6 Perbedaan Ikan Baung Dan Lundi (Keting)

By | Desember 27, 2019

Ikan keting atau Lundu merupakan ikan Asli Indonesia yang banyak ditemukan di sungai, rawa-rawa, danau, dan muara sungai. Ikan jenis Catfish ini termasuk kedalam marga Mystus yang dibeberapa daerah memiliki penyebutan yang berbeda-beda seperti keting, kating, sengat, ndaring, kelibere, ririgi, senggiringan dan lain sebagainya. Dibeberapa daerah ikan keting memiliki ukuran yang kecil sedangakan ukuran yang lebih besar sering disebut dengan ikan lundu.

Berbeda dengan ikan keting, ikan baung termasuk kedalam marga Bagridae. Sama halnya seperti ikan keting, ikan baung dapat ditemukan di perairan air tawar yang dapat hidup di sungai, rawa-rawa, danau dan muara sungai.

Ikan baung secara umum bersifat noktural. Yakni mencari makan pada malam hari. Ikan baung dan ikan keting termasuk kedalam ikan pemakan segalanya atau omnivora. Kedua ikan memiliki patil yang lumayan sakit jika tertusuk kulit kita.

Ikan baung memiliki tekstur daging lembut, berwarna putih, tebal tanpa duri halus, sehingga banyak yang menggemari olahan ikan ini. Salah satu olah yang terkenal dari ikan jenis ini adalah Pindang Baung, Baung Asam, Serta baung panggang.

Itulah Sedikit ulasan ikan kating dan ikan baung. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami Akan membahas Apa saja perbedaan Ikan Keting dan Ikan Baung. Berikut ini penjelasannya :

Yang petama, Ikan keting merupakan ikan yang Keluarga atau marga Mystus sedangkan ikan baung bermarga Hemibagrus.

Yang kedua, Ikan kating memiliki ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan ikan baung.

Yang ketiga, Dari Segi rasa ikan kating kurang diminati karena memiliki banyak duri sedangkan ikan baung lebih banyak peminatnya karena, ikan ini memiliki rasa yang enak dan lezat cocok untuk dibuat masakan pindang.

Yang ke-empat, Bagi pemancing ikan kakap putih ikan ini sangat tidak disukai pemancing karena ikan kating selalu memakan umpan yang sebeneranya di peruntukan untuk ikan kakap putih. hal ini berbanding terbalik dengan ikan baung yang sering Menjadi target utama para mancing mania.

Yang Kelima, Patil Ikan baung lebih panjang dibandingkan dengan ikan keting atau lundu.

Yang Keenam, Warna ikan baung yang sudah dewasa lebih cendrung memiliki warna coklat kehijauan sedangkan ikan keting yang sudah dewasa cendrung putih kehitaman.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai perbedaan ikan baung dengan ikan lundi atau keting, Semoga ulasan ini dapat berguna bagi kita semua. Jika ada kritik atau saran silakan komentar dibawah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.