Mengenal Kucing Ragdoll dari Fakta, Ciri, Karakter, dan Harganya

dewitani.com – Mengenal Kucing Ragdoll – Kucing Ragdoll mungkin dikenal karena bulu putih halus dan mata biru cerahnya. Ragdolls memiliki kepribadian yang sangat lembut dan ramah yang membuat mereka menjadi favorit keluarga dan pecinta kaucing. Beberapa pemilik Ragdoll bahkan menggambarkan sifatnya seperti anjing karna mereka sangat lembut, penyayang dan suka diemong.

Memilih kucing sebagai hewan peliharaan adalah salah satu hal yang paling menarik untuk dilakukan. Selain menjadi teman di rumah, memiliki kucing juga bisa mengurangi risiko stres karena perilaku dan pola kucing anda yang menggemaskan.

Ada berbagai jenis kucing peliharaan yang bisa dipilih sebagai hewan peliharaan di rumah, salah satunya adalah mengenal kucing Ragdoll. Sebelum anda memutuskan untuk memelihara kucing ini, ada baiknya anda mempelajari lebih lanjut tentang kucing Ragdoll di artikel ini!

Kucing ini adalah ras kucing yang unik dan menarik perhatian banyak pecinta kucing. Dia memiliki bulu yang didominasi putih dan area coklat di wajahnya.

Kucing ini memang kalah populer dibandingkan kucing Persia atau Himalaya. Namun jika anda melihat dan menyimpannya sekali saja, anda akan jatuh hati dan berkeinginan untuk memiliki dan merawat kucing bermata biru ini.

Fakta Menarik Mengenai Kucing Ragdoll

Saat ini banyak jenis ras kucing yang menjadi favorit di rumah, mulai dari Angora dan Persia hingga Maine Coon. Namun, selain itu, ada ras lain yang tak kalah menarik, yaitu kucing Ragdoll.

Penampilannya yang imut dan menggemaskan menjadi salah satu daya tarik kucing ini. Kucing Ragdoll memiliki bulu putih yang panjang. Selain itu, terkenal dengan warnanya yang kebiru-biruan. Tentunya hal ini akan menambah keanggunan penampilannya.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya tentang kucing Ragdoll, seperti:

Bukanlah Ras Keturunan Tua

Ragdoll adalah ras yang relatif baru, tidak seperti ras kucing lainnya. Faktanya, menurut kebanyakan orang, ras ragdoll berusia kurang dari 100 tahun.

Banyak ragdoll memiliki bulu berwarna dan runcing, seperti kucing siam. Jadi, banyak yang percaya bahwa salah satu kucing pertama dari ras Ragdoll bisa jadi adalah kucing Burma atau Siam, atau hanya memiliki sifat yang serupa.

Salah Satu Ras Kucing Terbesar

Seperti Maine Coons, Ragdoll adalah kucing yang cukup besar. Pejantan bisa mencapai berat hingga 9 kilogram, sedangkan betina bisa mencapai 7 kilogram. Tapi jangan biarkan ukurannya yang besar diragukan. Ragdolls sangat penyayang, lucu, dan suka memeluk anda. Bisa menjadi latihan angkat beban jika anda menggendongnya.

Mereka Benar-Benar Dinamakan Ragdolls

Ragdoll sangat suka disayang dan dipelukan. Sehingga mereka benar-benar lemas saat anda memegangnya (karena sangat nyaman). Sama seperti permainan ragdoll! Selain itu, banyak ragdoll akan membiarkan anda mendandaninya dengan pakaian kecil yang lucu.

Seekor Kucing Ragdoll Memegang Rekor Dunia sebagai Kucing Janus Tertua

Anak kucing Janus, atau anak kucing yang lahir dengan dua wajah, disebabkan oleh cacat lahir yang sangat langka yang orang sebut diprosopia. Meski kasus ini jarang terjadi, rekor kucing Janus tertua di dunia dipegang oleh Ragdolls bernama Frankie dan Louie, yang juga dikenal sebagai Frankenlouie.

Frank dan Louie, yang berusia 15 tahun, memiliki satu otak, dua mata (mata tengah tidak berfungsi), dua hidung, dan dua mata. Pemiliknya menyelamatkannya dan membantunya menjalani hidup yang panjang, bahagia, dan sehat.

Ragdolls Peringkat Teratas di 2018 Cat Fancier Association

Dengan sifatnya yang manis dan penurut, bulu yang indah dan lembut, serta sifat yang penuh perhatian dan kasih sayang, Ragdolls meraih posisi nomor satu dalam peringkat Top Cat Fanciers Association tahun 2018.

Ciri Fisik Kucing ragdoll

Warna Bulu Kucing Ragdoll yang Bervariasi

Meskipun bulunya yang panjang, putih, dan halus adalah salah satu ciri khas ragdoll yang paling terkenal, namun sebenarnya bulunya bisa memiliki warna yang bervariasi.

Beberapa warna ragdoll yang umum dan banyak yaitu orange, biru, ungu, krem, atau merah . Banyak ragdoll juga memiliki bulu berwarna runcing, seperti kucing siam.

Mata Biru Kucing Yang Cerah

Mata biru cerah Ragdoll yang besar adalah ciri khas lain dari kucing ini. Namun, tidak semua memilikinya. Semua ragdoll ras memiliki mata biru, tetapi mereka mungkin memiliki mata biru tua, hijau atau emas yang berubah warna selama masa mudanya.

Kuping Kucing yang Unik

Jarak antara telinga kiri dan kanan Ragdoll tidak jauh. Bentuknya naik membentuk segitiga. Telinga biasanya berwarna merah muda, sedangkan bulu luarnya berwarna coklat atau hitam yang cenderung gelap.

Perutkucing Ragdoll yang Buncit

Meski kurus, perut kucing ini akan tetap kenyang karena bahunya yang lebar sehingga memberikan kesan perut selalu penuh. Namun, itu bisa membuatnya terlihat sangat imut, bukan?

Kaki Ragdoll yang Panjang dan Besar

Jika diperhatikan dengan seksama, Ragdoll memiliki kaki yang panjang, kuat dan kokoh. Bentuk kaki-kaki seperti ini sangat proporsional untuk menopang bobot tubuhnya yang kekar. Secara umum, semakin berat kucing ragdoll, semakin besar dan kuat pula kakinya.

Ekor Kucing Ragdoll yang Panjang

Ragdoll adalah kucing berekor panjang dengan bulu terkulai yang menutupi seluruh ekor. Warna bulu ekornya merupakan campuran dari semua warna pada tubuh kucing. Ada juga coklat dan putih atau hanya satu warna.

Bobot Tubuh

Berat rata-rata ragdoll betina hampir sama dengan jantan, berkisar antara 4kg hingga 9kg. Tetapi itu juga tergantung pada bagaimana anda memberi makan dan merawatnya.

Kucing Ragdoll Lambat Menjadi Dewasa (umur yang panjang)

Itu tidak hanya mengacu pada kepribadian lucu mereka. Namun, kucing ragdoll tidak dianggap dewasa sepenuhnya sampai mereka mencapai usia empat tahun.

Ragdoll akan terus tumbuh, sebagai ras “dewasa lambat”. Warna dan pola bulu mereka kemungkinan akan terus berubah sampai mereka berusia sekitar empat tahun.

Bulu Ragdolls Tidak Banyak Rontok

Meskipun bulunya panjang dan halus, namun tidak mudah rontok. Dan jika anda membandingkannya dengan kucing lain, maka sangat mudah untuk merawatnya.

Karena Ragdoll tidak memiliki lapisan bawah yang tebal dan tidak mudah rontok. Yang harus anda lakukan untuk menjaga bulu tetap bersih dan sehat adalah menyikatnya beberapa kali seminggu

Anda harus menjaga kecantikan dan kesehatan bulu kucing anda. Mantel panjang Ragdoll dapat menyebabkan kusut. Gunakan alat ini untuk mengurai dan menghilangkan rambut dan kulit mati di bawahnya. Belilah sikat bulu yang dapat digunakan untuk semua jenis bulu, dari yang pendek, panjang, hingga yang tebal.

Suhu Dapat Menentukan Warna Bulu Ragdoll

Bukan hanya gen yang berkontribusi pada warna bulu Ragdoll. Biasanya, warna bulu kucing ditentukan oleh beberapa kombinasi gen, sedangkan pola pada bulunya ditentukan oleh gen yang dimodifikasi.

Seperti kucing Siam, Ragdolls memiliki gen modifikasi khusus yang mencegah pigmen berkembang di mantel mereka dan menyebabkan albinisme. Namun, kecepatannya hanya dapat memengaruhi pewarnaan bulu kucing pada suhu antara 37 dan 39 derajat Celcius.

Atau saat kucing dalam kandungan ibunya atau terkena suhu ekstrim. Saat tubuh Doll turun di bawah 37°C, gen warna bulunya aktif dan mampu mentransfer pewarna ke bulunya.

Karena tubuh kucing biasanya memiliki suhu tubuh yang lebih rendah di sekitar hidung, telinga, cakar, dan ekornya, di sinilah biasanya pewarna ditemukan.

  Perbedaan Burung Betet Jantan Dan Betina

Kebanyakan Ragdoll terlahir dengan kulit putih sempurna dan tandanya berkembang dalam beberapa minggu pertama kehidupannya. Karena mereka tidak lagi terkena kehangatan rahim ibu mereka.

Karakter dan Sifat Kucing Ragdoll

Ragdoll Menyukai Air

Banyak jenis kucing yang tidak menyukai air. Namun, kasus ini berbeda dengan kucing Ragdoll. Mengenal Kucing Ragdoll yaitu jenis kucing yang menyukai air. Ini akan memudahkan anda untuk memandikan kucing Ragdoll anda. Waktu mandi adalah salah satu waktu yang paling menyenangkan bagi kucing ragdoll. Jadi, pastikan agar memandikan kucing Ragdoll anda dengan benar.

Perhatikan air yang anda gunakan untuk memandikan kucing,pastikan tidak terlalu panas dan dingin. Anda juga harus menggunakan sampo khusus untuk kucing. Setelah semuanya bersih, bilas seluruh tubuh kucing. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa.

Memiliki Karakter Seperti Anak Anjing

Kucing Ragdoll memiliki julukan kucing “puppy like”. Hal ini dikarenakan kucing Ragdoll memiliki kepribadian yang mirip dengan anak anjing. Kucing Ragdoll tampak nyaman berada di sekitar pemiliknya.

Kucing Ragdoll suka menunggu pemiliknya pulang di depan pintu lalu mengikuti dan duduk bersama, bahkan suka tidur dengan pemiliknya. Inilah sebabnya mengapa kucing ragdoll disebut anak anjing.

Sifat Ragdoll yang Tenang

Kucing Ragdoll memiliki sifat yang sangat tenang. Ini menjadikan kucing Ragdoll sebagai hewan peliharaan yang cocok jika anda memiliki anak kecil di rumah.

Cara Merawat Ragdoll

Untuk selalu dapat melihat keindahan fisik dan kegembiraan perlu mengenal kucing Ragdoll favorit anda. Harus sangat berhati-hati tidak harus mahal dan memakan waktu, tetapi lakukan secara konsisten. Untuk mandi, lakukan seminggu sekali, apalagi jika kucing hanya bermain di dalam rumah.

Namun pastikan menggunakan shampo khusus anti kutu, agar tidak terserang kutu yang akan mempengaruhi kesehatannya. Dalam perawatan bulu, anda cukup menyisirnya setiap dua minggu sekali. Pasalnya, bulu Ragdoll tidak tergolong cepat kusut.

Hal ini sangat berbeda dengan merawat kucing berbulu panjang yang sangat mudah menjadi gimbal jika tidak menyikatnya secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan telinga dengan obat tetes telinga untuk kucing secara teratur dan pijat bagian luar telinga selama lima menit.

Kemudian gunakan tiang garukan untuk memotong kuku ragdoll agar tetap bersih dan tidak panjang. Lakukan ini secara teratur sesuai dengan panjang dan tingkat kotoran pada kuku kucing anda. Agar kucing tidak mudah stres, beri kucing anda mainan dan mainlah bersamanya. Ini juga dapat menangani kucing yang kelebihan berat badan sehingga mereka dapat kembali ke kondisi sempurna mereka.

Lakukan pembersihan kandang secara rutin untuk menghindari datangnya kuman, bakteri dan virus. Terutama jika Ragdoll anda suka bermain di luar rumah sepanjang hari, bisa saja dia membawa kuman entah dari mana.

Makanan Ragdoll

Jika anda kesulitan memilih makanan, jangan khawatir. Karena ragdolls bisa diberikan makanan basah atau kering. Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di Pethsop. Anda dapat membelinya dari tempat terdekat dengan dikota tempat anda tinggal.

Pastikan untuk memberinya minum air yang telah dimasak karena akan sangat mempengaruhi sistem pencernaannya. Sama seperti piring makan manusia yang perlu dibersihkan secara rutin, piring kucing anda juga harus dibersihkan sesering mungkin. Tujuannya untuk mengurangi penyakit apa saja yang bisa menyerangnya.

Jika perlu, berikan kucing kesayangan anda vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan tentang jenis vitamin.

Penyakit Ragdoll

Tidak ada bedanya Mengenal kucing Ragdoll Indonesia dengan negara lain, jika tidak dirawat dengan baik maka akan lebih mudah terserang penyakit.

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kucing ini, terutama saat masih muda, dan berikut ini beberapa di antaranya :

Obesitas Ragdoll

Karena hidup damai dengan manusia, Kucing yang diberi makan secara teratur, dengan istirahat maksimal akan rentan mengalami obesitas. Karena itu, selalu disarankan untuk menyeimbangkan pemberian makan, olahraga, dan istirahat untuk kucing.

Masalah Saluran Kemih

Kucing ini juga rentan terhadap masalah kencing yang bisa membuat sulit buang air kecil. Biasanya ditandai dengan buang air kecil sembarangan dan tidak buang air kecil saat di tempat. Untuk mengatasi penyakit ini diperlukan penanganan yang serius oleh dokter hewan agar tidak semakin parah dan membahayakan kesehatan jangka panjang.

Pencernaan Akibat Bola Rambut

Ragdoll adalah kucing berbulu sedang yang cenderung panjang, dan mampu mengeluarkan bola rambut dari tubuhnya jika terlalu panjang. Secara umum, ketika hairball tidak hilang secara alami, itu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan tersedak.

Jika anda mengetahui kondisi ini, segera cari bantuan. Pasalnya, jika dibiarkan akan mengganggu proses pencernaan karena terganggu oleh hairball yang ditelan.

Jantung

Penyakit ini dialami oleh jantan yang berdampak pada gagal jantung akibat penebalan massa otot jantung di ventrikel kiri jantung sehingga volume darah di bilik jantung berkurang.

Pada beberapa kucing, gejala penyakit ini tidak terlihat jelas, tetapi beberapa memang menunjukkan gejala seperti sesak napas, penurunan berat badan yang parah, sering muntah, lesu, bahkan kematian mendadak.

Ginjal

Ada banyak kucing Ragdoll yang menderita penyakit ginjal, begitu juga dengan kucing Persia karena ras ini merupakan keturunan dari ras Persia. Hal ini dapat diidentifikasi oleh kista cairan di ginjal.

Gejala umum yang sering muncul adalah penurunan berat badan yang parah dan penurunan nafsu makan. Sering buang air kecil, lesu dan banyak gejala lainnya. Untuk mengobatinya, tentunya peran dokter hewan sangat dibutuhkan.

Harga Kucing Ragdoll

Meski harga kucing ragdoll cukup beragam, namun harga pasaran kucing ini cukup mahal karena bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Harga kucing ragdoll terutama tergantung pada kondisi kucing itu sendiri dan di mana ia dibeli. Di bawah ini adalah daftar harga yang diambil dari pasar :

Kitten Ragdoll Adopsi Rp2.500.000 – Rp4.000.000
Ragdoll Jantan Adopsi Rp4.000.000 – Rp6.000.000
Ragdoll Betina Adopsi Rp5.000.000 – Rp7.000.000
Ragdoll Breed Quality Rp10.000.000 – Rp12.000.000
Ragdoll Top Quality Rp25.000.000 – Rp30.000.000

Daftar harga di atas adalah kisaran harga berdasarkan beberapa informasi yang dikumpulkan.

Sekian pembahasan untuk Mengenal Kucing Ragdoll. Semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca dan penghobi kucing. Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA