√ 11 Manfaat Kulit Bawang Merah Untuk Tanaman

By | April 26, 2020

manfaat bawang merah untuk tanamandewitani.com – Tiada hari tanpa bawang merah. kata-kata ini mengisyaratkan betapa tiap hari bawang merah didayagunakan dan dikonsumsi oleh penduduk di dunia. Walaupun hanya diperlukan dalam jumlah sedikit oleh para penggunanya, namun masakan tanpa bawang merah serasa kurang lengkap dan kurang sedap cita rasanya.

Oh ya, pada kesempatan yang berbahagia ini Admin akan mengulas mengenai manfaat kulit bawang merah untuk tanaman kesayangan Anda.

Loh Memang bisa ???

bisa dong, Menurut beberapa Literatur yang sudah Admin Telusuri, ternyata kulit bawang memiliki segudang manfaat untuk tanaman, Diantaranya, dapat menyuburkan tanah, Merangsang pertumbuhan Akar dan Mengusir Hama serangga.

Manfaat-manfaat tersebut diperoleh dari beberapa zat atau senyawa kimia yang terkandung di kulit bawang merah seperti Magnesium (Mg), Kalium (K), Zat besi (Fe), Fosfor (P), dan senyawa pendukung lainnya.

Selain itu, kulit bawang merah juga mengandung hormon Auksin, dan Giberelin. hormon ini merupakan hormon pertumbuhan atau sering disebut Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Hormon tersebut merupakan hormon terbaik untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Manfaat Kulit Bawang Merah untuk tanaman

Secara umum, kulit bawang merah bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Hal ini karena, kulit bawang merah mengandung unsur hara dan horomon pertumbuhan yang sangat dibutuhkan tanaman.

Berikut ini beberapa manfaat kulit bawang merah untuk tanaman :

1# Menyuburkan tanah dalam waktu yang Panjang

Apabila menggunakan pupuk organik dari olahan kulit bawang merah, dapat membuat kesuburan tanah akan terjaga kualitasnya Dan jika diberikan secara rutin akan menyebabkan tanah menjadi subur, serta mempunyai unsur hara yang tinggi dan dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama.

2# Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan kulit bawang merah sebagai pupuk organik tentunya lebih rama lingkungan karena, tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kondisi tanah. Selain itu, Tanaman yang dihasilkan tentunya lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

3# Nutrisi Tanaman Terpenuhi

Kulit bawang merah mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman seperti Magnesium (Mg), Kalium (K), Zat besi (Fe), Fosfor (P), dan senyawa pendukung lainnya. Dengan unsur hara yang dimiliki tersebut, dapat membuat segala jenis tanaman khususnya tanaman hias dapat terpenuhi gizi dan nutrisinya.

4# Meningkatkan Daya Simpan Air

Struktur dari kulit bawang merah memang dapat menyerap air dengan mudah. Hal ini karena, kemampuna pupuk organik untuk memperbaiki pori-pori dalam tanah. Air yang masuk kedalam tanah akan tersimpan di dalam pori-pori tanah dan dapat diserap oleh akar saat tanaman memperlukan air.

5# Dapat Meningkatkan Aktivitas Biologi di Dalam Tanah

Kulit bawang merah yang sudah busuk akan mengandung mikroorganisme dekomposer di dalamnya, seperti cacing dan mikroorganisme lainnya. Dengan adanya mikroorganisme ini di dalam tanah dapat berdampak baik pada kelembapan tanah.

6# Dapat Meningkatkan Hasil Panen

Manfaat lain yang akan diperoleh dari kulit bawang merah ialah dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Adapun manfaat lain dari penggunaan kulit bawang merah untuk tanaman ialah :

  1. Adanya unsur Besi pada kulit bawang merah, dapat memicu pembentukan klorofil, lemak, karbohidrat, enzim, dan protein pada tanaman.
  2. Mempercepat proses pembungan dan berbuah
  3. Meminimalisir kerontokan pada bunga dan buah
  4. Meningkatkan jumlah, kualitas, rasa hasil panen.
  5. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan dari hama dan penyakit.

Cara Mengelolah Kulit Bawang Merah Menjadi Pupuk

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 100 Gram Kulit bawang merah
  • 400 ml air bersih

Peralatan Yang digunakan :

  • Wadah (Ember atau baskom)

Step by Step cara membuat pupuk organik cair dari kulit bawang merah :

  1. Pertama-tama masukkan kulit bawang merah ke dalam baskom atau ember.
  2. Kemudian tambahkan air bersih
  3. Aduk-aduk dengan cara remas kulit bawang merah hingga terendam semuanya.
  4. Diamkan selama kurang lebih 24 jam.
  5. Setelah 24 jam, sebelum air rendaman dipisahkan dengan kulit bawang, remas-remas lagi agar zat-zat dalam kulit bawang merah terlarut kedalam air.
  6. Kemudian saring ari rendaman kulit bawang merah tersebut.
  7. Pupuk cair dari kulit bawang merah siap digunakan.

Untuk pengaplikasianya, Anda hanya perlu mencampurkanya kembali dengan air bersih dengan perbandingan 1 : 1. Misalnya 500 ml air rendaman kulit bawang meraha maka diencerkan dengan 500 ml air biasa.

Agar lebih maksimal, usahakan melakukan pemupukan pada pagi atau sore hari dana lakukan pemupukan setiap 7 hari sekali.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat kulit bawang merah untuk tanaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semua..

Baca Juga :

4 CARA MEMBUAT ZPT BAWANG MERAH step by step

11 MANFAAT KULIT BAWANG MERAH UNTUK TANAMAN

Mengenal Lebih Dekat dengan ZPT Dekamon Untuk Padi

One thought on “√ 11 Manfaat Kulit Bawang Merah Untuk Tanaman

  1. Pingback: √ 18 ZPT Pembesar Umbi Bawang Merah Terbaik Saat Ini | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.