free hit counter
cara membuat em4 dari air cucian beras

cara membuat em4 dari air cucian beras

DEWITANIAir cucian beras merupakan jenis limbah yang rutin dihasilkan dari setiap dapur rumah warga baik di kota maupun desa. Air cucian beras tentu tidak berbahaya, malah menyehatkan bagi ternak maupun tumbuhan.

1. Bakteri Fotosintetik atau Rhodopseudomonas sp

Bakteri ini sangat berguna bagi akar dan dapat mempercepat pertumbuhan pada tanaman.

2. Bakteri Asam Laktat atau Lactobacillus spp

Bakteri dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merugikan bagi tanaman, meningkatkan percepatan perombakan bahan-bahan organik, menghancurkan bahan organik seperti lignin dan selulosa serta mampu mengurainya tanpa menimbulkan senyawa beracun yang disebabkan dari proses pembusukan bahan organik. Salah satu mikroorganisme yang dapat ditekan bakteri ini adalah fusarium. mikroorganisme ini dapat menyebabkan penyakit pada lahan atau tanaman.

3. Ragi  atau Yeast

Ketika melalui tahap fermentasi, tagi menghasilkan senyawa-senyawa yang berguna bagi tumbuh kembang tanaman. Ragi juga menghasil zat-zat bioaktif seperti hormon dan enzim untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar.

4. Actinomycetes

Bakteri ini mampu menekan pertumbuhan jamur dan bakteri lain yang dapat merugikan tanaman . Actinomycetes hidup berdampingan dengan bakteri fotosintetik bersama-sama menongkatkan mutu lingkungan tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba tanah.

5. Jamur Fermentasi

Jamur fermentasi akan menguraikan bahan secara cepat untuk menghasilkan alkohol, ester dan zat-zat anti mikroba. Jamur ini bermanfaat untuk menghilangkan bau dan dapat menekan serbuah serangga atau ulat-ulat yang dapat menghilangkan penyediaan makanannya.

Membuat EM4 dirumah

Sebenarnya untuk membuat EM4 dirumah itu sangat mudah yakni anda hanya perlu menggunakan air leri atau ari limbah cucian beras.

  10 Cara Simpel Membuat Pestisida Nabati Daun Sirsak

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Air cucian beras kurang lebih 10 liter.
  • Cairan EM4.
  • Gula merah sebanyak 1/4 kg.
  • Air kelapa tua sebanyak 1 liter (opsional).
  • Ragi tape 1 butir (jika tersedia).
  • Wadah tertutup dengan kapasitas kurang lebih 15 liter.
  • Kayu atau bambu sebagai pengaduk.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

Cara Fermentasi Air Cucian Beras ,Cara Membuat Mol Dari Air Cucian Beras ,Dosis Air Cucian Beras Untuk Tanaman,Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman Cabe ,Yakult Dan Air Beras

Check Also

Manfaat Pupuk NPK

Manfaat Pupuk NPK

DEWITANI – Pupuk NPK yaitu pupuk yang memiliki kandungan tiga unsur hara makro, yaitu Nitrogen …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA