Mengenal Ikan Keting atau Lindu

By | Desember 27, 2019

Ikan keting atau Lundu merupakan ikan Asli Indonesia yang banyak ditemukan di sungai, rawa-rawa, danau, dan muara sungai. Ikan jenis Catfish ini termasuk kedalam marga Mystus yang dibeberapa daerah memiliki penyebutan yang berbeda-beda seperti keting, kating, sengat, ndaring, kelibere, ririgi, senggiringan dan lain sebagainya. Dibeberapa daerah ikan keting memiliki ukuran yang kecil sedangakan ukuran yang lebih besar sering disebut dengan ikan lundu.

Di alam liar ikan jenis ini dapat tumbuh hingga panjang 20 cm, Ikan ini termasuk kedalam ikan pemakan segalanya atau omnivora, akan tetapi biasanya ikan ini memakan ziiplankton, ikan-ikan,  kecil, udang dan larva serangga yang ada di dalam air.

Dibandingkan ikan baung ikan keting memiliki ukuran lebih kecil, secara umum ikan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki 3 buah patil atau sengatan
  • Memiliki kumis seperti ikan lele
  • Tidak memiliki sisik
  • Jika dilihat sekilasTendon ikan ini mirip dengan ikan Sembilang akan tetapi berukuran lebih kecil dengan ekor yang memiliki 2 cabang.

Di alam liar ikan ini hidup dengan cara berkelompok, ketika sedang makan atau mencari makanannya. Ikan ini sangat menyukai perairan yang keruh.

Kandungan Nutrisi Ikan keting

Ikan keting merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang banyak dan rendah kolesterol, Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam ikan keting seperti, protein lemak, Mengandung Omega 3, Mengandung Vitamin A, Mengandung Vitamin D, Vitamin E, Mengandung Kalsium, Mengandung Fosfor, Mengandung Selenium dan kandungan lainnya.

Manfaat Ikan Keting Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Penyakit Maag
  2. Mengobati Belekan
  3. Menjaga kesehatan sistem limbik
  4. Mencegah Presbiopi
  5. Mencegah Penyakit Batu Empedu
  6. Menurunkan Demam
  7. Mengurangi Gejala penyakit Typus
  8. Mencegah infeksi saluran kemih
  9. Mengobati Meningitis.

Umpan Jitu Mancing Ikan Keting/Lundu

Ikan keting atau lundu termasuk kedalam ikan omnivora atau pemakan segalanya. Di habitat aslinya ikan ini terbilang rakus dalam memangsa umpan.

Akan tetapi Kebanyakan pemancing kurang menyukai ikan ini sebagai target utama, hal ini karena ukuran ikan ini yang kecil dan memiliki daging yang sedikit.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang sengaja untuk memancing ikan ini untuk mengisi waktu luang atau mencari untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dari tarikannya ikan keting terbilang lumayan agresif lohh. Walaupun memiliki ukuran tubuh yang kecil tarikannya lumayan juga untuk pemancing pemula, Untuk memancingnya pun tidak terlalu sulit. karena jumlahnya yang banyak dan bergerombolan.

Umpan Jitu Ikan Keting atau Lundu

Sebenarnya dalam memancing ikan keting tidak perlu umpan khusus, Asalakan umpan tersebut berbau amis pasti akan dimakan ikan yang satu ini. Adapun umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan ini adalah cacing, ikan kecil, udang, dan katak kecil.

Akan tetapi ada umpan jitu yang kami rekomendasikan, yakni umpan buatan dari bahan Mie, dan Oncon (tempe busuk). Cara pembuatannya cukup mudah, yakni dengan menghancurkan mie hingga menjadi seperti tepung, kemudian tempe digoreng setengah matang, campurkan mie dengan tempe terebut hinga menjadi satu. Kemudian campurkan bumbu yang ada di dalam mie sedap dengan adonan. Remas-remas hingga tercampur dengan merata.

Untuk peralatan memancing Anda  dapat menggunakan joran tegak ataupun reel, tergantung spot mancing tersebut. Sebaiknya gunakan pelampung agar mudah melihat umpan dimakan atau tidak.

Agar lebih menghasilkan ikan yang banyak, usahakan untuk memancing ditempat yang banyak ikannya, biasnya spot yang bersih dan tidak tercemar limbah kimia,lebih banyak ikan jenis ini.

Demikian Ulasan singkat mengenai ikan keting, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.