Obat ini seharusnya tersimpan dalam tempat terbuka dan tidak lembab.

Harga obat Neo Blue: Rp. 23.000

B. CIL

Obat tipe salep dari medion yang berperan untuk mengobati cedera atau infeksi cacar pada ayam. Salep ini adalah obat antiseptik seperti obat neo blue hanya harga tambah murah. Penyimpanan untuk oabt ini seharusnya di lokasi yang tidak lembab.

BACA JUGA :  13 Ciri-Ciri Ayam Bangkok Pukul Mematikan

Harga obat CIL: Rp. 6.000

C. Medivac Pox

Pox Medivac adalah obat tipe vaksin yang penting langkah penyembuhan spesial dibandingkan 2 obat di atas. Sebab obat medivac macamnya vaksin jadi perlu memakai alat yakni suntik. Harga yang dijajakan pastinya mahal sebab vaksin. Untuk penyimpanan vaksin seharusnya ditempatkan pada suhu ruang yang dingin, seperti pada kulkas.

Langkah Menyembuhkan Cacar Pada Ayam Bangkok

Bawang Putih

Langkah menyembuhkan cacar dengan bawang putih pada ayam ada banyak step, misalnya:

  • Persiapkan 1-2 biji bawang putih dan air hangat
  • kupas dan bersihkan bawang putih
  • Tumbuk bawang putih sampai lembut
  • gosokkan lebih dulu hangat udara ke sisi cacarnya
  • Lalu berikan bawang putih ke sisi cacarnya sampai setelah

Neo Blue dan CIL


Ke-2 obat ini macamnya sama, yakni antiseptik. Jadi kerjakan triknya sesudah cacar / kutil terkelupas. Untuk memberi antiseptik langsung berikan saja pada cacar yang telah mengelupas. Sebab bila telah mengelupas akan bisa lebih cepat untuk pulih. Penyembuhan dikerjakan sampai cacar pulih.

Langkah Menahan Cacar Pada Ayam Bangkok

Dengan kita ketahui, sinyal, pemicu, obat, dan langkah menyembuhkan cacar pada ayam kalian dapat mengetahui langkah menahan supaya tidak ada kembali. Langkah menahan cacar menulari ayam kembali, ada sesuatu hal yang perlu dikerjakan:

  • Bersihkan tempat pakan, minum, dan kandang dengan teratur. Kadang umumnya kotor sebab debu atau bulu ayamnya. Disamping itu kotoran ayam yang menimbun harus dibikin bersih secara teratur sebab tempat berkumpulnya dan virus.
  • Beri antiseptik disinfektan tiap 1-2 bulan sekali ke kandang ayam. Disemprotkan ke semua pojok kandang supaya masih steril.
  • Penyuntikan vaksin yang saya sebut di atas ke ayam yang telah terserang atau belum supaya kesehatan ayam masih terlindungi dan tidak terserang cacar kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.