Jenis Domba di Indonesia yang Banyak Kita Temui

DEWITANI – Jenis Domba di Indonesia – Usaha ternak domba memang mempunyai prospek yang menjanjikan di indonesia. Kebutuhan masyarakat secara general, hingga qurban saat hari raya Idul Adha dan Aqiqah anaknya setiap tahun menandakan kebutuhan yang tinggi. Dengan banyaknya jenis-jenis domba pada Indonesia, masyarakat dapat memilih sesuai dengan kelebihannya masing-masing. Selayaknya usaha yang lain, saat permintaan pasar tinggi, maka produksi juga semakin tinggi.

Jika membandingkan antara domba dan kambing, domba mempunyai nilai yang sedikit lebih tinggi. Penyebabnya artinya terdapat banyak manfaat berasal dari beternak domba, salah satunya dagingnya menjadi konsumsi manusia, bulunya yang dapat sebagai kain wool, sampai kotorannya. Dari segi pemeliharan pun tergolong tidak terlalu sulit, misalnya palatabilitas domba yang tinggi terhadap aneka macam pakan.
Bagaimana? apakah mulai tertarik untuk beternak domba?

Jenis Domba yang Umum di Indonesia

Sebelum memulainya, alangkah lebih baik bila anda sekalian mengenali jenis-jenis domba di Indonesia atau lebih tepatnya jenis-jenis domba yang awam terdapat di peternakan di masyarakat negeri yang indah ini.

Jenis Domba Ekor Tipis

jenis domba di indonesia

Domba ekor tipis atau yang warga kerap panggil sebagai domba gembel adalah binatang lokal asli Indonesia. Pada awalnya keberadaan domba ini beredar di wilayah Jawa Barat serta Jawa Tengah, tetapi kini dapat kita temukan di seluruh Indonesia. Sifat yang gampang beradaptasi dengan iklim dan lingkungan sebagai faktor penyebab domba ini menyebar begitu cepat serta luas.

Domba ekor tipis ini terbilang memiliki daging yang cukup banyak walaupun bobot rata-rata jantannya hanya berkisar 30-40 Kg dan betina mencapai 15-20 Kg.

  Inilah 3 Cara Menjaga Kesehatan Kambing Dan Domba

Jenis Domba Garut/Priangan

jenis domba di indonesia

Jenis domba yang berasal dari Limbangan Garut Jawa Tengah ini mempunyai nama latin Ovis Aries. Domba Garut termasuk salah satu asal Daya Genetik (SDG) binatang rumpun asli Indonesia. Asal usul domba garut ini berasal dari persilangan 3 bangsa domba, yaitu domba local, domba kaapstad serta domba merino.

Domba garut cenderung termasuk tipe domba pedaging. Walau begitu acara kebudayaan masyarakat lokal tak jarang sekali menggunakan domba garut untuk acara aduan domba.

Jenis Domba Texel

jenis domba di indonesia

Domba Texel ini juga dikenal dengan nama dombos atau domba wonosobo. Bulu yang tebal, keriting serta halus merupakan ciri khas berasal Dombos. Bulunya yang lebih cenderung kewarna putih menyelimuti seluruh bagian tubuh mereka kecuali perut bawah.

Domba ini mempunyai taraf produktivitas yang tinggi, di umur 15 bulan sudah bisa beranak serta siklusnya satu kali setiap delapan bulan. Produksi dagingnya pun sangat banyak, Untuk bobot jantan mencapai 100 kg serta betani mendapat bobot hingga 80 kg.

Jenis Domba Batur

Domba akibat persilangan antara domba ekor tipis, domba Suffolk dan domba texel. Mempunyai ciri khas postur badan yang besar dan kaki yang pendek dan tak memiliki tanduk. Bobot domba Batur buat jantan sangat baik yaitu mencapai 100-140 kg sedangkan betina menerima bobot kurang lebih 60-80 kg.

  Panduan Praktis Cara Membuat Kandang Kambing Bagi Pemula

Jenis Domba Ekor Gemuk

Domba ekor gemuk atau domba donggala ini banyak yang menganggap berasal dari Asia Barat ketika pedagang Arab membawanya dari sana. Domba ini memiliki karakteristik spesial yang terletak di ekornya yang besar, panjang serta lebar.

Hewan ini banyak ditemukan di wilayah Jawa Timur dan Madura, dan pulau-pulau di Nusa Tenggara. Di pulau jawa dikenal sebagai domba kibas sedangkan di sulawesi selatan dikenal dengan domba donggala.

error: This content is protected by DMCA